Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk Untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan Kontekstual Tipe Nubered Head Together. Jenis Penelitian adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK) model Kurlt & Lewin. Penerapan pendekatan Kontekstual Tipe Nubered Head Together diimplementasikan sebagai alternative untuk . Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek penelitian yakni Kelas VII SMP Negeri 3 Mataru dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Setiap siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) 0bservasi (iv) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Mataru. Untuk hasil belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 77,71% meningkat menjadi 83,63%. Hal ini menunjukan bahwa peserta didik sudah melewati standar ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan. Dengan demikian penerapan pendekatan Kontekstual Tipe Nubered Head Togetherdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mataru pada materi pembelajaran Struktur Teks Prosedural: Pernyataan Umum, tatahapan-tahapan.
Keywords
Article Details
References
- Alie, N.H. (2013) Penggunaan Model Pembelajaran KooperatifTipe NHTUntuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaKelas X2 SMA Neg. 3 GorontaloPada Materi Jarak Pada Bangun Ruang. Jurnal Entropi. Volume VII. Nomor 1
- Azizah, N.2007. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dengan Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) Siswa Kela VIII Semester 2 SMP N. 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi S1 Pendidikan Matematika UNNES
- Ibrahim M., Rachmadiarti F.,Nur M. Dan Ismono. 2005. Pembelajaran Kooperatif.Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah, UNESA.
- Keraf, G. (1993). Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.
- Kumaradivelu, B. (2006). Understanding language teaching. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
- Larsen, D. (2000). Techniques and principles in language teaching. Second Edition. New York: Axford.
- Mularsih, H. 2010. Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal MAKARA: Sosial Humaniora. Volume 14. Nomor 1.
- Slavin, R.E. 1995.Cooperative Learning.Second Edition. Boston, Allyn and Bacon Publisher