Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend <p>Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) adalahjurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Kupang, sebagai media publikasi karya ilmiah (hasil penelitian dan kajian kependidikan) bagi Dosen, Guru, Pemerhati/Praktisi Pendidikan yang meliputi: <strong>Kependidikan (Pengembangan Pembelajaran, Penelitian Kependidikan, Penelitian Tindakan Kelas, dan Kajian kependidikan yang mencakup seluruh bidang kependidikan dan pembelajarannya. </strong>Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setiap tahunnya (April dan Oktober). JIP telah memiliki reviewer (mitra bestari) yang kompeten dibidang dan kepakarannya masing-masing yang berasal dari universitas terkenal diantaranya: Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Nusa Cendana Kupang, dan Universitas Muhammadiyah Kupang.</p> en-US rifilatihan@yahoo.com (arifin) rifilatihan@yahoo.com (arifin) Mon, 12 Dec 2022 12:31:47 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SD INPRES SEKIP KELAS III https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/808 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan mutu belajarsiswa setelah diterapkannya pembelajaran melalui metode tanya jawab.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (<em>action research</em>)bertempat di III SDI Sekip Kota SoE.Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas III SDI Sekip Kota SoE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari:Silabus, Rencana Pelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa, Lembar Observasi Kegiatan Belajar Mengajar, dan lembar tes hasil belajar. Analisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap putarannya dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir putaran. Analisis ini dihitung dengan menggunakan statistik sederhana. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan yaitu : Pembelajaran dengan metode tanya jawab memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu; 1) siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%); 2) Penerapan metode pembelajaran metode tanya jawab mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran metode tanya jawab sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.</p> Karim Muhamad Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/808 Mon, 12 Dec 2022 11:45:23 +0000 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 MELALUI MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR NEGERI BONIPOI 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/809 <p>Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 semester 1 Materi Pokok Praktik Berwudhu Mata Pelajaran Pendidikan&nbsp; Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Bonipoi 2 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian yaitu &nbsp;16 orang peserta didikyang betul-betul belum dapat melakukan Praktik Berwudhu. PTK ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Adapun indikator&nbsp; yang ditetapkan adalahpeserta didik dikatakan tuntas belajar apabila peserta didik telah memenuhi KKM dengan skor lebih atau sama dengan 70 % dengan kategori BAIK. Dari analisis diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar&nbsp; peserta didik yaitu : dalam mengurutkan gambar praktik wudhu dari siklus I sebesar 66,88 % dengan kategori cukup meningkat pada siklus II sebesar 74,38 % dengan kategori baik dan dalam mempraktikkan berwudhu&nbsp; pasa &nbsp;siklus I sebesar 66,25 % dengan kategori cukup meningkat pada siklus II sebesar 75 % dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui Media Gambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN&nbsp; Bonipoi 2 Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahun Pelajaran 2019/2020.</p> Maryam Ali Habsyi Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/809 Mon, 12 Dec 2022 11:52:18 +0000 MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS XI SMA KRISTEN 1 KALABAHI https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/810 <p>Penelitian&nbsp; ini&nbsp; berangkat&nbsp; dari&nbsp; latar&nbsp; belakang&nbsp; pembelajaran&nbsp; yang dilakukan oleh guru pada umumnya adalah dengan menceramahkan konsep-konsep, prinsip-prinsip,&nbsp; dan&nbsp; hukum-hukum&nbsp; dalam&nbsp; bentuk&nbsp; yang&nbsp; sudah&nbsp; jadi&nbsp; kepada&nbsp; siswa. Pembelajaran dengan cara ini terbukti kurang berhasil sebab ditemukan pemahaman siswa&nbsp; yang&nbsp; belum&nbsp; komprehensif&nbsp; terhadap&nbsp; materi&nbsp; yang&nbsp; diajarkan,&nbsp; sehingga&nbsp; siswa kurang&nbsp; cakap&nbsp; dalam&nbsp; memformulasikan&nbsp; pemahamannya&nbsp; untuk&nbsp; dapat&nbsp; menyelesaikan atau&nbsp; memecahkan&nbsp; masalah&nbsp; yang&nbsp; masih&nbsp; berkisar&nbsp; pada&nbsp; materi&nbsp; yang&nbsp; diberikan sebelumnya.&nbsp; Hal&nbsp; ini&nbsp; menyebabkan&nbsp; siswa mengalami&nbsp; kejenuhan&nbsp; yang&nbsp; berakibat kurangnya&nbsp; motivasi&nbsp; belajar&nbsp; dan&nbsp; imbasnya&nbsp; adalah&nbsp; rendahnya&nbsp; hasil&nbsp; belajar&nbsp; siswa. Melalui&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; diharapkan&nbsp; keterlibatan&nbsp; aktif&nbsp; antara&nbsp; guru&nbsp; dan&nbsp; siswa&nbsp; dalam proses&nbsp; belajar&nbsp; mengajar.&nbsp; Untuk&nbsp; melihat efektivitas&nbsp; tindakan&nbsp; digunakan&nbsp; lembar observasi&nbsp; kegiatan&nbsp; siswa,&nbsp; lembar&nbsp; observasi&nbsp; kegiatan&nbsp; guru,&nbsp; dan&nbsp; hasil&nbsp; evaluasi&nbsp; yang dilaksanakan dalam dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Introduction dapat meningkatkan hasil belajar &nbsp;Biologi materi pembelajaran struktur dan organ pernapasan pada manusia dan hewan di kelas XI SMA Kristen 1Kalabahi &nbsp;hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada sisetiap siklus yakni &nbsp;pada siklus I 77,09% meningkat menjadi 81,90% pada siklus II.</p> Margarita H. Buling Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/810 Mon, 12 Dec 2022 12:23:43 +0000 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ANALISIS KETERAMPILAN GERAK MENGONTROL BOLA MELALUI METODE PERMAINAN (GAME) DI KELAS XI SMA NEGERI 2 KALABAHI https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/811 <p>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK peserta didik pada Kelas XI SMA Negeri 2 Kalabahi pada materi Analisis Keterampilan Gerak Mengontrol Bola. Masalah yang diselidiki adalah rendahnya ketuntasan belajar siswa pada materi Analisis Keterampilan Gerak Mengontrol Bola yang merupakan salah satu materi pada pembelajran PJOK. Penerapan Metode Permainan (Game) diimplementasikan sebagai alternatif pemecahan masalah. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek penelitian Kelas XI yang jumlah seluruhnya 26 orang. Setiap siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) 0bservasi (iv) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran PJOK melalui metode permainan (game) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kalabahi. Untuk hasil belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 70,85% dan daya serap klasikal sebesar 84,62%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 77,75% dan daya serap klasikal sebesar 85,04%. Hal ini menunjukan bahwa pesertadidik sudah melewati standar ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan. Untuk hasil observasi aktivitas peserta didik dan guru pada siklus I berada pada kategori kurang baik, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik dan sangat baik.</p> I Nyoman Rame Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/811 Mon, 12 Dec 2022 12:26:11 +0000 MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAPAT MENINGKAT KATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PEMBELAJARAN STRUKTUR TEKS PROSEDURAL: PERNYATAAN UMUM, TAHAPAN-TAHAPAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 MATARU https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/812 <p>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk Untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan <em>Kontekstual Tipe Nubered Head Together</em>. Jenis Penelitian adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK) model Kurlt &amp; Lewin. Penerapan pendekatan <em>Kontekstual Tipe Nubered Head Together</em> diimplementasikan sebagai alternative untuk . Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek penelitian yakni Kelas VII SMP Negeri 3 Mataru dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Setiap siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) 0bservasi (iv) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Mataru. Untuk hasil belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 77,71% meningkat menjadi 83,63%. Hal ini menunjukan bahwa peserta didik sudah melewati standar ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan. Dengan demikian penerapan pendekatan <em>Kontekstual Tipe Nubered Head Together</em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Mataru pada materi pembelajaran Struktur Teks Prosedural: Pernyataan Umum, tatahapan-tahapan.</p> Solfina Bekkari Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/812 Mon, 12 Dec 2022 12:30:37 +0000