Main Article Content

Abstract

Penelitian  ini  berangkat  dari  latar  belakang  pembelajaran  yang dilakukan oleh guru pada umumnya adalah dengan menceramahkan konsep-konsep, prinsip-prinsip,  dan  hukum-hukum  dalam  bentuk  yang  sudah  jadi  kepada  siswa. Pembelajaran dengan cara ini terbukti kurang berhasil sebab ditemukan pemahaman siswa  yang  belum  komprehensif  terhadap  materi  yang  diajarkan,  sehingga  siswa kurang  cakap  dalam  memformulasikan  pemahamannya  untuk  dapat  menyelesaikan atau  memecahkan  masalah  yang  masih  berkisar  pada  materi  yang  diberikan sebelumnya.  Hal  ini  menyebabkan  siswa mengalami  kejenuhan  yang  berakibat kurangnya  motivasi  belajar  dan  imbasnya  adalah  rendahnya  hasil  belajar  siswa. Melalui  penelitian  ini  diharapkan  keterlibatan  aktif  antara  guru  dan  siswa  dalam proses  belajar  mengajar.  Untuk  melihat efektivitas  tindakan  digunakan  lembar observasi  kegiatan  siswa,  lembar  observasi  kegiatan  guru,  dan  hasil  evaluasi  yang dilaksanakan dalam dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Introduction dapat meningkatkan hasil belajar  Biologi materi pembelajaran struktur dan organ pernapasan pada manusia dan hewan di kelas XI SMA Kristen 1Kalabahi  hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada sisetiap siklus yakni  pada siklus I 77,09% meningkat menjadi 81,90% pada siklus II.

Keywords

Model pembelajaran Problem Based Introducton, Hasil belajar, Biologi

Article Details

How to Cite
H. Buling, M. (2022). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS XI SMA KRISTEN 1 KALABAHI. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 7(2), 14-19. https://doi.org/10.59098/jipend.v7i2.810

References

  1. Abbas. 2007. Model-Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Balai Pustaka
  2. Husna, Asmaul. 2016. “Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Introduction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Galesong Selatan Pada Mata Pelajaran Kkpi Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. 2016.”
  3. Harmiyati. 2016. Model Pembelajaran Problem Based Introduction, Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Dengan Materi Demokrasi Pancasila Kelas Xii Di Sekolah Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol. 3 No. 1.
  4. Moore, Dan Hunt. 2001. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Cipta Pustaka.
  5. Nasution, Ahmad Husein, dan Delima Lubis. 2019. “Penggunaan Model Pembelajaran Glaser Dalam Meningkatkan Minat Belajar Di Kelas Viii MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2018-2019.”
  6. Nisa, Khaerun. 2017. “Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Problem based introduction Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Kelas X pada SMKN 2 Watansoppeng Kab. Soppeng.”
  7. Rahma Fitri. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas Xi Iis Di Sma N 1 Batusangkar.” 1(3).
  8. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pt Rajawali Persada.
  9. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdikarya.
  10. Suprijono, Agus. 2012. “Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM.”