Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan penilaian berbasisi kelas melalui supervisi klinis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Flores Timur. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan selama 2 bulan dari tanggal,5 September   sampai dengan tanggal,7 Nopember 2020 dengan melibatkan 4 orang Guru Pendidikan Agama Islam.


Penelitian ini dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah guru berhasil dalam melaksanakan penilaian kelas apabila guru telah memenuhi kriteria memperoleh skor lebih atau sama dengan 78,8 dengan kategori baik.


Berdasarkan atas hasil analisis setelah disimpulkan diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kualitas pelaksanaan peniaian guru  MIN 4 Flores Timur dari siklus I sebesar 70% dengan kategori cukup ke siklus II sebesar 86,67% dengan kategori BAIK. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  melalui optimalisasi  kegiatan supervisi klinis dapat meningkatkan penilaian berbasisi kelas GPAI di MIN 4 Flores Timur Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Pelajaran 2020/2021”.


Oleh karena itu dapat disarankan kepada Kepala MIN 4 Flores Timur atau peneliti yang lain  bahwa optimalisasi kegiatan supervisi klinis di Madrasah Ibtidaiyah dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan penilaian guru.

Keywords

Supervisi Klinis, Peningkatan, Penilaian Berbasis Kelas

Article Details

How to Cite
M. Kasim, N. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN BERBASIS KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 FLORES TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 34-40. https://doi.org/10.59098/jipend.v8i1.928

References

  1. Arikunto,S. (2008). Prosedur Penelitian: SuatuPendekatan Praktik.Jakarta Bina Aksara.
  2. Archeson, K.A. & Gall, M.D. 1980. Techniques in the clinical supervision of the teahers: Preservice and Inservice Applications.New York & London: Longman.
  3. Azhari, A. (2003). Supervisi Rencana Program Pembelajaran, Ciputat, Rian Putra.
  4. Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Rosindo
  5. Departemen Agama RI, 2001.Penilaian Pendidikann Agama Islam untuk GPAI SD Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum.
  6. Nuratin, H. 1989. Supervisi Pengajaran (Teori dan Praktik). Jakarta: Dep. P & K Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
  7. Pidarta, Made, 1999, Pemikiran tentang supervisi pendidikan,Jakarta, Bumi Aksara
  8. Tanama, dkk. (2016) Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal Pendiidkan, Vol. 1 (11) tersedia pada http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8127/3697