Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada siswa kelas IX-E MTs Negeri Kota Kupang. Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi kegiatan siswa dan lembar observasi kegiatan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: 1) aktivatas guru pada siklus I dari 23 aspek yang diamati diperoleh hasil keterlaksanaan sebesar 77,19% meningkat pada siklus II menjadi 91,30%. 2) aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama dari 11 aspek yang diamati diperoleh hasil 59,09% dan pertemuan kedua 70,45% meningkat pada siklus II daripertemuanpertama77,27% menjadi 88,64%.pertemuan kedua. 3) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh hasil dari jumlah 34 orang siswa terdapat 23 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 70,58% dan 10 orang siswa tidak tuntas sebesar29,41% sedangkan pada siklus II dari jumlah 34 orang siswa terdapat 34 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Ini berarti terjadi peningkatan sebesar 29,42%  dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Di Kelas IX-E MTs Negeri Kota Kupang

Keywords

Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Hawa, S. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IX-E MTS NEGERI KOTA KUPANG . Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 7(1), 8-16. https://doi.org/10.59098/jipend.v7i1.687

References

  1. Aqib, Zainal, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV.Yrama Widya
  2. HamalikOemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran.PT. Bumi Aksara: Jakarta.
  3. Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Ciputat: GP Press
  4. Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.
  5. Purwanto.2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  7. Riduwan. 2005.Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
  8. Sanjaya Wina. 2014. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: kencana prenamedia group.
  9. Trianto.2009. Mendisain Model-Model Pengajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group
  10. Taufiq, Agus. dkk. 2012. Modul Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka: Tanggerang Selatan.
  11. Zuriah, Nurul. 2006.Metodologi Penelitian sosial dan pendidikan Teori-Aplikasi.Jakarta: PT Bumi Aksara. https://doi.org/10.19105/nuansa.v17i2.3299