Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keefektifitas belajar daring, melalui media game edukasi quiziz.mata pelajaran IPS siswa IX MTs Al-Qadr Betun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek sebanyak 23 siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelasksanaan tahap-tahap penelitian sedikit berbeda dari pembelajaran dalam kelas karena pembelajaran dilakukan terpisah atau siswa berada di rumah masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian ini, pada siklus I diperoleh rata-rata siswa yang aktif 52,25%, dengan kategori cukup.Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata siswa aktif 73,9%, dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa 17,69%. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz. dapat meningkatkan keaktifan siswa mata pelajaran IPS siswa kelas IX MTs Al-Qadr Betun.
Keywords
Article Details
References
- Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 218616.
- Dewi, Cahya Kurnia.(2018).Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pemeblajaran Matematika Kelas X Dias .UIN Raden Intan Lampung.
- Halik & Aini (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Volume 3 Nomor 2.
- Kasmadi, Hartono, (1996) Model-Model Dalam Pengajaran Sejarah, Semarang: IKIP Semarang Press.
- Martins Yamin. (2007).Kiat Membelajarkan Siswa.Jakarta Gaung Persada Pres dan Center for Learning Innovation ( CLI)
- Oemar Hamalik, (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara.
- Purba, Loeny Sanga Lamsari.(2019).†Peningkatan konssntrasi belajar meahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quiziz pada mata kuliaj Fisiska I†Jurnal Dinamika Pendidikan 121: 29-39
- Purwanto, dkk., (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
- Sudjana, Nana, (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1989.
- Suriyanti, (2021) Efektifitas Pembelajaran Daring Melalui Penggunaan Aplikasi Google Form Dalam Penilaian Akhir Tahun (Pat) Tahun Pelajaran 2020/2021 Peserta Didik Mts Al-Qadr Betun. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP). Volume 6 nomor 1.