Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK peserta didik pada Kelas XI SMA Negeri 2 Kalabahi pada materi Analisis Keterampilan Gerak Mengontrol Bola. Masalah yang diselidiki adalah rendahnya ketuntasan belajar siswa pada materi Analisis Keterampilan Gerak Mengontrol Bola yang merupakan salah satu materi pada pembelajran PJOK. Penerapan Metode Permainan (Game) diimplementasikan sebagai alternatif pemecahan masalah. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek penelitian Kelas XI yang jumlah seluruhnya 26 orang. Setiap siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) 0bservasi (iv) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran PJOK melalui metode permainan (game) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kalabahi. Untuk hasil belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 70,85% dan daya serap klasikal sebesar 84,62%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 77,75% dan daya serap klasikal sebesar 85,04%. Hal ini menunjukan bahwa pesertadidik sudah melewati standar ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan. Untuk hasil observasi aktivitas peserta didik dan guru pada siklus I berada pada kategori kurang baik, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik dan sangat baik.

Keywords

Metode Permainan (Game), Hasil belajar, PJOK.

Article Details

How to Cite
Rame, I. N. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ANALISIS KETERAMPILAN GERAK MENGONTROL BOLA MELALUI METODE PERMAINAN (GAME) DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KALABAHI. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 7(2), 20-25. https://doi.org/10.59098/jipend.v7i2.811

References

  1. Hasanah .2003. Penilaian Pembelajaran Bah asa Indonesia di Sekolah Dasar. Bah an Ajar. Disajikan dalam Pemagangan Dosen PGSD Universitas Negeri BENGKULU.
  2. Darmiati Zuch di dan Budiasih . 1997. Pendidikan Bah asa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah . Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud. Proyek Pengembangan Pendidikan GURU sekolah Dasar. IBRD: LOAN 3496-IND.
  3. Risman S. (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengontrol Bola Menggelinding Pada Permainan Sepak Bola Melalui Metode Modeling. Dapat diakses pada https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831410289