Main Article Content
Abstract
Tujuannya penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana proses pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di MAN Kalabahi pada kelas X dan XI, yang ditemukan beberapa permasalahan masih cenderung menggunakan metode ceramah dan belum divariasikan dengan metode lain. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah, disamping itu aktivitas belajar peserta didik juga tidak terlihat mengalami peningkatan yang lebih baik dalam proses belajar mengajar yang berdampak pada sikap dan prilaku peserta didik. Kegiatan Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi secara lengkap mengenai model pembelajaran pendidikan Aqidah Akhlak oleh guru Aqidah Akhlak di MAN Kalabahi. Disamping itu juga untuk mengetahui model penerapan apa saja yang dilakukan oleh guru
aqidah akhlak kepada para siswa saat proses belajar mengajar maupun diluar jam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang status permasalahan saat penelitian dan tertuju pada
pemecahan masalah. Subjek penelitian adalah guru aqidah akhlak. Data yang relefan didapatkan melalui instrumen: 1). observasi, 2). wawancara, dan 3). dokumentasi. Hasil yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas masih belum maksimal. Hal ini terjadi
setelah peneliti mengkaji situasi dan keadaan yang terjadi yaitu: keterbatasan pembaharuan berbagai jenis sumber belajar dan keterbatasan skill yang sesuai dengan kompetensi dasar.