https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/issue/feed Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 2025-05-03T00:39:11+00:00 Ahmad Yani jpdfpgsdunmuhkupang@gmail.com Open Journal Systems <p>The Flobamorata Basic Education Journal (JPDF) is published by the Primary School Teacher Education Study Program (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University Kupang, intended as a medium of information, communication and forum for discussion of knowledge, especially those related to education and teaching of Basic Education from various aspect. This journal contains scientific publication articles based on research results in the field of Basic Education. In accordance with Republic of Indonesia Government Regulation no. 47 of 2008 concerning Compulsory Education, Basic Education is the level of education that underlies secondary education, in the form of Elementary School (SD) and Madrasah Ibtidaiyah (MI) or other equivalent forms. The editors invite writers, especially educational staff, educational practitioners, scientists and those interested in education and teaching, especially basic education teaching, to share their ideas and study results as well as communicate their scientific findings in this forum to other academic members and the wider community.</p> <p>JPDF has been nationally accredited with rank 3 through the Decree of the Director General of Higher Education, Research and Technology Number <strong><a href="https://arjuna.kemdikbud.go.id/#/pengumuman/688" target="_blank" rel="noopener">10/C/C3/DT.05.00/2025,</a></strong> dated 21 Mei 2025. Starting from the 2024 edition, JPDF will publish four editions per year (<strong>February, May, August and November</strong>).</p> https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2037 Pengaruh Penerapan Metode Resitasi Berbasis Read Challenge Terhadap Kemampuan Membaca Lanjutan Siswa Kelas 3 Sanggar Bimbingan ‘Aisyiyah Pandan Di Malaysia 2025-05-03T00:29:21+00:00 Belva Icasia Harahap belvaicasiaharahap@gmail.com Mandra Saragih mandrasaragih@umsu.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan metode resitasi berbasis read challenge terhadap kemampuan membaca lanjutan yang dikhususkan pada kemampuan membaca instensif siswa kelas 3. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 10 orang siswa kelas 3 pada Sanggar Bimbingan ‘Aisyiyah Pandan yang berlokasi di Malaysia. Instrumen penelitian berupa tes unjuk kerja (performance test) untuk menilai lima aspek kemampuan membaca intensif siswa yang mencakup pemahaman bacaan, kemampuan mengidentifikasi gagasan utama, kemampuan menyimpulkan bacaan, analisis hubungan sebab akibat serta kemampuan menceritakan kembali isi bacaan. Hasil analisis pretest dan posttest menunjukkan peningkatan yang signifikan dari nilai rata-rata pretest 60.0 menjadi 90.0 pada posttest, dengan penurunan standar deviasi dari 19.6 menjadi 8.8. Hasil uji normalitas data menunjukkan terdistribusi normal dan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi dua sisi (2-tailed) sebesar 0.000 &lt; 0.05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Selanjutnya, hasil perhitungan effect size menggunakan Cohen's d memperoleh nilai 1.75 (d &gt; 1), yang termasuk dalam kategori pengaruh sangat besar, mengindikasikan bahwa penerapan metode resitasi berbasis read challenge memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca lanjutan siswa kelas 3 SBA Pandan, khususnya pada aspek membaca intensif. Hasil-hasil ini membuktikan bahwa metode resitasi berbasis read challenge berpengaruh terhadap kemampuan membaca lanjutan siswa kelas 3 SBA Pandan Malaysia.</p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2038 Implementasi E-Book Zona Pernapasan Berbasis Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar 2025-05-03T00:29:22+00:00 Shofiyana Ramdani 202133166@std.umk.ac.id Sekar Dwi Ardianti sekar.dwi.ardianti@umk.ac.id Yuni Ratnasari yuni.ratnasari@umk.ac.id <p>Penelitian ditujukan untuk menganalisis perbedaan rata-rata hasil belajar IPAS sebelum dan setelah penerapan <em>e-book</em> zona pernapasan yang berbasis <em>inquiry</em>. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif, menggunakan desain penelitian <em>pre-experimental</em> pada model <em>one-group pretest-posttest</em>. Fokus terhadap populasi pada penelitian adalah siswa kelas V di SD N Pulorejo 01 Pati. Diterapkan teknik sampling jenuh pada penelitian ini, yang berarti semua 15 siswa dari kelas V SD Negeri Pulorejo 01 Pati dilibatkan dalam sampel. Berbagai metode pengumpulan data, termasuk tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan informasi mendetail yang diperlukan. Analisis pengelolaan data menggunakan model uji prasyarat dengan uji normalitas serta uji hipotesis melalui uji t berpasangan. Hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan rata-rata dengan nilai sig. 0,000 &lt; 0,05 baik dalam pemahaman IPAS dan keterampilan proses, dapat dipahami untuk menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam setelah menerapkan <em>e-book</em> zona pernapasan berbasis <em>inquiry</em>.</p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2041 Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Literasi Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas V SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya 2025-05-03T00:29:23+00:00 Desshienta Nur Azizah Yuan Chojie aisgituloh@gmail.com Ira Eko Retnosari ira@unipasby.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana paradigma pembelajaran </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Two Stay Two Stray</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (TSTS) mempengaruhi kemampuan literasi menulis teks eksplanasi siswa kelas V. Metode analisis data penelitian ini menggunakan uji hipotesis, uji homogenitas, dan uji normalitas sebagai penguat. Dengan menggunakan desain penelitian </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">true eksperimental design</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tenggilis Mejoyo I di Surabaya yang berjumlah 58 siswa. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">pengambilan sampel secara acak</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (random sampling ) dari dua kelas. Kelas VA yang terdiri dari 29 siswa, berperan sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas VB, yang juga terdiri dari 29 siswa, berperan sebagai kelompok kontrol. Tes esai teks eksplanasi digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen, yang menggunakan model pembelajaran TSTS, mengungkuli kelompok kontrol, yang tidak menggunakan model pembelajaran TSTS. Hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang cukup besar antara nilai rata-rata kedua kelompok, dengan nilai signifikansi 0,001 &lt; 0,05. Berdasarkan temuan ini, kami dapat menyimpulkan bahwa Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi menulis siswa kelas V dipengaruhi oleh paradigma pembelajaran TSTS.</span></span></p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2045 Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbasis TPACK Terhadap Hasil Kognitif Peserta Didik di Sekolah Dasar 2025-05-03T00:29:24+00:00 Dellia Putri Antono delliap724@gmail.com Yulina Ismiyanti yulinaismiyanti@unissula.ac.id Muhamad Afandi mafandi@unissula.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan <em>Culturally Responsive Teaching</em> (CRT) berbasis TPaCK dalam meningkatkan hasil kognitif peserta didik sekolah dasar pada materi interaksi sosial. Masalah utama yang diidentifikkasi dalam penelitian ini adalah kurangnya guru dalam mempertimbangkan latar belakang budaya peserta didik dalam proses pembelajaran serta minimnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode <em>pre-eksperimental design</em> <em>one grup pre test</em> dan <em>post test</em>. Sampel penelitian terdiri dari 28 peserta didik kelas IV B SDN Genuksari 02. Data dikumpulkan melalui tes uraian <em>pre test</em> dan <em>post test</em> yang dianalisis menggunakan uji statistic <em>paired sample t-test</em> dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CRT berbasis TPaCK berpengaruh signifikan terhadap hasil kognitif peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji <em>paired sample t-test</em> yang memperoleh skor 0,000 kurang dari 0,05 dan dibuktikan dengan hasil uji gain ternormalisasi sebsar 0,53 menunjukkan bahwa peningkatan yang terjadi berada dalam kategori sedang. Dengan demikian, pendekatan ini terbukti efektif berpengaruh dalam meningkatkan hasil kognitif peserta didik dengan mengintegrasikan aspek budaya serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.</p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2053 Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pembelajaran IPS: Studi Kasus Guru SDN Inpres Wora Dalam 2025-05-03T00:29:25+00:00 Arfaton Arfaton arfaton.2023@student.uny.ac.id Surya Arafah surya24004@mail.unpad.ac.id Mhd Asrian Syah mhdasrian.2023@student.uny.ac.id Wijayadi Wijayadi wijayadi.2023@student.uny.ac.id <p>Minimnya integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran IPS di SDN berdampak pada rendahnya pemahaman siswa terhadap budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru dalam implementasi nilai-nilai kearifan lokal pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Wora Dalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan lima guru sebagai informan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai kearifan lokal, seperti gotong royong, tanggung jawab, sopan santun, toleransi, dan cinta lingkungan, dalam pembelajaran IPS menciptakan proses belajar yang kontekstual, relevan, dan bermakna bagi siswa. Strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai kearifan lokal, yaitu: penggunaan cerita rakyat, proyek berbasis budaya, dan media visual. Dampak positif dari penerapan ini, siswa jadi lebih antusias dalam belajar, pembentukan karakter positif bagi siswa, dan meningkatkan rasa bangga pada budaya lokal mereka sendiri. Selain itu, pendekatan ini juga memperkuat hubungan antara sekolah dan komunitas lokal dalam melestarikan tradisi budaya. Penelitian ini menekankan pentingnya peran guru sebagai fasilitator pembelajaran berbasis kearifan lokal serta perlunya dukungan kebijakan pembelajaran untuk keberlanjutan program ini. Pembelajaran berbasis kearifan lokal memberikan berkontribusi pada upaya untuk menjaga dan merawat budaya lokal, serta mempersiapkan siswa sekolah dasar menjadi pribadi berkarakter sehingga mampu menghadapi hambatan dunia tanpa kehilangan identitas budaya mereka. &nbsp;</p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2055 Pengembangan Media Smart Komik Berbasis AR Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SD Negeri Podorejo 01 2025-05-03T00:29:27+00:00 Dian Nur Rahmawati diannr@students.unnes.ac.id Ali Sunarso alisunarso@mail.unnes.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dan kurangnya inovasi media pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar muatan pelajaran IPAS kelas V SD Negeri Podorejo 01. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, menguji kelayakan, dan keefektifan dari media Smart Komik berbasis AR pada materi rantai makanan kelas V SD Negeri Podorejo 01. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 1 ahli materi, 1 ahli media, 1 praktisi yaitu guru, dan&nbsp; 25 siswa kelas V sebagai subjek uji coba. Data penelitian terdiri dari beberapa sumber yaitu hasil wawancara, observasi, kuesioner, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya berdasarkan penilaian&nbsp; ahli materi dan media serta tanggapan guru dan peserta didik memiliki rata-rata 95% dengan kriteria sangat layak.Hasil Uji T-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan produk yang dikembangkan. Adapun hasil uji keefektifan penggunaan produk yang diperoleh dari peserta didik mendapatkan kriteria tinggi yaitu pada skala kecil menunjukkan hasil NGain skor&nbsp; 0,7850 dan skala besar 0,7619 atau &nbsp;0,07; dan efektif dengan persentase hasil NGain persen skala kecil yaitu 78,50% dan hasil skala besar 76,8% atau &gt;76%. Disimpulkan bahwa media pembelajaran Smart Komik berbasis AR pada materi rantai makanan layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.</p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2057 Implementasi Metode Literasi Multimodal Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar 2025-05-03T00:29:28+00:00 Mohamad Nursolikin nursolikinow@gmail.com Yulina Ismiyanti yulinaismiyanti@unissula.ac.id Sari Yustiana sari.yustiana@unissula.ac.id <p><em>Learning motivation is a crucial factor in students' academic success. However, low learning motivation remains a challenge in many elementary schools, including SD Negeri Waru, Mranggen District, Demak Regency. This study aims to analyze the implementation of the multimodal literacy method on the learning motivation of 4th-grade students. Multimodal literacy integrates various media, such as text, images, audio, and video, to create a more engaging and interactive learning experience. This research employs a qualitative approach using a case study method. Data were collected through observation, questionnaires, and documentation. Observations were conducted to assess students’ engagement in learning, while questionnaires measured motivation levels before and after implementing multimodal literacy. Documentation supported the findings with concrete evidence, such as photos, videos, and students' assignments. Data analysis followed the model of Miles, Huberman, and Saldana, with data validation ensured through source, theory, method, and time triangulation. The results indicate that the implementation of multimodal literacy significantly enhances students’ learning motivation. Students became more active, showed increased interest in learning, and displayed greater confidence in asking questions and participating in class discussions. Questionnaire data revealed a rise in learning motivation from a moderate to a high category, particularly in engagement with learning media (+31%) and participation in class discussions (+24%). Thus, multimodal literacy is proven to be an effective method for improving students’ learning motivation in elementary schools.</em></p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2059 Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru dengan Sikap Percaya Diri Siswa di SDN 2 Sentul 2025-05-03T00:29:29+00:00 Yona Anggraeni yona.anggraeni.2101516@students.um.ac.id Yohannes Kurniawan Barus yohannes.kurniawan.fip@um.ac.id Erif Ahdhianto erif.ahdhianto.fip@um.ac.id <p>Tujuan dilakukan penelitian ini yakni mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dan sikap percaya diri siswa di SDN 2 Sentul serta menganalisis bagaimana kompetensi pedagogik guru dan sikap percaya diri siswa berhubungan satu sama lain. Penelitian ini melibatkan 53 siswa kelas IV sebagai responden, dan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik total sampling. Setelah data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi. Uji korelasi Pearson digunakan dengan berbantuan <em>SPSS 25 for Windows.</em> Penelitian ini memberikan hasil bahwa 68% guru di SDN 2 Sentul memiliki kompetensi pedagogik dengan kategori sedang. Dari delapan indikator yang diukur, perencanaan pembelajaran memiliki skor tertinggi, sedangkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran memiliki skor terendah. Sementara itu, sikap percaya diri siswa juga berada dalam kategori sedang dengan persentase 58%, dengan indikator keyakinan diri memiliki skor tertinggi, dan indikator ketahanan diri memiliki skor terendah. Menurut hasil analisis korelasi, ada hubungan yang signifikan antara kemampuan kompetensi pedagogik guru mengajar dengan sikap percaya diri (r = 0,725, p &lt; 0,05). Ini menunjukkan bahwa kemampuan guru yang lebih baik meningkatkan sikap percaya diri siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik dan menerapkan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.</p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2087 Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa Kelas V SDN 1 Guyangan 2025-05-03T00:29:31+00:00 Leoninko Yesi Agustin leoninkoyesiagustin@gmail.com Dwiana Asih Wiranti wiranti@unisnu.ac.id <p>Kajian bermaksud untuk mengetahui apakah anak-anak dengan media puzzle bbisa meningkat kan kemampuan membaca dan menulis. Adapun tujuan studi ini untuk menguji pengaruh Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi akademik. Desain eksperimen yang dikenal sebagai One Group Pretest-Posttest digunakan. Informasi dikumpulkan melalui kuesioner. Sebanyak 28 siswa kelas lima dari SD N 1 Guyangan menjadi sampel penelitian. Kami menggunakan perangkat lunak statistik seperti SPSS versi 25 untuk menganalisis data kuantitatif. Di antara banyak tes yang disertakan dalam paket perangkat lunak ini adalah tes validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji-t, dan anova. Berdasarkan temuan ini, nilai posttest siswa adalah 70,7, naik dari 55,6 pada pretest. Lebih lanjut, kita dapat menolak H0 dan menerima Ha berdasarkan hasil uji-t, yang mendukung temuan penelitian (tingkat signifikansi = 0,000 &lt; 0,05). Jika tabel F menampilkan bahwa nominal F berdistribusi normal dan &gt; 0,05 (atau 90,410 &gt; 0,05), maka kedua variabel model pembelajaran TPS berhubungan dengan hasil belajar. Temuan ini memberikan lebih banyak bukti bahwa model (TPS) dapat ditingkatkan dengan menambahkan media puzzle dalam proses pengajaran aksara Jawa.</p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2089 Kajian Literasi Finansial dalam Budaya Suku Serawai sebagai Sumber Materi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar 2025-05-03T00:29:32+00:00 Yuli Amaliyah yuli_amaliyah@unib.ac.id Panut Setiono setiono.pgsd@unib.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan literasi finansial dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar dengan memanfaatkan nilai-nilai budaya lokal masyarakat Serawai di Bengkulu Selatan. Tradisi budaya seperti <em>himat</em> (hemat), <em>neman</em> (rajin), dan <em>ngawuak</em> (berbagi) diidentifikasi sebagai elemen literasi finansial yang relevan untuk pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka atau <em>library research</em>, dengan mengumpulkan data dari buku, jurnal, dokumen, dan sumber relevan lainnya. Analisis data dilakukan secara deduktif dan induktif berdasarkan relevansi nilai budaya lokal dengan konsep literasi finansial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran literasi finansial dapat diintegrasikan dengan materi IPS melalui pendekatan berbasis budaya, seperti teori konsumsi, produksi, dan tanggung jawab sosial. Selain itu, model <em>Advance Organizer</em> dapat digunakan untuk menyusun pembelajaran yang sistematis dan menarik. Kesimpulannya, pengembangan literasi finansial berbasis budaya lokal efektif untuk memberikan pengalaman belajar yang kontekstual dan meningkatkan keterampilan siswa dalam mengelola keuangan.</p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2100 Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Dalam Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar 2025-05-03T00:39:11+00:00 Minsih Minsih Min139@ums.ac.id Jodhi Navella Syahelani a510210010@student.ums.ac.id Sefina Marantika q200230070@student.ums.ac.id <p>The aim of this research is to evaluate the SAS approach to improving reading proficiency in grades three to four at SD Negeri Kecil Karangasem. This research uses a qualitative methodology, with a focus on the use of SAS techniques to improve reading comprehension among third and fourth grade Indonesian language learners at SD Negeri Keci Karangasem. This research starts from the idea that many children are less involved and motivated to read because of their low reading ability. The observation and interview findings in this research show how much the students' reading ability has increased. The observation and interview findings in this research show how much the students' reading ability has increased. It can be concluded that learning Indonesian using the SAS method can run well even though it is not completely optimal because its implementation is shown by a positive response to a fun learning strategy that makes everyone feel involved in the enthusiasm for learning. Therefore, it can be said that children in grades 3–4 of SD Negeri Kecil Karangasem can benefit from the SAS technique both in terms of reading comprehension and overall completion.<strong><em>Keywords:</em></strong> Disleksia, <em>struktural analitik sintetik </em>(SAS)</p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2101 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V Pada Topik Buku Jendela Dunia di SDN Banyu Urip VI/367 2025-05-03T00:29:34+00:00 Sinfy Miftakhun Nikma sinfytong@gmail.com Bahauddin Azmy bahauddin@unipasby.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif <em>write around</em> terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa kelas V di SDN Banyu Urip VI/367, Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi rendahnya kemahiran siswa dalam menulis teks naratif yang disebabkan oleh minimnya strategi pengajaran yang inovatif dan menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain <em>posttest-only control</em> design. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yang melibatkan 51 siswa; 31 siswa ditempatkan dalam kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif <em>write around</em>, sedangkan 20 siswa sebagai kelompok kontrol yang mendapatkan pendekatan pembelajaran tradisional konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan menulis teks naratif yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji deskriptif analitis dan inferensial dengan uji-t, serta diuji homogenitas dan normalitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen memperoleh skor post-test yang lebih tinggi (95,96) dibandingkan dengan kelompok kontrol (77,88), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p &lt; 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif <em>write around</em> berdampak signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks naratif siswa. Kesimpulan penelitian mendukung hipotesis bahwa model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan <em>write around</em> merupakan strategi yang efektif dalam mengatasi kesenjangan keterampilan menulis pada siswa, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.</p> 2025-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2105 Efektivitas Model Guided Discovery Learning Berbantuan PhET Simulations terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa SD pada Materi Perubahan Energi 2025-05-03T00:29:36+00:00 Ailsa Nova Faustina ailsa.nova.2101516@students.um.ac.id M. Anas Thohir anas.thohir.fip@um.ac.id Erif Ahdhianto erif.ahdhianto.fip@um.ac.id <p>Komplesksitas dari pembelajaran IPA membuat pembelajaran IPA ini memerlukan pemahaman konsep dan minat belajar siswa dengan baik, salah satunya yaitu perubahan energi pada kelas IV SD. Selain berguna dalam kehidupan sehari-hari, materi perubahan energi pada sekolah dasar juga menjadi landasan untuk memahami konsep yang lebih kompleks pada jenjang pendidikan kedepannya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan guna mengetahui seberapa efektif model Guided Discovery Learning berbantuan PhET Simulations terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa SD pada materi perubahan energi. Metode kuantitatif dimanfaatkan penggunaannya pada penelitian ini dan dengan desain penelitian quasi experiment design serta bentuk pretest-posttest control design. Selain itu, terdapat instrumen lembar tes dan angket yang dikerjakan oleh siswa berjumlah 53 siswa. Berlandaskan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwasanya didapati perbedaan antara model GDL berbatuan PhET Simulations dengan model Direct Instruction (DI) terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa SD pada materi perubahan energi. Dengan demikian, diimplikasikan bahwasanya didapati efektivitas dari model Guided Discovery Learning berbantua PhET Simulations terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa SD pada materi perubahan energi.</p> 2025-05-03T00:09:19+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2108 Pengaruh Pergaulan dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang 2025-05-03T00:29:37+00:00 Cikita Fadila ppg.cikitafadila00728@program.belajar.id Harsono har152@ums.ac.id Anatry Desstya ad121@ums.ac.id <p>Motivasi belajar memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pergaulan dan lingkungan belajar memengaruhi motivasi belajar siswa di SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain sensus, penelitian ini melibatkan 88 siswa kelas atas sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur kualitas pergaulan teman sebaya, kondisi lingkungan belajar, dan tingkat motivasi belajar siswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linear berganda, dan uji parsial (uji t). Temuan penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa (p &lt; 0,05). Sebaliknya, pergaulan belajar tidak memberikan pengaruh signifikan ketika diuji secara parsial (p &gt; 0,05). Meskipun demikian, ketika kedua faktor tersebut dianalisis secara simultan, kombinasi pergaulan dan lingkungan belajar terbukti berkontribusi positif dalam meningkatkan motivasi siswa. Hasil ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, baik dari aspek fisik maupun sosial, untuk mendukung semangat dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah, guru, dan orang tua dalam merancang lingkungan belajar yang lebih mendukung. Selain itu, hasil penelitian juga dapat digunakan untuk merumuskan kebijakan pendidikan yang lebih kontekstual, khususnya di tingkat sekolah dasar, guna meningkatkan motivasi belajar siswa.</p> 2025-05-03T00:10:27+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2118 Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri 25 Singkawang 2025-05-03T00:35:21+00:00 Siti Chotijah chotijah797@gmail.com Rien Anitra anitrarien@gmail.com Buyung 21.buyung@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tercapainya hasil belajar siswa dilihat dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada mata pelajaran matematika setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle; 2) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle; 3) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 25 Singkawang. Metode penelitian adalah Quasi-Experimental dengan desain One-Group-Pretest-Posttest-Design. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas V SD Negeri 25 Singkawang. Sampel penelitian diambil secara non probability sampling dengan sampel jenuh berjumlah 28 siswa kelas V. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas menggunakan excel. Pengujian hipotesis yang pertama menggunakan uji t satu sampel, hipotesis yang kedua uji N-Gain dan hipotesis yang ketiga uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata nilai siswa sebesar 84,71 mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada mata pelajaran matematika setelah diterapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle dengan nilai t satu sampel yaitu t_hitung= 6,09 &gt; t_tabel= 2,05, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima; 2) Terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan model Make A Match berbantuan media Puzzle dengan uji N-Gain sebesar 0,80 diklasifikasikan pada kategori tinggi; 3) Model pembelajaran Make A Match berbantuan media Puzzle berpengaruh besar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD dengan uji Effect Size diperoleh nilai Es = 3,69 dan kriterianya tinggi.</p> 2025-05-03T00:11:10+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2119 Analisis Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Etnomatematika Ditinjau dari Jenis Kelamin 2025-05-03T00:29:40+00:00 Meyta Vivin 24010855009@mhs.unesa.ac.id Neni Mariana nenimariana@unesa.ac.id Ganes Gunansyah ganesgunansyah@unesa.ac.id Farman farman.math@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan minat belajar siswa sekolah dasar dalam pembelajaran etnomatematika berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 23 siswa kelas enam di salah satu Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah di Kota Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang berisi sejumlah pertanyaan untuk mengukur minat belajar siswa Instumen angket berisi 20 pernyataan yang meliputi indikator-indikator minat belajar. Indikator minat belajar yang diukur meliputi rasa senang terhadap pembelajaran, ketertarikan, perhatian, keingintahuan, dan keaktifan dalam pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, yang menyajikan hasil dalam bentuk rata-rata dan persentase guna memberikan gambaran yang lebih jelas terkait minat belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam pembelajaran etnomatematika berada dalam kategori sangat tinggi. Ditinjau dari jenis kelamin, minat siswa laki laki dan perempuan juga tidak cukup jauh berbeda, laki-laki memiliki minat belajar yang sangat tinggi, sedangkan perempuan memiliki minat belajar yang tinggi. Dengan demikian, pembelajaran etnomatematika dapat menjadi alternatif yang efektif dalam menarik minat siswa untuk mempelajari matematika.</p> 2025-05-03T00:11:58+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2124 Pengembangan Video Interaktif Berbasis Edpuzzle Pada Materi Siklus Air Di Kelas V SD Negeri 2 Riau Silip 2025-05-03T00:29:42+00:00 Welly Priaga wellypr21@gmail.com Yuanita wellypr21@gmail.com Romadon wellypr21@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan siswa yang menunjukkan perilaku yang tidak aktif dalam mencari informasi terkait materi pembelajaran yang sedang dipelajari di dalam kelas. Pada kondisi siswa yang tidak aktif tentunya akan mengakibatkan penurunan ketuntasan belajar siswa khususnya pada karakteristik materi yang membutuhkan <em>visualisasi</em> seperti materi siklus air. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video interaktif berbantuan <em>e-learning edpuzzle </em>yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efektivitas sehingga dapat mendukung siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian <em>Research and Development (R&amp;D) </em>dengan prosedur ADDIE. Pengumpulan data berupa angket, instrumen tes, dan instrumen wawancara dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif yaitu validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria valid dari ahli materi sebesar 92% (sangat valid) dan ahli media dengan rata-rata sebesar 95% (sangat valid). Produk memenuhi kriteria praktis dari hasil angket uji coba kelompok kecil, besar, dan respon guru sebesar 100% (sangat praktis). Produk juga memiliki efektivitas dengan hasil uji <em>paired sample t-test </em>dimana t<sub>hitung</sub> 22.093 &gt; t<sub>tabel</sub> 2.045 sehingga H<sub>a</sub> diterima yang berarti terdapat perbedaan ketuntasan nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan produk.</p> 2025-05-03T00:12:48+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2127 Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Tipe TANDUR terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA di SD 2025-05-03T00:29:43+00:00 Anisa Wahyu Kusumaningtyas anisakusumaningtyas1@gmail.com Candra Utama candra.utama.pasca@um.ac.id Yohannes Kurniawan Barus yohannes.kurniawan.fip@um.ac.id <p><em>The changes in the 21st century now require existing knowledge to be re-tested in this era for its relevance, such as the Quantum Learning model. This model has been widely tested on several variables. However, research discussing this model on critical thinking skills is still limited. In addition, critical thinking is a skill that must be possessed today. This study aims to determine the effect of the TANDUR type Quantum Learning model on critical thinking skills in science learning. This study uses a quantitative approach of the experimental type with a one-group pretest-posttest design. Data were collected using questions. Analysis of critical thinking skills data using a paired sample t-test. The results of the study showed a significance value of 0.000 &lt;0.05. This means that there is an effect of the TANDUR type Quantum Learning model on critical thinking skills in science learning.</em></p> 2025-05-03T00:20:01+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2182 Pengaruh Media Audiovisual Berbasis Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Medan Magnet Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar 2025-05-03T00:29:44+00:00 Indri Aningsih ndrian483@gmail.com Indianasari indianasari82@gmail.com <p>Studi ini mengkaji secara komprehensif efektivitas penggunaan media audiovisual berbasis <em>Powtoon</em> dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa kelas IV SD Negeri 01 Harjo Mulyo pada materi medan magnet. Metode penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif melalui desain penelitian kuasi-eksperimental dengan model&nbsp;kelompok kontrol non-ekuivalen. Subjek penelitian melibatkan seluruh populasi siswa kelas IV (30 peserta) yang dikelompokkan melalui teknik&nbsp;sampling jenuh. Instrumen pengukuran terdiri atas&nbsp;tes uraian 10 butir soal&nbsp;yang diadministrasikan dalam dua tahap:&nbsp;<em>pretes</em>t&nbsp;(pemetaan kemampuan awal) dan&nbsp;<em>posttest&nbsp;(evaluasi pascaintervensi).</em> Hasil analisis mengungkapkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen dengan skor rata-rata <em>posttest</em>&nbsp;77,27, secara statistik lebih unggul 34% dibandingkan dengan kelompok kontrol (57,67). Uji-t <em>independen</em> menunjukkan perbedaan bermakna (p=0,000 &lt; 0,05) yang mengonfirmasi keefektifan intervensi media <em>Powtoon</em>. Temuan penelitian membuktikan bahwa implementasi media <em>Powtoon</em> secara signifikan meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Hasil ini merekomendasikan&nbsp;integrasi media audiovisual interaktif <em>Powtoon&nbsp;</em>dalam desain pembelajaran sains sekolah dasar untuk optimalisasi hasil belajar siswa.</p> 2025-05-03T00:23:12+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2162 Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Efikasi Diri Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Panca Indra Siswa Kelas IV Sekolah Dasar 2025-05-03T00:29:45+00:00 Surayanah surayanah.fip@um.ac.id Zulaeka Setya Luky zulaeka.setya.2101516@students.um.ac.id M. Anas Thohir anas.thohir.fip@um.ac.id <p>Tujuan adanya penelitian guna mengetahui ada tidaknya pengaruh model <em>Think Pair Share</em> terhadap efikasi diri dan keterampilan berpikir kritis materi panca indra di kelas IV. Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPA di kelas masih terfokus pada hafalan materi tanpa mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari, yang menghambat efikasi diri dan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang diterapkan pada penelitian yaitu kuantitatif menggunakan desain quasi eksperimen non ekuivalen. Subjek yang diterapkan dalam penelitian melibatkan siswa kelas IVA dan IVC di SDN Bendogerit 1 berjumlah 44 siswa dalam dua kelompok meliputi eksperimen menerapkan model <em>Think Pair Share </em>dan kontrol menerapkan model konvensional. Pengumpulan data melalui angket dan tes kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA untuk meninjau pengaruh dari model belajar <em>Think Pair Share </em>terhadap efikasi diri dan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian membuktikan bahwasanya signifikansi sebesar 0,007 &lt; 0,05, akibatnya H<sub>a</sub> diterima dan H<sub>0</sub> ditolak. Sesuai hasil tersebut, maka diberikan kesimpulan adanya pengaruh model belajar <em>Think Pair Share</em> terhadap efikasi diri dan keterampilan berpikir kritis materi panca indra bagi siswa kelas IV SDN Bendogerit 1. Temuan ini mengindikasikan bahwasanya model pengajaran <em>Think Pair Share</em> dapat digunakan untuk memengaruhi efikasi diri dan keterampilan berpikir kritis secara berkesinambungan. Oleh karena itu, hendaknya semua pihak meliputi siswa, guru, maupun sekolah dapat ikut serta secara aktif dalam menerapkan model belajar kooperatif guna meningkatkan kualitas pembelajaran.</p> 2025-05-03T00:28:24+00:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata