Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X  SMA Negeri  1 Kupang Timur Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian yaitu  28 orang siswa.  PTK ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Adapun indikator  yang ditetapkan adalah peserta didik dikatakan tuntas belajar apabila peserta didik telah memenuhi KKM sebesar  â‰¥75%. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar  siswa yaitu dengan peningkatan ketuntasan belajar nilai rata-rata peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I (70,79%) dan siklus II (84,75%), sedangkan ketuntasan belajar siklus I (60,33 %), dan siklus II (80 %).

Keywords

Metode Demonstrasi, Pendidikan Jasmani

Article Details

How to Cite
Soares Pinto, D. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI MELALUI METODE DEMOSNTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KELAS X SMA NEGERI 1 KUPANG TIMUR. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 9-14. https://doi.org/10.59098/jipend.v8i1.924

References

  1. Alif, M.N. (2019) Belajar Bela Diri. Sumedang. Upi Sumedang Pres.
  2. Sesfao, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani (PenelitianTindakan Kelas di kelas VII-G SMP Negeri 14 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 5(3), 31-36.
  3. Herdiyana, A., & Prakoso, G. P. W. (2016). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Mengacu Pada Pembiasaan Sikap Fair Play Dan Kepercayaan Pada Peserta Didik. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).
  4. Arisandi, A. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Cerebral Palsy Kelas Vd Di SLB YPPLB Padang (Deskriptif-Kualitatif). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3(3).
  5. Erfan, M. (2017, November). Peran guru penjas terhadap kebugaran (kesegaran) jasmani siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Olahraga (Vol. 1, No. 1, pp. 184-192).
  6. Iskandar, Dadang dan Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Jawa Tengah : IHYA MEDIA
  7. Mahanani, A. Fauzan. (2012). Desain PTK Model Kemmis dan Mc. Taggart. Tersedia dalam http://www.sitinurhidayatul.com.