Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkat minat belajar siswa  kelas XI IPS Pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Kupang serta untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Kupang dengan menerapkan model pembelajaran kooperati tipe Team assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Tes,Angket, Observasi,Wawancara dan Dokumentasi. Data penelitian ini di analisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan Kuantitatif.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI)  dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Kupang hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya presentasihasiltes minat belajar siswa di setiap siklus yaitu dari pra siklus mendapatkankan 39,39%, meningkat menjadi 60,61% pada siklus I dan 84,85% pada siklus II dan hasil angket yang di peroleh dari pra siklus 62,72%, meningkat menjadi 68,03% pada siklus I dan 85,15% pada siklus II.

Keywords

Minat, Kooperatif, Team assisted Individualization (TAI)

Article Details

How to Cite
Constansa Nule, M. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SOSIOLOGI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 KUPANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(2). https://doi.org/10.59098/jipend.v6i2.519

References

  1. Abbas. 2007. Model-Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Balai Pustaka
  2. Husna, Asmaul. 2016. “Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Introduction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Galesong Selatan Pada Mata Pelajaran Kkpi Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. 2016.”
  3. Harmiyati. 2016. Model Pembelajaran Problem Based Introduction, Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Dengan Materi Demokrasi Pancasila Kelas Xii Di Sekolah Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol. 3 No. 1.
  4. Moore, Dan Hunt. 2001. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Cipta Pustaka.
  5. Nasution, Ahmad Husein, dan Delima Lubis. 2019. “Penggunaan Model Pembelajaran Glaser Dalam Meningkatkan Minat Belajar Di Kelas Viii MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2018-2019.”
  6. Nisa, Khaerun. 2017. “Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Problem based introduction Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Kelas X pada SMKN 2 Watansoppeng Kab. Soppeng.”
  7. Rahma Fitri. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas Xi Iis Di Sma N 1 Batusangkar.” 1(3).
  8. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pt Rajawali Persada.
  9. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdikarya.
  10. Suprijono, Agus. 2012. “Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM.”