Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada umumnya adalah dengan menceramahkan konsep-konsep, prinsip-prinsip, dan hukum-hukum dalam bentuk yang sudah jadi kepada siswa. Pembelajaran dengan cara ini terbukti kurang berhasil sebab ditemukan pemahaman siswa yang belum komprehensif terhadap materi yang diajarkan, sehingga siswa kurang cakap dalam memformulasikan pemahamannya untuk dapat menyelesaikan atau memecahkan masalah yang masih berkisar pada materi yang diberikan sebelumnya. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yang berakibat kurangnya motivasi belajar dan imbasnya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Melalui penelitian ini diharapkan keterlibatan aktif antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk melihat efektivitas tindakan digunakan lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan hasil evaluasi yang dilaksanakan dalam dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Introduction dapat meningkatkan hasil belajar Biologi materi pembelajaran struktur dan organ pernapasan pada manusia dan hewan di kelas XI SMA Kristen 1Kalabahi hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada sisetiap siklus yakni pada siklus I 77,09% meningkat menjadi 81,90% pada siklus II.
Keywords
Article Details
References
- Abbas. 2007. Model-Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Balai Pustaka
- Husna, Asmaul. 2016. “Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Introduction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj 1 Smk Negeri 1 Galesong Selatan Pada Mata Pelajaran Kkpi Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Makassar. 2016.â€
- Harmiyati. 2016. Model Pembelajaran Problem Based Introduction, Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Dengan Materi Demokrasi Pancasila Kelas Xii Di Sekolah Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol. 3 No. 1.
- Moore, Dan Hunt. 2001. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Cipta Pustaka.
- Nasution, Ahmad Husein, dan Delima Lubis. 2019. “Penggunaan Model Pembelajaran Glaser Dalam Meningkatkan Minat Belajar Di Kelas Viii MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2018-2019.â€
- Nisa, Khaerun. 2017. “Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Problem based introduction Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Kelas X pada SMKN 2 Watansoppeng Kab. Soppeng.â€
- Rahma Fitri. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas Xi Iis Di Sma N 1 Batusangkar.†1(3).
- Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Pt Rajawali Persada.
- Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdikarya.
- Suprijono, Agus. 2012. “Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM.â€