Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 semester 1 Materi Pokok Praktik Berwudhu Mata Pelajaran Pendidikan  Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Bonipoi 2 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian yaitu  16 orang peserta didikyang betul-betul belum dapat melakukan Praktik Berwudhu. PTK ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Adapun indikator  yang ditetapkan adalahpeserta didik dikatakan tuntas belajar apabila peserta didik telah memenuhi KKM dengan skor lebih atau sama dengan 70 % dengan kategori BAIK. Dari analisis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar  peserta didik yaitu : dalam mengurutkan gambar praktik wudhu dari siklus I sebesar 66,88 % dengan kategori cukup meningkat pada siklus II sebesar 74,38 % dengan kategori baik dan dalam mempraktikkan berwudhu  pasa  siklus I sebesar 66,25 % dengan kategori cukup meningkat pada siklus II sebesar 75 % dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui Media Gambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN  Bonipoi 2 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Pelajaran 2019/2020.

Keywords

Hasil Belajar, Media Gambar, Praktik Wudhu

Article Details

How to Cite
Ali Habsyi, M. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 MELALUI MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR NEGERI BONIPOI 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 7(2), 8-13. https://doi.org/10.59098/jipend.v7i2.809

References

  1. Arikunto, Suharsimi. (1997). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Syaiful Bahri Djamarah. (2000).Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.Jakarta: Rineka Cipta
  3. Arsyad Azhar. (2010).Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja GrafindoPersada
  4. Poerwanti, Endang, dkk. (2008). Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
  5. Waskito. (2007). Belajar Bahasa Inggris dengan Kartu (Seri Sayuran).http:// www.wahyumedia.com/kabar_wahyumedia/belajar_bahasa_inggris_dengan_kartu_(serisayuran).html.
  6. Zakiyah Drajat. (2001). Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara
  7. Marno, Idris. (2008).Strategi dan Metode Pengajaran.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media