Main Article Content
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Kupang Timur Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian yaitu 28 orang siswa. PTK ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Adapun indikator yang ditetapkan adalah peserta didik dikatakan tuntas belajar apabila peserta didik telah memenuhi KKM sebesar ≥75%. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dengan peningkatan ketuntasan belajar nilai rata-rata peserta didik dalam setiap siklus, yaitu siklus I (70,79%) dan siklus II (84,75%), sedangkan ketuntasan belajar siklus I (60,33 %), dan siklus II (80 %).
Keywords
Article Details
References
- Alif, M.N. (2019) Belajar Bela Diri. Sumedang. Upi Sumedang Pres.
- Sesfao, A. (2019). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani (PenelitianTindakan Kelas di kelas VII-G SMP Negeri 14 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 5(3), 31-36.
- Herdiyana, A., & Prakoso, G. P. W. (2016). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Mengacu Pada Pembiasaan Sikap Fair Play Dan Kepercayaan Pada Peserta Didik. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).
- Arisandi, A. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Anak Cerebral Palsy Kelas Vd Di SLB YPPLB Padang (Deskriptif-Kualitatif). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3(3).
- Erfan, M. (2017, November). Peran guru penjas terhadap kebugaran (kesegaran) jasmani siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Olahraga (Vol. 1, No. 1, pp. 184-192).
- Iskandar, Dadang dan Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Jawa Tengah : IHYA MEDIA
- Mahanani, A. Fauzan. (2012). Desain PTK Model Kemmis dan Mc. Taggart. Tersedia dalam http://www.sitinurhidayatul.com.