Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 semester 2 Materi Pokok Membaca Qur’an Surat Al-Ma’un dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN Nunbaun Sabu Kota Kupang. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas  yang dilaksanakan selama 2 bulan  dari tanggal,4 Februari 2019 sampai  dengan tanggal,8 April 2019 dengan melibatkan 6 orang peserta didik   yang  belum   bisa Membaca Qur’an Surat Al-Ma’un yang diperoleh dari refleksi awal.  Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Adapun indikator yang ditetapkan adalah: peserta didik dikatakan tuntas belajar apabila peserta didik telah memenuhi KKM dengan skor lebih atau sama dengan 70% dengan kategori baik.


Dari analisis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu: dalam membaca qur’an surat Al-Ma’un dari siklus I sebesar 65,45% dengan kategori cukup ke siklus II sebesar 77,31% dengan kategori baik.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Media Tulisan Arab dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 semester 2 Materi Pokok Membaca Qur’an Surat Al-Ma’un mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN  Nunbaun Sabu Kecamatan Alak  Kota Kupang.


Dengan demikian dapat disarankan kepada GPAI dan Budi Pekerti atau peneliti yang lain bahwa Media Tulisan Arab dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik

Keywords

Media Tulisan Arab, Membaca Qur’an

Article Details

How to Cite
Bapang, A. Y. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI TULISAN ARAB PADA MATERI POKOK MEMBACA QUR’AN SURAT AL-MA’UN DI SDN NUN BAUN SABU KOTA KUPANG TAHUN PELAJARAN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 41-45. https://doi.org/10.59098/jipend.v8i1.929

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas: Jakarta Sinar Grafika Ofset
  2. Furoidah A. (2020). Media Pembelajaran Dan Peran Pentingnya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Fusha: Arabic Language Education Journal volume 2(2). Tersedia pada laman http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/alfusha/article/view/358/291
  3. Solihin, R. (2020) Akidah dan Akhlak dalam Perspektif PembelajaranPAIdi Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Berbasis Islam dan Sains Volume 5 (1). Tersedia https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/92/75
  4. Departemen Agama RI, 2001.Penilaian Pendidikann Agama Islam untuk GPAI SD Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum.
  5. Departemen Agama RI (2010) Peraturan Menteri Agama RI nomor 16 tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah; Direktorat Pendidikan Agama Islam pada sekolah Direktorat Pendidikan Islam