Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalahmengembangkan media pembelajaran berbasis Microsoft Power point(PPT)pada pembelajaran IPS di kelas IX MTs Negeri Kota Kupang. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 6 langkah yaitu Pengumpulan data awal, Pengembangan produk, Validasi ahli materi dan ahli media, Revisi produk, Uji coba produk, Analisis data. Data yang ada dalam penelitian ini merupakan data kualitatif dan datakuantitatif.Data kualitatif diperoleh dari pengisian angket oleh siswa yangmenjadi subjek uji coba.Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari konversi datakualitatif yang telah didapat dan data hasil belajar siswa.Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahangket. Teknik analisis data menggunakan metode skala dengan modifikasi skalaLikert dengan menggunakan rumus :Skor yang diharapkan = Nilai skala tertinggi (4) x jumlah instrument, sedangkan untuk .Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa hasil angket dari ahli media diperoleh validitas rata-rata 90,47%, hasil angket dari ahli materi diperoleh validitas rata-rata 88,51%, uji kelompok kecil diperoleh hasil 85,66% dan uji lapangan diperoleh hasil 88,65%. Sedangkan hasil belajar dimana  siswa yang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum ≥73) sebanyak 24 orang dari 34 orang siswa sehingga diperoleh persentase 70,58%.

Keywords

pengembangan, media, hasil belajar

Article Details

How to Cite
Adwiah, R., Arkiang, F., & Sogo , R. (2022). PENGEMBANGANMEDIAPEMBELAJARANUNTUKMENINGKATKANHASIL BELAJARSISWA KELAS IXDI MTs NEGERIKOTA KUPANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 7(1), 17-24. https://doi.org/10.59098/jipend.v7i1.689

References

  1. Adwiah, R., Setyosari, P., & Sulton, S. (2016). Pengembangan e-module IPS dengan pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMPK Mater Dei Probolinggo.Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1797-1805.
  2. Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  3. Wijayanti, Widya dan Stefanus Christian Relmasira.(2019). PengembanganMedia Power Point IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono.Jurnal Penelitian dan PerkembanganPendidikan.3(2): 77.
  4. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PTRemajaRosdakarya
  5. Riyadi, Amru Salam. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran BerbasisKomputer Untuk Mata Diklat Mengoperasikan Mesin Cnc Dasar Di SmkNegeri 2 Depok Sleman Yogyakarta.Skripsi.Yogyakarta: Program StudiPendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNY
  6. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta