https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/issue/feedJurnal Ilmu Pendidikan (JIP)2023-10-31T12:13:04+00:00arifinrifilatihan@yahoo.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) adalahjurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Kupang, sebagai media publikasi karya ilmiah (hasil penelitian dan kajian kependidikan) bagi Dosen, Guru, Pemerhati/Praktisi Pendidikan yang meliputi: <strong>Kependidikan (Pengembangan Pembelajaran, Penelitian Kependidikan, Penelitian Tindakan Kelas, dan Kajian kependidikan yang mencakup seluruh bidang kependidikan dan pembelajarannya. </strong>Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setiap tahunnya (April dan Oktober). JIP telah memiliki reviewer (mitra bestari) yang kompeten dibidang dan kepakarannya masing-masing yang berasal dari universitas terkenal diantaranya: Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Nusa Cendana Kupang, dan Universitas Muhammadiyah Kupang.</p>https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/1317UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MEMBUAT RPP HARIAN INOVATIF MELALUI SUPERVISI INTERNAL KEPALA SEKOLAH DI MIS FATHUL MUBIN NAMOSAIN KOTA KUPANG2023-10-31T10:36:47+00:00Imam Nawawiahmadnuribadil@gmail.com<p>Dalam Penelitian ini dideskripsikan langkah-langkah supervisi oleh kepala sekolah melalui supervisi internal secara periodik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun dan membuat perencanaan pembelajaran harian Inovatif (RPPH Inovatif). Penelitian ini dilakukan terhadap guru-guru kelas dan mata pelajaran sebagai pengawas di sekolah tersebut terhitung mulai bulan Januari 2023 sampai dengan Juni 2023. Rancangan penelitian ini meliputi : perencanaan, melaksanakan tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Hasil refleksi ini digunakan sebagai pedoman untuk mengambil keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilakukan melalui siklus I dan siklus II. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru meningkat dalam menyusun RPP Harian Inovatif. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan kompetensi guru sebesar : 41,98 % (Kondisi Awal : 56.79 % dan Siklus II 98.77 %). Dapat simpulkan bahwa kompetensi guru meningkat dalam membuat RPP Harian Inovatif melalui supervisi internal kepala sekolah</p>2023-10-31T00:00:00+00:00Copyright (c) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/1319DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP PENDIDIKAN DI DESA LAMEA KECAMATAN WEWIKU KABUPATEN MALAKA2023-10-31T10:42:42+00:00Erdiana Yofita Luruknurdin.211264@gmail.comNurdinnurdin.211264@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) dampak pernikahan dini terhadap pendidikan, (2) apa saja faktor penyebab terjadinya pernikahan dini di Desa Lamea Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini ada 14 orang terdiri dari 9 anak atau remaja dan 5 orang tua dari anak yang melakukan pernikahan dini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakuakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pernikahan dini mempunyai dampak positif dan juga dampak negatif. Dampak positif dari pernikahan dini yaitu mengurangi beban ekonomi dalam keluarga. Sedangkan dampak negatif dari pernikahan dini adalah tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kurang percaya diri di lingkungan sekitar dan sering mengalami perselisihan dalam rumah tangga mereka. Adapun faktor penyebab dari pernikahan dini yaitu faktor ekonomi dalam keluarga yang lemah, faktor rendahnya pengetahuan atau pendidikan, faktor lingkungan, pergaulan bebas, dan faktor kemauan dari diri sendiri.</p>2023-10-31T00:00:00+00:00Copyright (c) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/1320DAMPAK KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR GURU DI SMA NEGERI 5 KUPANG2023-10-31T11:40:41+00:00Hastuty Ahmadhastutyqwertyahmad1@gmail.comNur Wahida Yusufwahida28@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui dampak kebijakan kurikulum merdeka terhadap kesiapan mengajar guru di SMA N 5 Kupang, (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kesiapan mengajar guru di SMA N 5 Kupang. Metode penelitian yan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini guru di SMA N 5 Kupang. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Bersadarkan hasil penelitian menunjukan beberapa temuan. Pertama dampak kebijakan kurikulum merdeka terhadap kesiapan mengajar guru di SMA N 5 Kupang bahwa guru masih kurang memahami dalam menentukan metode yang cocok sesuai anjuran dalam kurikulum merdeka dan perubahan kurikulum merdeka di SMA N 5 Kupang mempengaruhi terhadap kesiapan mengajar guru. dalam hal ini dapat dilihat dari kurangnya pemahaman guru mengenai esensi dari setiap komponen ( CP,TP). Secara praktis, kesulitan diawali ketika menjabarkan TP dan CP yang sudah di tentukan serta kurangnya kemampuan guru dalam menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan kurikulum merdeka.</p>2023-10-31T00:00:00+00:00Copyright (c) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/1321PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA SWASTA SINAR PANCASILA BETUN2023-10-31T11:47:54+00:00Ardianus Bernadus Briaardibria9714@gmail.comST Ramlahst.ramlahmpd@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini, 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran <em>Problem Based Introduction</em> untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, 2) Untuk mengetahui model pembelajaran <em>Problem Based Introduction</em> dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas Xl IPS 1 berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dimana pada setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dan di akhir pertemuan diadakan evaluasi atau tes akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan siswa pada pertemuan Pra Siklus yaitu total nilai 1.449 dengan rata-rata 53,66 kategori kurang aktif, total nilai Siklus 1 Pertemuan Pertama 1.732 dengan rata-rata 64,14 kategori cukup aktif, total nilai Siklus 1 Pertemuan Kedua 1.899 dengan rata-rata 70,33 kategori aktif, sementara itu pada siklus ke ll total nilai pada pertemuan Pertama Siklus ll 2.931 dengan rata-rata 82,62 kategori aktif, dan selanjutnya total nilai pada Pertemuan Kedua Siklus ll sebesar 2.448 dengan rata-rata 90,66 kategori sangat aktif. Sementara itu pada hasil belajar siswa pada pertemuan Pra Siklus total nilai sebesar 1.855 dengan rata-rata 68,70 dan Siklus 1 total nilai 1.985 dengan rata-rata 73,51 sedangkan Siklus ll total nilai 2.230 dengan rata-rata 82,59. Hasil ini telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti yaitu 80% diatas KKM 75.</p>2023-10-31T00:00:00+00:00Copyright (c) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/1323PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN SHOLAT FARDHU DI MI AL-ISLAMIYAH ATAMBUA KELAS VIII2023-10-31T12:13:04+00:00Siti Asiyahsitiasiyahkupang@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan agama Islam dalam melaksanakan shalat fardhu bagi siswa kelas II MI Al-Islamiyah Atambua, dan untuk mengetahui sejauh mana faktor-faktor Pendidikan Agama Islam terhadap kedisiplinan dalam melaksanakan shalat fardhu siswa kelas II MI Al-Islamiyah Atambua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berasal dari angket atau Quasioner, yakni berupa daftar pertanyaan yang diajukan kepada setiap responden yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pendidikan Agama Islam dengan Kedisplinan dalam melaksanakan Shalat Fardhu siswa MI Al-Islamiyah Atambua tahun Pelajaran 2022/2023 yang diperoleh dari hasil analisa yaitu = 4,78. Dan Tingkat pengaruh tersebut adalah = 0,160</p>2023-10-31T00:00:00+00:00Copyright (c)