https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/issue/feedJurnal Ilmu Pendidikan (JIP)2022-12-12T12:31:47+00:00arifinrifilatihan@yahoo.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) adalahjurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Kupang, sebagai media publikasi karya ilmiah (hasil penelitian dan kajian kependidikan) bagi Dosen, Guru, Pemerhati/Praktisi Pendidikan yang meliputi: <strong>Kependidikan (Pengembangan Pembelajaran, Penelitian Kependidikan, Penelitian Tindakan Kelas, dan Kajian kependidikan yang mencakup seluruh bidang kependidikan dan pembelajarannya. </strong>Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setiap tahunnya (April dan Oktober). JIP telah memiliki reviewer (mitra bestari) yang kompeten dibidang dan kepakarannya masing-masing yang berasal dari universitas terkenal diantaranya: Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Nusa Cendana Kupang, dan Universitas Muhammadiyah Kupang.</p>https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/808PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SD INPRES SEKIP KELAS III2022-12-12T12:31:46+00:00Karim Muhamadkarimmuhamad49@yahoo.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan mutu belajarsiswa setelah diterapkannya pembelajaran melalui metode tanya jawab.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (<em>action research</em>)bertempat di III SDI Sekip Kota SoE.Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas III SDI Sekip Kota SoE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari:Silabus, Rencana Pelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa, Lembar Observasi Kegiatan Belajar Mengajar, dan lembar tes hasil belajar. Analisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap putarannya dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir putaran. Analisis ini dihitung dengan menggunakan statistik sederhana. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan yaitu : Pembelajaran dengan metode tanya jawab memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu; 1) siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%); 2) Penerapan metode pembelajaran metode tanya jawab mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran metode tanya jawab sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.</p>2022-12-12T11:45:23+00:00Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/809UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 MELALUI MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR NEGERI BONIPOI 2 TAHUN PELAJARAN 2019/20202022-12-12T12:31:46+00:00Maryam Ali Habsyimaryamalihabsyi02@gmail.com<p>Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 semester 1 Materi Pokok Praktik Berwudhu Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Bonipoi 2 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian yaitu 16 orang peserta didikyang betul-betul belum dapat melakukan Praktik Berwudhu. PTK ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Adapun indikator yang ditetapkan adalahpeserta didik dikatakan tuntas belajar apabila peserta didik telah memenuhi KKM dengan skor lebih atau sama dengan 70 % dengan kategori BAIK. Dari analisis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu : dalam mengurutkan gambar praktik wudhu dari siklus I sebesar 66,88 % dengan kategori cukup meningkat pada siklus II sebesar 74,38 % dengan kategori baik dan dalam mempraktikkan berwudhu pasa siklus I sebesar 66,25 % dengan kategori cukup meningkat pada siklus II sebesar 75 % dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui Media Gambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN Bonipoi 2 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Pelajaran 2019/2020.</p>2022-12-12T11:52:18+00:00Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/810MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS XI SMA KRISTEN 1 KALABAHI2022-12-12T12:31:46+00:00Margarita H. Bulingmargaritabuling@gmail.com<p>Penelitian ini berangkat dari latar belakang pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada umumnya adalah dengan menceramahkan konsep-konsep, prinsip-prinsip, dan hukum-hukum dalam bentuk yang sudah jadi kepada siswa. Pembelajaran dengan cara ini terbukti kurang berhasil sebab ditemukan pemahaman siswa yang belum komprehensif terhadap materi yang diajarkan, sehingga siswa kurang cakap dalam memformulasikan pemahamannya untuk dapat menyelesaikan atau memecahkan masalah yang masih berkisar pada materi yang diberikan sebelumnya. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yang berakibat kurangnya motivasi belajar dan imbasnya adalah rendahnya hasil belajar siswa. Melalui penelitian ini diharapkan keterlibatan aktif antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Untuk melihat efektivitas tindakan digunakan lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, dan hasil evaluasi yang dilaksanakan dalam dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Introduction dapat meningkatkan hasil belajar Biologi materi pembelajaran struktur dan organ pernapasan pada manusia dan hewan di kelas XI SMA Kristen 1Kalabahi hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada sisetiap siklus yakni pada siklus I 77,09% meningkat menjadi 81,90% pada siklus II.</p>2022-12-12T12:23:43+00:00Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/811PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ANALISIS KETERAMPILAN GERAK MENGONTROL BOLA MELALUI METODE PERMAINAN (GAME) DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KALABAHI2022-12-12T12:31:47+00:00I Nyoman Ramenyomanramai@gmail.com<p>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK peserta didik pada Kelas XI SMA Negeri 2 Kalabahi pada materi Analisis Keterampilan Gerak Mengontrol Bola. Masalah yang diselidiki adalah rendahnya ketuntasan belajar siswa pada materi Analisis Keterampilan Gerak Mengontrol Bola yang merupakan salah satu materi pada pembelajran PJOK. Penerapan Metode Permainan (Game) diimplementasikan sebagai alternatif pemecahan masalah. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek penelitian Kelas XI yang jumlah seluruhnya 26 orang. Setiap siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) 0bservasi (iv) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran PJOK melalui metode permainan (game) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kalabahi. Untuk hasil belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 70,85% dan daya serap klasikal sebesar 84,62%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 77,75% dan daya serap klasikal sebesar 85,04%. Hal ini menunjukan bahwa pesertadidik sudah melewati standar ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan. Untuk hasil observasi aktivitas peserta didik dan guru pada siklus I berada pada kategori kurang baik, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik dan sangat baik.</p>2022-12-12T12:26:11+00:00Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/812MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAPAT MENINGKAT KATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PEMBELAJARAN STRUKTUR TEKS PROSEDURAL: PERNYATAAN UMUM, TAHAPAN-TAHAPAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 MATARU2022-12-12T12:31:47+00:00Solfina Bekkaribekkarisolfina12@gmail.com<p>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk Untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan <em>Kontekstual Tipe Nubered Head Together</em>. Jenis Penelitian adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK) model Kurlt & Lewin. Penerapan pendekatan <em>Kontekstual Tipe Nubered Head Together</em> diimplementasikan sebagai alternative untuk . Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek penelitian yakni Kelas VII SMP Negeri 3 Mataru dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Setiap siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) 0bservasi (iv) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Mataru. Untuk hasil belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 77,71% meningkat menjadi 83,63%. Hal ini menunjukan bahwa peserta didik sudah melewati standar ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan. Dengan demikian penerapan pendekatan <em>Kontekstual Tipe Nubered Head Together</em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mataru pada materi pembelajaran Struktur Teks Prosedural: Pernyataan Umum, tatahapan-tahapan.</p>2022-12-12T12:30:37+00:00Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan