Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana Kinerja Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Partisipasi Kerja Guru di MI Pemimpin Rumah Qur’an Hidayatullah Kelapa Lima Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kinerja Kepala Madrasah dalam meningkatkan partisipasi kerja guru secara keseluruhan ternyata cukup baik. Kepala Madrasah sudah mampu mengendalikan diri menghadapi masalah, memberikan motivasi untuk meningkatkan kinerja pada Madrasah yang dimpin, menerapkan ketulusan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pemimpin, melaksanakan hubungan kerjasama dengan lembaga swasta, pemerintah, dan masyarakat, (contoh: Lembaga Depag kota kupang, kanwil NTT, dan BMH perwakilan NTT), Kepala Madrasah juga berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di lingkungan Madrasah, mengatasi konflik internal Madrasah, sudah menyusun program Madrasah namun belum terlaksanakan dengan baik, kurang menganalisis pekerjaan dan kebutuhan tenaga pendidik, belum menyusun program supervisi, belum melaksanakan supervisi, belum melaksanakan tindak lanjut supervisi, memanfaatkan teknologi secara efektif dalam kegiatan pembelajaran dan manajemen Madrasah, inovasi pengembangan Madrasah yang telah Kepala Madrasah lakukan untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Keywords

Kinerja Kepala Madrasah, Partisipasi Kerja Guru

Article Details

How to Cite
Hijrat, K., & Bahrudin, A. (2022). KINERJA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKANPARTISIPASIKERJA GURU DI MI PEMIMPIN RUMAH QUR’AN HIDAYATULLAH KELAPA LIMA KOTA KUPANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 7(1), 25-32. https://doi.org/10.59098/jipend.v7i1.690

References

  1. Peraturan Menteri Agama RI, 2014. Kepala Madrasah, Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia
  2. Suherlan Herlan, dkk. 2013. Psikologi Pelayanan, Bandung: Media Perubahan
  3. Musbikin Imam. 2013. Menjadi Kepala Madrasah yang Hebat, Pekanbaru Riau: Zanafa
  4. Teguh, a. 2015.“Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Partisipasi Kerja Guru.”Pendidikan Ilmu Sosial. 25 (2): 59.
  5. Kementrian Agama RI, 2014. Al-Qur’an dan Terjemah, Jawa Barat: Syigma Examedia Arkanleema
  6. MasykurSyafii Muhammad. 2014. Super Top Manajer. Yogyakarta: Kobis
  7. Sugiyono, 2006.Statika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
  8. , 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.