Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui peningkatan  keefektifitas belajar  daring, melalui  media game edukasi  quiziz.mata pelajaran IPS siswa  IX   MTs Al-Qadr Betun.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  dengan subyek sebanyak 23 siswa. Penelitian  dilaksanakan 2 siklus, masing-masing  siklus  2 kali pertemuan. Setiap  siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelasksanaan tahap-tahap  penelitian sedikit berbeda  dari pembelajaran dalam kelas  karena  pembelajaran dilakukan terpisah  atau siswa berada di rumah masing-masing. Berdasarkan  hasil penelitian ini, pada  siklus I diperoleh rata-rata  siswa yang aktif 52,25%, dengan kategori cukup.Sedangkan pada siklus II  diperoleh rata-rata  siswa aktif 73,9%, dengan kategori  tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa 17,69%. Dengan demikian  penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring melalui  media game edukasi  quiziz. dapat meningkatkan keaktifan siswa mata pelajaran IPS siswa kelas IX  MTs Al-Qadr Betun.

Keywords

Keaktifan pembelajaran,Game edukasi Quiziz

Article Details

How to Cite
Suriyanti. (2021). MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI GAME EDUKASI QUIZIZ MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IX MTs AL-QADR BETUN. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(2). https://doi.org/10.59098/jipend.v6i2.521

References

  1. Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 218616.
  2. Dewi, Cahya Kurnia.(2018).Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pemeblajaran Matematika Kelas X Dias .UIN Raden Intan Lampung.
  3. Halik & Aini (2020). Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Volume 3 Nomor 2.
  4. Kasmadi, Hartono, (1996) Model-Model Dalam Pengajaran Sejarah, Semarang: IKIP Semarang Press.
  5. Martins Yamin. (2007).Kiat Membelajarkan Siswa.Jakarta Gaung Persada Pres dan Center for Learning Innovation ( CLI)
  6. Oemar Hamalik, (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara.
  7. Purba, Loeny Sanga Lamsari.(2019).” Peningkatan konssntrasi belajar meahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quiziz pada mata kuliaj Fisiska I” Jurnal Dinamika Pendidikan 121: 29-39
  8. Purwanto, dkk., (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.
  9. Sudjana, Nana, (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1989.
  10. Suriyanti, (2021) Efektifitas Pembelajaran Daring Melalui Penggunaan Aplikasi Google Form Dalam Penilaian Akhir Tahun (Pat) Tahun Pelajaran 2020/2021 Peserta Didik Mts Al-Qadr Betun. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP). Volume 6 nomor 1.