Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Kupang dan untuk mengetahui apakah penerapan metode Everyone is Teacher Heredapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas X IPS SMA Negeri 2 Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPS 4 SMA Negeri 2 Kota Kupang yang berjumlah 36 orang.Teknik pengambilan data melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara.Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.


Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Everyone is Teacher Heredapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat pada siklus I ke siklus II adanya peningkatan aktivitas positif yang menunjukkan kreativitas yang di lakukan peserta didik di dalam kelas dari 57,78% meningkat menjadi 81,11% dan adanya penurunan aktivitas negatif yang di lakukan yakni dari 52,78% menurun menjadi 23,61%. Selain itu, peningkatan kreativitas peserta didik juga dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata pada tes siklus I 78,5meningkat menjadi 86,5 pada siklus II. Ketuntasan belajar dalam kelas juga meningkat dari 58,33% pada siklus I meningkat menjadi 83,33% pada siklus II.

Keywords

Everyone iTeacher Here, Kreativitas, Peserta Didik

Article Details

How to Cite
Abdul Karim, I. (2021). PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KOTA KUPANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(2). https://doi.org/10.59098/jipend.v6i2.522

References

  1. Abdurrozak, Rizal. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 1 No 1 Hal 874
  2. Aryaningrum, Kiki. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Geografi) Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Oku Timur. Jurnal Ilmiah CIVIS. Vol 5 No 2 Hal 798-799.
  3. Fikriani, Tiara. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Everyone is a Teacher HereTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah. Vol 2 No 2 Hal 94.
  4. Fitriani. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Dengan Media Handout Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Perhentian Raja. Jurnal Pendidikan. Vol 6 No 1 Hal 44-46.
  5. Khanifah, M Nur. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan. Vol 7 No 1 Hal 3.
  6. Lestari, Indah N. (2015). Pengaruh Metode Everyone IsTeacher Here Pada Aktivitas dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan. Vol 3 No 6 Hal 3-4
  7. Lutfiah, V Laila.,& Sa’diyah, Maemunah. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Pada Pelajaran PAI Di SMAN 2 Bogor. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol 3 No 4 Hal 498.
  8. Muzaki, F. Ibnu, (2010). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika Di Dalam Model Pembelajaran Problem Solving Materi Ajar Perbandingan Di SMP Muhammadiyah I Kota Tegal KelasVII Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi.Universitas Negeri Semarang.Tersedia di https://lib.unnes.ac.id/2953/1/6509.pdf. Diakses tanggal 15 February 2020
  9. Rachmawati, Yeni & Kurniati, Euis. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.
  10. Sakti, Bunthas Permana. (2012). Penerapan Model Card Sort Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 3 Gedangsari Gunungkidul.Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.Tersedia di https://core.ac.uk/download/pdf/33518822.pdf.Diakses 13 Januari 2019.
  11. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  12. Suparman. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Everyone Is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Sistem Pengisian Kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta 2011/2012. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.Tersedia di https://eprints.uny.ac.id/20201/1/SKRIPSI-20SUPARMAN-2009504247008.pdf.Diakses 19 April 2019.
  13. Yamin, Martinis. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
  14. Yaqin, Afrizal H. (2017). Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is Teacher Here untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran pendidikan Agama Islam. Skripsi.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.http://repository.uinjkt.ac.id. Diakses 18 Oktober 2019.
  15. Yulianto. (2012). Penerapan Pembelajaran Aktif Teknik Everyone is a Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Ngaglik Sleman. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.Tersedia di https://eprints.uny.ac.id/23876/1/YULIANTO%20%2808416241006%29..pdf.Diakses 18 Oktober 2019.