https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/issue/feedJurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 2024-09-06T01:10:37+00:00Ahmad Yanijpdfpgsdunmuhkupang@gmail.comOpen Journal Systems<p>The Flobamorata Basic Education Journal (JPDF) is published by the Primary School Teacher Education Study Program (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University Kupang, intended as a medium of information, communication and forum for discussion of knowledge, especially those related to education and teaching of Basic Education from various aspect. This journal contains scientific publication articles based on research results in the field of Basic Education. In accordance with Republic of Indonesia Government Regulation no. 47 of 2008 concerning Compulsory Education, Basic Education is the level of education that underlies secondary education, in the form of Elementary School (SD) and Madrasyah Ibtidaiyah (MI) or other equivalent forms. The editors invite writers, especially educational staff, educational practitioners, scientists and those interested in education and teaching, especially basic education teaching, to share their ideas and study results as well as communicate their scientific findings in this forum to other academic members and the wider community.</p> <p>JPDF has been nationally accredited with rank 4 through the Decree of the Director General of Higher Education, Research and Technology Number 204/E/KPT/2022, dated 3 October 2022. Starting from the 2024 edition, JPDF will publish four editions per year (February, May, August and November).</p>https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1145ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS V SDN SIDOHARJO 02 GEDEG MOJOKERTO2024-08-01T05:47:31+00:00Molik Vemnatisisyahsisyah11@gmail.comErmawati Zulikhatin Nurohermawati@umsida.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan membaca permulaan dan mengetahui faktor penghambat yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan metode kualilatif dengan jenis penelitian penelitian studi kasus yang datanya diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjunya data dianalisis melalui tahapan reduksi data,penyajian data,dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V di SDN Sidoharjo 02,Gedeg,Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat siswa mengalami kesulitan dalam membaca permulaan yang meliputi sulit dalam membaca kata dengan menghilangkan atau menambahkan huruf dalam kata agar dapat dibaca.kesulitan dalam penggunaan dan pelafalan beberapa huruf diftong dan digraf,serta ketidakmampuan dalam membaca secara lancar atau terbata-bata. Pada kesulitan yang dialami,terdapat faktor yang menjadi penghambat siswa dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan. Yang pertama adalah faktor internal. Faktor ini mengarah pada penghambat yang terdapat pada masing-masing siswa yaitu kurangnya minat membaca,rasa malas saat hendak belajar,dan sering merasa bosan ketika memasuki jam pembelajaran. Faktor yang kedua adalah faktor eksernal. Faktor ini terdapat pada dua lingkungan yakni keluarga dan sekolah. Pada lingkungan keluarga kurarngnya perhatian dan motivasi yang diberikan oleh orangtua kepada siswa sebagai anaknya. Pada lingkungan sekolah kurangnya inovasi,metode pembelajaran yang inovasi dan kreatif,sehingga siswa merasa bosan ketika mengulang pembelajarannya terus-menerus.</p>2024-08-01T03:46:27+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1147ANALISIS PROGRAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) MELALUI OUTDOOR LEARNING DI SEKOLAH DASAR NEGERI KERET KREMBUNG2024-08-01T05:47:31+00:00Rahmanda Novira Sarivirar113@gmail.comMachful Indra Kurniawan machfulindra@gmail.com<p><em>This study aims to analyze and describe the development of strengthening the Pancasila profile through outdoor learning activities to shape the behavior or character of students at SDN Keret Krembung. Data collection techniques are interviews, observations, documentation and literature studies. The data analysis technique uses Miles and Huberman which consists of four components, namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The location in this research was conducted at the Keret Krembung State Elementary School. The results of this study found that optimizing the implementation of outdoor learning activities teaches students about the importance of the concept of caring for the environment and practicing it in real life at school. The Pancasila student profile strengthening program has been implemented and received good feedback from students. Because they are taught ways to appreciate local culture, tolerance, be independent and also have high creativity. In its application, there are several things that can become obstacles in this program, such as some students who have a less fast understanding.</em></p>2024-08-01T03:54:26+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1150PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO2024-08-01T05:47:32+00:00Harnum Putri Almaidahharnumalmaidah@gmail.comMachful Indra Kurniawanmachfulindra.k@gmail.com<p>Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu karakteristik dari kurikulum Merdeka. Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila diharapkan menjadikan peserta didik yang mencerminkan profil pelajar Pancasila<em>. </em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pncasila (P5) dengan tema kewirausahaan di SDN Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Gedangan Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Sumber data berasal dari 23 siswa dan guru kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema kewirausahaan di kelas IV SDN Gedangan dilaksanakan dengan baik dan memperoleh antusias tinggi dari peserta didik. Kegiatan P5 diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antar peserta didik serta dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan seperti kreatif, inofatif, atau munculnya ide-ide baru dan dapat menciptaka produk yang memiliki nilai daya jual.</p>2024-08-01T04:09:14+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1152PROFIL PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SDN SEDATI AGUNG SIDOARJO 2024-08-01T05:47:32+00:00Wilujeng Dwi Safitriwilujengsafitri37@gmail.comVanda Rezaniavanda1@umsida.ac.id<p>Profil program pendidikan inklusi adalah gambaran singkat sebuah program yang dirancang untuk menyatukan anak-anak berkebutuhan khusus di kelas dan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan profil program pendidikan inklusi di SDN Sedati Agung Sidoarjo yang meliputi tenaga pengajar, kurikulum, sarana dan prasarana, serta monitoring dan evaluasi di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah atau koordinator inklusi, guru pendamping dan guru pendamping khusus. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Instruksi observasi dan wawancara dijadikan sebagai instrumen penelitian. Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan digunakan sebagai teknik analisis. Uji kredibilitas, teknik dan triangulasi sumber digunakan untuk menguji keabsahan data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN Sedati Agung Profil Program Pendidikan Inklusi ; 1) tenaga pendidik di SDN sedati Agung, 2) kurikulum yang digunakan kurikulum tidak tetap guna menyesuaikan karakter siswa inklusi serta setiap 3 bulan sekali akan dimodifikasi dengan menyesuaikan potensi anak berkebutuhan khusus dengan mempertimbangkan karakter (ciri-ciri) dan tingkat kecerdasannya, 3) Fasilitas dan sarana untuk melayani anak berkebutuhan khusus meliputi adanya ruangan khusus, alat penunjang dan buku penunjang layanan anak bekebutuhan khusus, 4) Monev dilakukan untuk mengevaluasi siswa inklusi melalui kerja sama dengan orang tua untuk menginformasikan perkembangan siswa inklusi.</p>2024-08-01T04:15:28+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1153ANALISIS DAMPAK POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIOEMOSIONAL PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR2024-08-01T05:47:32+00:00Putri Arianita Utamiputriarianitautami@upi.edu<p><em>Socioemotional development is one of child development. Socioemotional is the development of behavior that occurs in children in controlling emotional conditions and children's ability to respond to their environment. Therefore, during the development period children must continue to be supervised by parents and must provide good parenting for children. Of course, every parenting style has a positive impact and a negative impact, especially authoritarian parenting. The purpose of this study provides a new concept in analyzing the negative and positive impact of authoritarian parenting applied by parents on the socioemotional development of elementary school-age children at the age of 7-12 years. This is done using a literature study method that will explain validly and objectively about the problem analyzed by relying on various sources from various literature such as scientific articles, books and theses. Then it is integrated by analyzing the content (content analysis). The result of this study is to provide reinforcement of data from one another regarding the positive and negative impacts of authoritarian parenting and provide new concepts of thinking about attitudes that can be done by people around children who are cared for authoritarianly.</em></p>2024-08-01T04:23:07+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1154OUTING CLASS SEBAGAI STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR2024-08-01T05:47:32+00:00Sintia Kazelia Jayakazeliajaya@gmail.comTri Linggo Watitrilinggo@umsida.ac.id<p>Penelitian ini berjudul “outing class sebagai strategi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasarâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kreativitas siswa, khususnya dalam pembelajaran melalui kegiatan outing class pada materi melukis dengan teknik percik. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mendeskripsikan fenomena yang sudah ada dilapangan. Teknik pengambilan data menggunakan trianggulasi teknik, yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran melalui strategi outing class mampu meningkatkan kreativitas siswa, karena pembelajaran yang dilakukan di luar kelas memiliki tujuan agar siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 2 Tulangan mampu belajar dan menemukan ide-ide terbaru dari mengamati keadaan disekitar lingkungan sekolah. Kesimpulannya adalah strategi pembelajaran melalui kegiatan outing class dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar.</p>2024-08-01T04:32:32+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1190PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP PERKEMBANGAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR2024-08-01T05:47:32+00:00Vira Fitriavirafitria@upi.edu<p><em>Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menguraikan hasil dari pengaruh model kooperatif tipe CIRC model pembelajaran dalam mengatasi faktor yang dialami oleh siswa SD kalangan generasi Z pada keminatannya dalam membaca. Subjek pada penelitian ini ditujukan kepada generasi Z jenjang Sekolah Dasar. Metode yang digunakan ialah kualitatif deksriptif. Studi literatur menjadi teknik dalam pengumpulan datanya. penelitian ini hasilnya menunjukkan minat baca siswa SD kalangan generasi Z di Indonesia masih tergolong rendah, terlihat pada buku pojok yang tidak pernah disentuh anak-anak, faktor ini disebabkan karena kurangnya arahan dari orang tua serta guru di sekolah, minimnya pengetahuan terhadap manfaat membaca buku dan genre yang disediakan kurang menarik oleh anak-anak. Hendaknya seorang guru memberikan bimbingan kepada anak didiknya sekaligus mengadakan perkumpulan wali murid untuk memberi arahan perihal minat baca anak.</em></p>2024-08-01T04:40:12+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1191PENGARUH METODE QUANTUM READING TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN LEMAHPUTRO 01 SIDOARJO2024-09-06T01:10:37+00:00Vivi Yunita Sariviviyunitasari1406@gmail.comVevy Liansarivevyliansari@umsida.ac.id<p>Abstrak : Berdasarkan hasil Penelitian di lapangan, yaitu minat baca peserta didik rendah, tidak ada inisiatif untuk membaca buku, aktifitas membaca kurang, kunjungan ke perpustakkan jarang dilakukan dan sarana perpustakaan kurang menunjang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan minat baca peserta didik yang yang menggunakan metode quantum reading dan metode dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Lemahputro 01 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk pre-experimental one group pretest - posttest. Populasi yang digunakan sebanyak 23 peserta didik yaitu kelas III dan Data penelitian dihimpun melalui angket dengan analisis statistik. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 24.0 for windows. Hasil analisis diketahui bahwa nilai pretest diperoleh nilai rata- rata sebesar 64,4% Sedangkan untuk nilai posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,2% berada pada kategori cukup efektif, hal ini menunjukan pelaksanaan metode quantum reading cukup berhasil. hal ini menunjukan pelaksanaan metode quantum reading cukup berhasil, maka Hâ‚’ ditolak atau Hâ‚ diterima. Artinya, penggunaan metode quantum reading dapat meningkatkan minat baca peserta didik sekolah dasar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.</p> <p>Kata Kunci : Penelitian, metode quantum reading, minat baca.</p> <p> </p>2024-08-01T04:50:21+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1208STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN SIKAP NASIONALISME PADA SISWA KELAS IV DI SDN WONOSEKAR 2024-08-01T05:47:33+00:00Lizzy Salsabilalizzysalsabilaa@gmail.comWawan Shokib Rondliwawan.shokib@umk.ac.idMuch. Arsyad Fardaniarsyad.fardani@umk.ac.id<p><em>This study aims to determine the teacher's strategy in instilling an attitude of nationalism in class IV SDN Wonosekar. This study uses qualitative research using case study research methods. Data collection is done by observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were teachers and fourth grade students, totaling 25 students. Data analysis used is data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the strengthening of nationalism in grade IV students at SDN Wonosekar through habituation and example supported by school culture. The attitude of nationalism in grade IV students during learning includes love for the motherland, respect for the services of heroes, willingness to sacrifice, and tolerance and tolerance. The teacher's strategy at SDN Wonosekar in instilling an attitude of nationalism in students includes habituation, exemplary activities, and programmed activities that are supported by school culture</em></p>2024-08-01T04:54:56+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1236LITERASI MEMBACA UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KRAGILAN 01 KECAMATAN MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024 2024-08-01T05:47:33+00:00Ananda Setyabudi Utomoanandasetyabudiutomo@gmail.comDwi Anggraenidwi123@gmail.comKoko Prasetyokoko123@gmail.com<p><strong>Abstrak:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi membaca dan faktor kendala dalam menumbuhkan sikap sosial siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa, guru kelas dan kepala sekolah. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sekolah telah melakukan kegiatan literasi membaca untuk menumbuhkan sikap sosial siswa dengan kegiatan membaca buku sebelum memulai pembelajaran selama 15 menit dengan buku bacaan yang telah tersedia. sedangkan faktor kendala literasi membaca yaitu Kurangnya konsistensi waktu disebabkan oleh guru terlambat hadir ke sekolah, kemampuan membaca siswa yang berbeda-beda, keterbatasan ruang disebabkan tempat yang digunakan kurang efektif karena dihalaman sekolah tidak ada atapnya, jika musim hujan kegiatan literasi membaca tidak bisa dilaksanakan.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong><em>Abstract: </em></strong><em>This study aims to determine reading literacy and constraining factors in fostering students' social attitudes. This research method is descriptive qualitative with data collection in the form of observation, interviews and documentation. The research subjects consisted of 10 students, the class teacher and the principal. Data validity test using source triangulation. Data analysis technique using interactive analysis technique. The results of this study can be concluded that schools have carried out reading literacy activities to foster students' social attitudes by reading books before starting learning for 15 minutes with reading books that have been available. while the obstacle factors of reading literacy are lack of time consistency caused by late teachers attending school, different students' reading abilities, limited space due to the place used is less effective because the school yard has no roof, if the rainy season reading literacy activities cannot be carried out.</em></p>2024-08-01T05:04:03+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1237DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN SOSIAL SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI DUKUH 01 MOJOLABAN SUKOHARJO2024-08-01T05:47:33+00:00Pandu Setyo Utomopanduutomo86@gmail.comSri Mulyatimulyatisri123@gmail.comDwi Anggraeni Siwisiwi123@gmail.com<p><strong>:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan <em>Gadget</em> pada dan untuk mengetahui dampak penggunaan <em>Gadget</em> terhadap keterampilan komunikasi dan sosial siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Dukuh 01 Mojolaban Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung dengan partisipan di lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa dan 1 guru kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Siswa menggunakan <em>gadgetnya</em> rata-rata selama 1-2 jam dan menggunakannya untuk bermain sosial media, game dan belajar. Adapaun dampak penggunaan <em>gadget</em> pada keterampilan komunikasi dan keterampilan sosial. Dampak <em>gadget</em> pada keterampilan komunikasi; Merasa malu dan minder saat bertanya dan berpendapat, berbicara dengan nada yang kurang jelas dan kurang fokus saat berkomunikasi karena pikirannya mudah teralihkan. Sedangkan dampak <em>gadget</em> pada keterampilan sosial ; Merasa malu saat berada dalam kegiatan belajar kelompok jadi siswa cenderung pasif saat berada dalam kelompok belajar, menurunnya empati siswa seperti tidak mau menjenguk ketika temannya sedang sakit dan menurunnya interaksi sosial seperti lebih suka bermain game dirumah dibanding bermain dengan teman sebayanya. </p>2024-08-01T05:07:19+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1264IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA PENDIDIKAN INKLUSI DI SD KITA BOJONEGORO2024-08-01T05:47:34+00:00Firda Zakiyatur Rofi'ahfirda@unugiri.ac.idM. Romadlon Habibullahroma@unugiri.ac.idFadhilatun Ni’mah260322@sunan-giri.ac.id<p>Abstrak: Majunya suatu bangsa terlihat pada pengelolaan Pendidikan yang ada didalamnya, termasuk kebijakan-kebijakan pemerintah terkait penyelenggaraan Pendidikan. Pendidikan merupakan hak dasar bagi seluruh warga negara Indonesia, tanpa melihat kelas sosial, ras, suku, etnis, maupun perbedaan fisik serta mental. Sekolah inklusi merupakan sekolah yang menerima peserta didik regular dengan peserta didik istimewa pada kelas yang sama. Paradigma lama mengenai Pendidikan selalu menempatkan guru sebagai pihak yang aktif di dalam kelas, melalui strategi CTL ini ingin menjadikan siswa menjadi peserta aktif. Tujuan penelitian ini untuk menggali data mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi pembelajaran CTL di SD Kita. Serta menjadikan sekolah percontohan yang menerapkan Pendidikan inklusi di Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) perencanaan strategi CTL di SD Kita diawali dengan pengelolaan indikator pembelajaran sesuai kemampuan siswa, lalu siswa diarahkan tingkah lakunya melalui Program Pembelajaran Individual (PPI) (2) pelaksanaan strategi CTL dilakukan melalui pendampingan, kelompok, berbasis tematik, karyawisata, cooperative learning, dan demonstrasi. (3) evaluasi strategi CTL menggunakan tes tulis, proyek, dan demonstrasi, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dalam PPI.</p>2024-08-01T05:10:26+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1267PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF ASSEMBLR EDU BERBASIS AUGMENTED REALITY DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS 62024-08-01T05:47:34+00:00Suttrisnosuttrisno@unugiri.ac.idNurul Mahruzah Yulianurulmahruzah@unugiri.ac.idDinar Darul Liana Putridinardarull@gmail.com<p><em>Dewasa ini, teknologi digital mengalami perkembangan yang pesat. Bukan tidak mungkin perkembangan teknologi juga masuk dalam ranah dunia pendidikan. Hal ini membuat seorang pendidik dituntut untuk bisa mengupgrade diri mengikuti perkembangan teknologi agar siswa mampu menyerap materi dengan baik melalui media pembelajaran interaktif yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Salah satu perkembangan teknologi yang dapat membantu pendidik dalam menggapai tujuan pembelajaran yaitu adanya aplikasi assemblr edu berbasis augmented reality yang dapat menampilkan materi secara 3 Dimensi untuk menunjang pengembangan sikap ilmiah sehingga dapat meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan, antara lain 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media augmented reality dalam pebelajaran IPA di kelas 6, 2) Untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media augmented reality terhadap peningkatan literasi sains siswa di kelas 6. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode R&D (Research and Development) atau penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap pengembangan yaitu analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan media interaktif assemblr edu berbasis augmented reality layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran, 2) Media interaktif assemblr edu berbasis augmented reality menghasilkan hasil yang baik dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan literasi sains siswa.</em></p>2024-08-01T05:10:02+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1297PROGRAM LITERASI MEMBACA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM FITRAH AL FIKRI2024-08-01T05:47:34+00:00Siti Nur Rasya Ramadhansitinurrasyaramadhan@gmail.comSundawati Tisnasarisundawati_tisnasari@untirta.ac.idRina Yulianarinayuliana@untirta.ac.id<p><strong>Abstrak:</strong> Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya ketertarikan kegiatan membaca di Indonesia yang menyebabkan Indonesia tertinggal jauh dari negara-negara lainnya. Ketertinggalan ini diperparah ketika tidak adanya penguatan dan persiapan yang matang di dalam lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan literasi peserta didik, mendeskripsikan tantangan dan hambatan dari program literasi, mendeskripsikan <em>output</em> dari program literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru, peserta didik kelas 5 Mina. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, obervasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pelaksanaan kegiatan literasi peserta didik dilakukan melalui 3 tahap, yang pertama tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pembelajaran. Adapun tantangan pada saat pelaksanaan program literasi timbul dari internalisasi peserta didik yaitu kurangnya tingkat kepercayaan diri saat membaca. Selain itu hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan program literasi ini yaitu kurangnya perhatian dari orang tua. Peserta didik juga sudah mampu memahami makna atau istilah, menangkap informasi, serta mampu menjelaskan makna dari istilah. Peserta didik mampu memahami bacaan tersirat atau tersurat. Peserta didik mampu membuat mengambil hikmah dari bacaan serta membuat teks menjadi cerita. Tetapi peserta didik belum mampu menilai isi teks dan menilai struktur bacaan.<br><br><strong><em>Abstract:</em></strong><em> This research is motivated by the low interest in reading activities in Indonesia which causes Indonesia to lag far behind other countries. This lag is exacerbated when there is no strengthening and thorough preparation in educational institutions. The aim of this research is to describe the process of implementing student literacy activities, describe the challenges and obstacles of the literacy program, describe the output of the literacy program. The research method used is qualitative with descriptive research type. The primary data source in this research is teachers, grade 5 students in Mina. The data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The results of this research show that the process of implementing student literacy activities is carried out through 3 stages, the first is the habituation stage, the development stage and the learning stage. The challenges during the implementation of the literacy program arise from students' internalization, namely a lack of self-confidence when reading. Apart from that, the obstacle that occurs in implementing this literacy program is the lack of attention from parents. Students are also able to understand the meaning or terms, capture information, and be able to explain the meaning of terms. Students are able to understand implicit or explicit reading. Students are able to take lessons from reading and make the text into a story. But students are not yet able to assess the content of the text and assess the structure of the reading.</em></p>2024-08-01T05:13:38+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1358ANALISIS PERSEPSI PENDIDIKAN DI DAERAH 3T2024-08-01T05:47:35+00:00Maria Eni Wahyunimariaenifsgm@gmail.comEny Winartienywinarti@gmail.com<p>Artikel ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pendidikan di daerah 3T. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SD Santo Yosef Sioban Mentawai pada Agustus sampai November 2023. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yakni pendidik, orang tua peserta didik dan peserta didik kelas 5 SD Santo Yosef Sioban Mentawai. Sedangkan objek dalam penelitian ini yakni persepsi pendidikan di daerah 3T. Keabsahan data diperiksa menggunakan triangulasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis secara kualitatif Miles & Huberman yakni mengumpulkan suatu data, reduksi suatu data, menyajikan suatu data dan menarik kesimpulan. Hasil atau kesimpulannya yakni persepsi pendidikan di daerah 3T memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan peserta didik. Hal ini dibuktikan dari: <sup>1) </sup>kreativitas pendidik dalam mengajar, <sup>2) </sup>kerjasama orang tua peserta didik untuk perkembangan anak-anak mereka, dan<sup>3)</sup> minat peserta didik dalam belajar untuk menggapai cita-cita.</p>2024-08-01T05:14:47+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1362PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN KIYARAN2024-08-01T05:47:35+00:00Dian Aprelia Rukmidian28rukmi@gmail.comSiti Rochmiyatirochmiyati_atik@ustjogja.ac.id<p><em>This research aims to determine the effect of implementing learning using the role playing method on students' speaking skills in Indonesian language lesson content. The type of research used is Classroom Action Research (PTK). This research applies planning, learning and evaluation activities until learning results are known. Data collection techniques were carried out using observation, interviews and tests. The subjects in this research were class V of SDN Kiyaran 2 for the 2023/2024 academic year. The research results show that the application of the role playing method has a positive impact on students' speaking skills. This is shown by the increase in the value of students' speaking skills in the initial condition of 59.71, increasing in cycle I to 70.14 and in cycle II it increased to 81.86. Apart from influencing speaking skills, the application of the role playing method also influences student learning outcomes. This can be seen from the average value in the initial condition of 60.71, increasing in cycle I to 79.29 and in cycle II to 87.43.</em></p>2024-08-01T05:16:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1413IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI KELAS 4B SD NEGERI 01 KOTA JAMBI2024-08-01T05:47:35+00:00Fajriati Syahnurfajriatisy09@gmail.comCyntia Suci Satryanticyntiasucisatryanti09@gmail.comAfredo Jetian PratamaAfredojp131@gmail.comHeni Pawita Kusumahenipawita8507@gmail.comDebbie Gibsondebbiegbs2000@gmail.com<p>Dalam implementasi profil pelajar pancasila yang kaitannya langsung dalam kurikulum merdeka belajar ada beberapa penerapan yang di lakukan oleh guru terutama di kelas 4B Sekolah Dasar Negeri 01 Kota jambi, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan metode observasi dan studi kasus. Sumber data dari penelitian ini adalah Guru Kelas dan Peserta didik Di kelas 4B. Lalu, data sekunder dari penelitian ini didukung dari dokumen sekolah yang berkaitan dengan Implementasi profil pelajar Pancasila. Adapun implementasikan profil pelajar pancasila yang berkaitan langsung dalam kurikulum merdeka belajar, Yang penulis temukan di Kelas 4B Sekolah Dasar Negeri 01 Kota jambi adalah : Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Gotong royong, Mandiri, Kreatif, Bernalar kritis. Pemerintah Indonesia meluncurkan Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada peserta didik serta lembaga pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran. Kurikulum ini dirancang untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, memperkuat karakter, dan mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan masa depan. Profil Pelajar Pancasila adalah bagian integral dari Kurikulum Merdeka dan mencerminkan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia.</p>2024-08-01T05:16:39+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1422META ANALISIS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR2024-08-01T05:47:35+00:00Nyoman Ayu Putri Lestariputri.lestari@triatmamulya.ac.idNi Ketut Suarniniketut.suarni@undiksha.ac.idI Gede Margunayasaigede.margunayasa@undiksha.ac.id<p><em>The learning model in the Independent Curriculum adopts various learning models, one of which is Project-Based Learning (PjBL), emphasizing project-based learning. However, the reality is that students' achievement in self-directed learning and critical thinking skills is still considered low. Therefore, it is hoped that the implementation of the PjBL learning model can enhance students' self-directed learning and critical thinking skills in education. Hence, this research aims to assess the impact of PjBL on students' self-directed learning and critical thinking skills. Through a descriptive research method, an analysis was conducted on 20 similar journals to evaluate the effects of implementing PjBL on students' self-directed learning and critical thinking skills. The analysis revealed an effect size value of 1.063, as per Cohen's interpretation table, confirming that the Project-Based Learning Model significantly influences the enhancement of students' self-directed learning and critical thinking skills in elementary school.</em></p>2024-08-01T05:17:26+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1462EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR2024-08-01T05:47:35+00:00Diki Akmal Wildan072823021@student.unpak.ac.idSiti Suningsihsiti243@gmail.comDidit Ardiantodidit324@gmail.comM. Zainal Arifinzainal324@gmail.com<p>Pembelajaran matematika dianggap kurang disukai oleh para siswa. Karena sebagian besar siswa menganggap matematika itu sangat abstrak. Dan tentu ini menjadikan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kemampuan matematis siswa. Mengenai permasalahan matematika yang jauh dari realitas, tentu merupakan anggapan yang salah, dimana matematika ini bisa</p> <p> </p> <p>dipadukan dengan berbagai konten pembelajaran, dan salah satunya melalui budaya atau kearifan lokal. Terlebih sebagaimana diketahui Indonesia memiliki budaya yang sangat kaya dan sudah seharusnya setiap guru memasukkan nilai-nilai budaya setempat ke dalam pembelajaran matematika, agar matematika tidak dianggap sebagai ilmu penge-tahuan yang jauh dari realitas kehidupan. Metode penelitian menggunakan metode SLR (Systematic Literatur Review), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas penggunaan etnomatematika terhadap kemampuan matematis siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan pencarian di mesin pencari seperti publish or perish dan google schoolar, bentuk artikel yang diambil ialah terkait pada penelitian serupa untuk selanjutnya dikaji dan diambil manfaatnya. Artikel yang digunakan ini terdiri dari 10 artikel jurnal nasional yang diperoleh dari database google scholar dan telah melewati kriteria yang ditentukan peneliti dalam kurun waktu 2019- 2023. Hasil dari penelitian ini ialah penggunaan etnomatematika dalam peningkatan pemahaman matematis siswa yang ditinjau dari ke-10 hasil artikel menyebutkan semua jawaban artikel merekomendasikan penggunaan etnomatematika sebagai unsur dari pembelajaran yang terintegrasi karena terdapat pemahaman konsep matematis, kearifan lokal, budaya dsb. Tentu sebagian juga merekomendasikan pengembangan penelitian lebih lanjut dikarenakan pentingnya penggunaan etnomatematika tersebut.</p>2024-08-01T05:18:29+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/1464ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR 2024-08-01T05:47:36+00:00Clarissa Yolanitamadeerdun@gmail.comAang Ruswendi072823003@student.unpak.ac.id<p>Kesulitan belajar mencakup adanya hambatan atau rintangan dalam mencapai tujuan pembelajaran, yang dapat tercermin dalam perbedaan antara harapan dan kinerja akademik siswa. Kesulitan belajar ini tidak hanya mempengaruhi aspek pembelajaran, tetapi juga berdampak pada pencapaian akademik secara keseluruhan di lingkungan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR <em>(Systematic Literature Review).</em> Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel terkait kesulitan belajar matematika di SD dalam kurun waktu 2018–2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 10 artikel jurnal nasional terakreditasi yang diperoleh dari Google Schoolar menggunakan aplikasi <em>Publish or Perish</em> (PoP). Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa terdapat kesulitan siswa dalam belajar matematika yang dapat dibedakan ke dalam tiga kelompok kesuliatan yaitu <em>Learning Obstacle, Epistemological obstacle</em> dan <em>Didactical obstacle. </em></p>2024-08-01T05:23:14+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata