Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan Google Form pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2020/2021 berbasis online di MTs AL-Qadr Betun. Siswa diminta untuk memberikan tanggapan berupa jawab quiz secara online menggunakan smartphone atau laptop yang dimiliki oleh siswa yang terkoneksi internet. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan tingkat efektifitas penggunaan aplikasi Google Form dalam pelaksanaan PAT Berbasis Online di MTS Al-Qadr Betun. Pengumpulan data dilakukan melalui aplikasi Google Form dengan 15 responden dari beberapa kelas, menggunakan skala likert dengan limaskala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik menyukai penggunaan Google Form dengan rata-rata skor sebesar 70,26 dengan kategori sangat tinggi sebesar 66,7% dan kategori sedang sebesar dan20%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Form sangat efektif digunakan dalam pelaksanaan PAT Tahun Pelajaran 2020/2021 di MTs Al-Qadr Betun Malaka.

Keywords

Efektifitas Pembelajaran, Google Form

Article Details

How to Cite
Suriyanti, S. (2021). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE FORM DALAM PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) TAHUN PELAJARAN 2020/2021 PESERTA DIDIK MTs AL-QADR BETUN. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(1). https://doi.org/10.59098/jipend.v6i1.517

References

  1. Bararah, 1. 2017. Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mudarrisuna Media Kajian Pendidikan Agama Islam. Volume 7 nomor 1.
  2. Handayani, dkk. 2021. Pengaruh Media Google Form Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Asam Basa. Jurnal Orbital. Volume 5 Nomor 1.
  3. Husein, H. B. 2016. Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8 (1), 39 – 50
  4. Iqbal, dkk. 2018. Penggunaan Google Form Sebagai Media Pemberiann Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10 (1), 120-12
  5. Mardiana & Purnomo, 2017. Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. Proseding Seminar Nasional Universitas Muhammadiyah Magelang.
  6. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosadakarya.
  7. Syarifudin, A.S. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal