Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf <p>The Flobamorata Basic Education Journal (JPDF) is published by the Primary School Teacher Education Study Program (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University Kupang, intended as a medium of information, communication and forum for discussion of knowledge, especially those related to education and teaching of Basic Education from various aspect. This journal contains scientific publication articles based on research results in the field of Basic Education. In accordance with Republic of Indonesia Government Regulation no. 47 of 2008 concerning Compulsory Education, Basic Education is the level of education that underlies secondary education, in the form of Elementary School (SD) and Madrasah Ibtidaiyah (MI) or other equivalent forms. The editors invite writers, especially educational staff, educational practitioners, scientists and those interested in education and teaching, especially basic education teaching, to share their ideas and study results as well as communicate their scientific findings in this forum to other academic members and the wider community.</p> <p>JPDF has been nationally accredited with rank 3 through the Decree of the Director General of Higher Education, Research and Technology Number <strong><a href="https://arjuna.kemdikbud.go.id/#/pengumuman/688" target="_blank" rel="noopener">10/C/C3/DT.05.00/2025,</a></strong> dated 21 Mei 2025. Starting from the 2024 edition, JPDF will publish four editions per year (<strong>February, May, August and November</strong>).</p> en-US jpdfpgsdunmuhkupang@gmail.com (Ahmad Yani) jpdfpgsdunmuhkupang@gmail.com (Uslan) Sat, 23 Aug 2025 04:03:50 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Inkuiri (IBL) Pada Siswa Tingkat Akhir Sekolah Dasar https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2197 <p>Penelitian ini bertujuan mengatasi rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VI SD Windu Putra yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional dan dampak <em>learning loss</em> pasca-pandemi Covid-19 dengan menerapkan model Inquiry Based Learning (IBL). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 16 siswa kelas VI. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman membaca, observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan instrumen tes divalidasi oleh ahli. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing dua pertemuan. Siklus pertama menerapkan inkuiri terstruktur, menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 60,12 (kurang) menjadi 70,81 (cukup), namun siswa masih kesulitan menyusun simpulan dan berpikir kritis. Siklus kedua menggunakan inkuiri terbimbing dengan media poster dan video audiovisual, menghasilkan peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata 83,33 (baik). Sebanyak 81,25% siswa mencapai skor di atas cukup, dengan kemampuan literasi membaca mencapai tingkat &nbsp;pemahaman kreatif. Hasil ini menegaskan efektivitas IBL dalam meningkatkan literasi membaca, dengan rekomendasi penggunaan media interaktif dan latihan kritis untuk penguatan lebih lanjut.</p> Muhamad Pahruroji, Yeti Mulyati, Denny Iskandar Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2197 Sat, 23 Aug 2025 02:32:35 +0000 Peningkatan Hasil Belajar Materi Pengukuran Volume Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Konkret di Kelas IV SD https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2200 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi siswa terhadap matematika sebagai pelajaran yang sulit, terutama pada materi pengukuran volume. Observasi awal di kelas IV SDN 002 Palembang menunjukkan sekitar 60% siswa merasa takut menjawab soal di depan kelas dan kesulitan memahami konsep karena pembelajaran masih bersifat konvensional, yakni hanya menggunakan gambar dari buku tanpa melibatkan aktivitas nyata. Kondisi ini berakibat pada rendahnya hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian yang dilakukan bertujuan mengkaji efektivitas model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media konkret terhadap peningkatan hasil belajar, pemahaman konsep, dan keaktifan siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart melalui dua siklus yang mencakup fase perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian melibatkan 37 siswa kelas IV sebagai subjek penelitian. Data diperoleh melalui observasi, tes hasil belajar, serta dokumentasi, lalu dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh gambaran hasil secara menyeluruh. Hasil penelitian mengindikasikan peningkatan rata-rata hasil belajar dari 38,24 (pra-siklus) menjadi 61,35 (siklus I), dan 77,97 (siklus II). Ketuntasan belajar klasikal mengalami kenaikan dari 16,22% (pra-siklus) menjadi 45,95% (siklus I) dan 75,68% (siklus II). Partisipasi aktif siswa pun meningkat secara signifikan dari 76% (siklus I) menjadi 89% (siklus II). Dengan demikian, penerapan model CTL berbantuan media konkret terbukti efektif dalam mendorong peningkatan hasil belajar, pemahaman konsep, dan keaktifan siswa. Penelitian yang dilakukan memberikan kontribusi nyata dalam penerapan model pembelajaran matematika yang inovatif dan kontekstual di SD.</p> Luthfiyah Khoirun Nisa, Hamdi Akhsan, Ribkoh Ribkoh Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2200 Sat, 23 Aug 2025 02:34:00 +0000 Analisis Gaya Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Negeri Bajawa https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2233 <p>Gaya belajar merupakan metode yang diterapkan secara konsisten oleh peserta didik untuk mendapatkan informasi, memproses informasi, mengingat informasi, dan menyelesaikan tugas sehingga siswa mampu menafsirkan, menerjemahkan atau mengemukakan sesuatu dengan kemampuannya sendiri setelah sesuatu itu didapati dan dimengerti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa berkebutuhan khusus pada Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bajawa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di SLB Negeri Bajawa bahwa siswa berkebutuhan khusus pada sekolah luar biasa memiliki gaya belajar yang beragam, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 25 siswa memiliki gaya belajar visual, sebanyak 20 siswa memiliki gaya belajar auditori dan 33 siswa memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil ini mejadi acuan untuk guru dan para peneliti lainnya sebagai landasan pertimbangan proses pembelajaran berkelanjutan siswa berkebutuhan khusus.</p> Dimas Qondias, Anjelina Bebhe, Jesika Anastasia Kosto Ngode Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2233 Sat, 23 Aug 2025 02:34:45 +0000 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2243 <p>Teknologi memegang peran sentral dalam pendidikan, meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan kualitas pengalaman belajar. Namun, pembelajaran muatan lokal Bahasa Cirebon masih sering menggunakan metode konvensional. Pendekatan ini memiliki keterbatasan dalam memfasilitasi pembelajaran aktif dan kreativitas siswa, sehingga berdampak pada rendahnya minat serta motivasi siswa saat belajar Bahasa Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi tingkat kegunaan Media Diajaran Basa Cerbon berdasarkan skor System Usability Scale (SUS) dari persepsi penggunanya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan metode SUS. Sebanyak 10 kuesioner disebarkan kepada responden yang telah menggunakan Media Diajaran Basa Cerbon. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Microsoft Excel, mengikuti rumus dan perhitungan SUS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Diajaran Basa Cerbon memperoleh skor rata-rata SUS sebesar 79. Angka ini mengindikasikan bahwa media tersebut memiliki nilai yang baik, dengan grade skala C dan adjective rating "Good". Media Diajaran Basa Cerbon juga termasuk dalam kategori Acceptable (Dapat Diterima), menunjukkan bahwa media ini dapat digunakan secara efektif dan mendapat penerimaan positif dari pengguna. Secara spesifik, pengguna menilai Media Diajaran Basa Cerbon mudah dipahami, mudah diakses, dan nyaman digunakan, serta merasa puas terhadap fitur-fitur yang ada di dalamnya. Implikasi dari temuan ini bahwa Media Diajaran Basa Cerbon sangat berpotensi untuk menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar Muatan Lokal Bahasa Cirebon.</p> Jaka Nurhidayat, Yunus Abidin, Dede Trie Kurniawan Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2243 Sat, 23 Aug 2025 02:35:38 +0000 Konsep Geometri Dalam Motif Tenun Tradisional Amanuban Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2250 Farida Daniel, Turmudi Turmudi, Dadang Juandi, Kusnandi Kusnandi Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2250 Sat, 23 Aug 2025 02:36:56 +0000 Pengembangan Game Ular Tangga Berbasis Genially Untuk Materi Gaya Di Sekitar Kita https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2256 <p><em>The lack of creativity in the learning media used by teachers to convey the concept of "forces around us" was the driving force for this research, specifically in the fourth grade of SD Negeri 23 Mendo Barat. The creation of reliable and practical learning media based on the snakes and ladders game Genially was the main driving force of this research. The research and development (R&amp;D) approach using the 4D model was used. A total of 25 fourth grade students became the subjects of this research. Validation of the questionnaire was administered by material experts, media experts, and the students themselves as a means of data collection. Based on the research results, this media achieved a validity level of 88% among media experts and 92% among material experts. A perfect score of 100 was obtained in the practicality test for small groups, and 98 for large groups. Therefore, it can be said that the snakes and ladders game media based on Genially is a practical and valid tool for teaching the material "forces around us".</em></p> An Nisa, Hevitria Hevitria, Muhammad Iqbal Arrosyad Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2256 Sat, 23 Aug 2025 02:38:46 +0000 Pengaruh Pengaruh Penggunaan Media Edutainment Board Game Story Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2267 Diah Fitria Anggraini, Nurul Istiq’faroh, Hendratno Hendratno Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2267 Sat, 23 Aug 2025 02:39:33 +0000 Implementasi Modul Ajar Berbasis Multiple Intelligences Pendekatan Collaborative Learning Dalam Kurikulum Merdeka https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2285 <p>Salah satu tantangan yang harus dihadapi dalam pelaksanaan kurikulum adalah bagaimana memastikan bahwa setiap peserta didik dapat belajar secara optimal sesuai dengan potensi unik yang dimiliki masing-masing individu. Modul ajar berbasis <em>multiple intelligences</em> dapat menjadi solusi rancangan pembelajaran yang dapat mengakomodasi potensi peserta didik yang beragam. Selain itu, pendekatan <em>collaborative learning</em> yang menekankan kerja sama antar peserta didik dalam memecahkan permasalahan, sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka itu sendiri dan dapat memfasilitasi beberapa aspek dalam <em>multiple intelligences</em> itu sendiri, sehingga akan dapat memaksimalkan kurikulum merdeka yang tengah diterapkan di Indonesia saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi modul ajar berbasis <em>multiple intelligences</em> dengan pendekatan <em>collaborative learning</em> dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta melihat respon peserta didik terhadap implementasi modul ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil&nbsp; penelitian, implementasi modul ajar berbasis <em>multiple intelligences</em> dengan pendekatan <em>collaborative learning</em> yang dilakukan di MI Nurul Yaqin Surabaya ini dinilai cukup baik dan efektif sebagai bentuk inovasi pembelajaran. Meski ada beberapa kendala&nbsp; seperti kesiapan peserta didik dalam hal&nbsp; pemahaman tugas serta sarana dan prasarana yang kurang maksimal, namun bisa&nbsp; diatasi karena pembelajaran menitikberatkan pada aktivitas luar ruangan dan kreativitas peserta didik. Kesimpulanya, implementasi modul ajar berbasis <em>multiple intelligences</em> dengan pendekatan <em>collaborative learning</em> ini sejalan dengan tujuan Kurikulum Merdeka dan dapat memaksimalkan potensi masing-masing peserta didik.</p> Lutfiyan Nurdianah Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2285 Sat, 23 Aug 2025 02:42:42 +0000 Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEAM Pada Proyek Making Craft With 3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2321 <p>Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPA di kelas masih terfokus pada hafalan materi tanpa mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari, yang menghambat efikasi diri serta keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk melakukan analisis implementasi pembelajaran IPA berbasis STEAM pada proyek <em>Making Craft With 3R </em>untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini mencakup guru serta siswa kelas VI SD Negeri Rejowinangun 1 Yogyakarta. Metode pengambilan data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbasis STEAM pada proyek <em>Making Craft With 3R </em>bisa menaikkan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu sebanyak 71% berada pada kategori baik dan 19% kategori sangat baik, meningkat menjadi 50% kategori baik dan 55% pada kategori sangat baik. Kreativitas siswa juga terasah terbukti dari hasil pot bunga yang memiliki banyak variasi dari segi bentuk, model, pewarnaan, serta variasi tanaman. Tindakan dimulai dengan memberi permasalahan berupa pencemaran sampah botol plastik. Siswa berdiskusi memecahkan masalah tersebut dan membuat proyek <em>making craft with 3R </em>berupa pot bunga dari sampah botol plastik. Hasil kreativitas siswa tersebut dipresentasikan di depan kelas dan dipajang di taman sekolah. Dengan pembelajaran STEAM yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat.</p> Supatmiatin Lestariningsih, Ana Fitrotun Nisa, Banun Havifah Cahyo Khosiyono, Akbar Al Masjid, Berliana Henu Cahyani Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2321 Sat, 23 Aug 2025 02:49:36 +0000 Transformasi Kultur Sekolah: Integrasi Kegiatan Menghafal Perkalian Dan Membaca Buku Non-Pelajaran Di SDI Bobawa https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2446 <p>Kondisi awal di SDI Bobawa menunjukkan adanya kebiasaan belajar yang kurang mendukung penguatan literasi dan numerasi siswa. Siswa cenderung pasif sebelum pembelajaran dimulai, minat baca masih rendah, dan kemampuan dasar berhitung belum merata. Fenomena ini mendorong perlunya transformasi kultur sekolah melalui integrasi kegiatan menghafal perkalian dan membaca buku non-pelajaran secara rutin sebelum pembelajaran dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan, perkembangan nilai karakter, manfaat, serta tantangan yang muncul selama implementasi program tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola-pola utama dalam pelaksanaan kultur sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menghafal perkalian dan membaca buku non-pelajaran secara rutin mampu menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif, meningkatkan keterlibatan siswa, serta menumbuhkan nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, kemandirian, dan empati. Peran guru sebagai pendamping sangat penting dalam keberhasilan program, namun masih terdapat hambatan seperti minat baca yang belum merata, keterbatasan bahan bacaan, dan pengaruh lingkungan sosial. Temuan ini memperkuat pentingnya evaluasi dan inovasi berkelanjutan agar transformasi kultur sekolah dapat secara optimal berkontribusi pada pembentukan karakter dan peningkatan kompetensi siswa di sekolah dasar.</p> Karolina Bhoki, Aurelia Cantika Keli Da Lopez, Rosalinda Mistika Ndaso, Maria Euphrasia Ule, Dek Ngurah Laba Laksana Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2446 Sat, 23 Aug 2025 02:56:34 +0000 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2447 Amanda Aristia, Ragil Dian Purnama Putri, Agus Kichi Hermansyah Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2447 Sat, 23 Aug 2025 03:02:24 +0000 Pengaruh Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Pemahaman Matematis Siswa Kelas V SD https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2393 <p>Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa di SDN Giriharja. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan rara-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pendekatan <em>Culturally Responsive Teaching</em> (CRT) berbantuan <em>Assemblr Edu</em>, dan (2) mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan <em>Culturally Responsive Teaching</em> (CRT) berbantuan <em>Assemblr Edu</em> terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain <em>nonequivalent control grup design</em>. Penerapan perlakuan dalam penelitian ini diterdiri dari <em>pretest</em>, empat kali perlakuan, dan <em>posttest</em>.&nbsp; Sampel penelitian berjumlah 50 orang didik yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 25 orang siswa dan kelompok kontrol 25 orang siswa.&nbsp; Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk esai sebanyak 7 butir soal essai, observasi, serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t, serta uji <em>effect size</em> dengan berbantuan <em>IBM SPSS Statistic 29.0</em>. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata signifikan kemampuan pemahaman matematis yang menggunakan pendekatan <em>Culturally Responsive Teaching</em> (CRT) berbantuan <em>Assemblr Edu</em>, dan (2) terdapat pengaruh pada penggunaan pendekatan <em>Culturally Responsive Teaching</em> (CRT) berbantuan <em>Assemblr Edu</em> dengan nilai 0,691 dalam uji <em>effect size</em> dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan <em>Culturally Responsive Teaching</em> (CRT) berbantuan <em>Assemblr Edu</em> terhadap pemahaman matematis siswa kelas V SD.</p> Bunga Yasmin Oktapianti, Siti Maryam Rohimah, Sunata Sunata Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2393 Sat, 23 Aug 2025 03:10:56 +0000 Tantangan dan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengakomodasi Keberagaman Gaya Belajar Siswa di SD Inpres Taman Jaya https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2411 <p>Praktik pembelajaran yang masih didominasi oleh pendekatan klasikal berpotensi menciptakan hambatan bagi siswa yang gaya belajarnya tidak sesuai dengan metode pengajaran yang digunakan oleh guru. Pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan masih mengalami banyak tantangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hambatan-hambatan yang perlu diatasi dan mengeksplorasi strategi-strategi pembelajaran berdiferensiasi yang telah diterapkan dan dianggap berhasil dalam mengakomodasi keberagaman gaya belajar siswa di SD Inpres Taman Jaya. Metode penelitian yang digunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pendekatan kualitatif dipilih karena bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan secara mendalam pengalaman dan perspektif guru terkait tantangan dan strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam mengakomodasi keberagaman gaya belajar siswa. Data yang di ambil meliputi wawancara dan data angket yang di isi oleh guru dan siswa. Hasil penelitian di analisis mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan yang banyak dialami oleh guru yaitu tentang variasi kebutuhan belajar siswa seperti kemampuan, minat dan gaya belajar siswa sangat beragam dengan poin 39 dengan skor interval 97,5%. Artinya banyak guru yang telah melakukan tes diagnostik untuk mengetahui gaya belajar dan kebutuhan belajar siswa. Sedangkan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dilakukan oleh semua guru yaitu penggunaan media pembelajaran seperti gambar dan alat peraga yang beragam dengan poin sebesar 36 dengan skor interval 90%. Artinya guru telah menggunakan berbagai strategi pembelajaran di dalam kelas untuk mengekomodasi keberagaman gaya belajar siswa.</p> Elsinora Mahananingtyas, Nathalia Yohana Johannes, Nulice Alerbitu, Alcytha Pascallia Heumassy, Juwanti Juwanti Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2411 Sat, 23 Aug 2025 03:17:59 +0000 Pengembangan Media Interaktif Pancasila Terintegrasi Ajaran Tri Nga https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2419 <p>Perkembangan teknologi 5.0 memberikan tantangan bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran guna mendukung pembelajaran yang efektif dan inovatif. Keterbatasan media pembelajaran mengakibatkan pembelajaran kurang interaktif dan minat belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran interaktif Pancasila terintegrasi ajaran Tri Nga. Media interaktif ini merupakan media pembelajaran daring dengan kombinasi platform <em>canva</em> dan <em>wordwall</em>. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&amp;D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kempong di kelas IV dengan jumlah siswa 16 orang. Model penelitian ADDIE yang dilakukan meliputi Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pada tahap analyze peneliti melakukan analisis kebutuhan terhadap beberapa guru mengenai pengembangan media pada pelajaran Pancasila. Tahap Design merupakan tahap perancangan media interaktif mode daring sesuai kebutuhan guru. Pada tahap development dilakukan perancangan media menjadi seatu media interaktif. Selanjutnya tahap implementation dilakukan validasi ahli materi dan media serta uji kepraktisan media. Pada tahap evaluasi dilakukan uji coba skala kecil dengan menggunakan media interaktif Pancasila. Hasil uji validitas terhadap ahli materi meggunakan angket validasi diperoleh hasil presentase 97,3% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media menggunakan angket validasi ahli diperoleh hasil presentase 86,6 dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan menggunakan angket respon guru diperoleh hasil 95% dengan kategori sangat praktis. Hasil angket respon siswa diperoleh rerata 91% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji t berpasangan menunjukkan nilai sig 0,000 &lt; 0,05. Oleh karena itu, produk media interaktif Pancasila terintegrasi ajaran Tri Nga signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai sila Pancasila. &nbsp;</p> Elfridha Joise Wahyuningtyas, Sutrisna Wibawa Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2419 Sat, 23 Aug 2025 03:23:40 +0000 Pengembangan Alat Peraga Pencernaan Manusia Berbasis ADDIE Terintegrasi Tri N Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2420 <p>Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar masih menghadapi tantangan rendahnya hasil belajar siswa, khususnya pada materi sistem pencernaan manusia. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya variasi alat peraga pembelajaran dan minimnya pemanfaatan media yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengembangan alat peraga sistem pencernaan manusia dalam Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V(lima) SD Negeri 1 Dekso. Model pengembangan yang digunakan model ADDIE yang terintegrasi nilai-nilai Tri N (Niteni, Nirokke, Nambai) sesuai ajaran Ki Hajar Dewantara dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 1 ahli media, 1 ahli materi, 1 ahli Bahasa, 1 praktisi guru kelas V dan 24 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, observasi, serta angket. Hasil dari Uji T menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan produk yang dikembangkan. Hasil uji keefektifan penggunaan produk&nbsp; mendapat kriteria sedang dengan nilai NGain 0,65 pada skala kecil dan 0,683 pada siswa dengan skala luas. Alat peraga yang dikembangkan dinyatakan sangat layak berdasarkan validasi ahli dan respon positif dari siswa serta guru. Keterlibatan siswa dalam pembuatan alat peraga juga terbukti mampu mengembangkan kreativitas dan keterampilan berprakarya. Dengan demikian, pengembangan alat peraga berbasis ADDIE terintegrasi nilai Tri N cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar&nbsp; siswa pada pembelajaran IPA di sekolah dasar.</p> Erni Rahmawati, Ana Fitrotun Nisa, Insanul Qisti Bariyyah Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2420 Sat, 23 Aug 2025 03:32:28 +0000 Pengembangan Multimedia Pembelajaran Padlet Berorientasi ESD Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2462 <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia berbasis Padlet berorientasi <em>Education for Sustainable Development</em> (ESD) untuk meningkatkan kepedulian lingkungan siswa kelas V SD Negeri 149 Palembang. Penelitian menggunakan metode <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan model ADDIE yang meliputi tahapan <em>Analysis, Design, Development, Implementation,</em> dan <em>Evaluation</em>. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 92% dari ahli media, 93% dari ahli materi, dan 98% dari praktisi. Respon siswa terhadap kepraktisan media berada pada kategori sangat baik, dengan capaian 100% pada uji individu maupun kelompok kecil. Efektivitas pembelajaran terbukti melalui perolehan N-gain sebesar 0,8 dan nilai Sig uji-T &lt; 0,0001, yang termasuk kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa multimedia berbasis Padlet berorientasi ESD tidak hanya efektif dalam meningkatkan hasil belajar, tetapi juga mampu menanamkan nilai keberlanjutan dan kepedulian lingkungan secara menyenangkan. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa integrasi teknologi interaktif berbasis ESD dapat menjadi strategi inovatif untuk pembelajaran abad ke-21, khususnya dalam membentuk karakter peduli lingkungan sejak pendidikan dasar.</p> Vivi Amalia Purnama, Dwi Cahaya Nurani, Siti Dewi Maharani, Prita Amelia Yolanda, Afifah Lisaiha Rodiyah Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2462 Sat, 23 Aug 2025 03:42:05 +0000 Pengembangan Buku Cerita Pendek Berbasis Nilai-Nilai Peribahasa Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas V https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2593 <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk menilai kelayakan sekaligus keefektifan pengembangan buku cerita pendek yang berlandaskan pada nilai-nilai peribahasa dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan <em>(Research and Development)</em> dengan mengadaptasi model <em>Four-D</em> (Thiagarajan, 1974) yang dimodifikasi, meliputi tahapan <em>Define </em>(pendefinisian), <em>Design</em> (perancangan), dan <em>Develop </em>(pengembangan). Fokus indikator literasi membaca yang diukur mencakup pemahaman fungsi tanda baca (titik, koma, tanda seru, tanda tanya, dan tanda petik), penguasaan unsur intrinsik dalam cerita pendek, serta keterampilan menganalisis makna peribahasa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 003 Tebing dengan subjek siswa kelas V. Instrumen penelitian terdiri dari wawancara, angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket respon guru, serta uji efektivitas yang dilakukan melalui <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media memperoleh rata-rata 95% dengan kategori sangat layak, sedangkan validasi ahli materi mencapai rata-rata 100% dengan kategori sangat layak. Secara keseluruhan, penilaian dari validator ahli media dan materi menghasilkan nilai rata-rata 97,5% dengan kategori sangat layak, dan respon guru memberikan nilai rata-rata 98,33% dengan kategori sangat layak. Uji efektivitas melalui perhitungan <em>N-Gain</em> menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 0,70 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, buku cerita pendek berbasis nilai-nilai peribahasa dinyatakan layak serta efektif sebagai bahan ajar &nbsp;untuk meningkatkan literasi membaca siswa sekolah dasar.</p> Juliadi Situmorang, Muhiri Muhiri, Eka Lenggang Dianasari, Rahmat Sanusi, Fitria Meilina Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2593 Sat, 23 Aug 2025 03:51:09 +0000 Pengembangan Media Video Animasi Berbantuan Games Wordwall untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2450 <p>Pembelajaran matematika di sekolah dasar menjadi kajian penting dalam membekali siswa agar memiliki kemampuan menghitung dan mengolah data.&nbsp; Tujuan penelitian ini untuk menguraikan desain pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media video animasi berbasis games wordwall untuk meningkatkan literasi dan numerasi itinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development model ADDIE melalui tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa kelas VI MI Nurul Huda Surabaya. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan desain video animasi berbantu games wordwall dikembangkan berdasarkan kebutuhan, kurikulum dan karakteristik siswa. Kevalidasn media pembelajaran oleh ahli memperoleh rata-rata diatas 80% sehingga dinyatakan sangat valid. Kepraktisan media secara teori oleh ahli menyatakan praktis dengan sedikit revisi, sedangkan secara praktik oleh respon siswa memperoleh rata-rata 4,40 sehingga sangat praktis. Keefektifan media dengan mengontrol kemampuan awal melalui uji ancova memperoleh nilai signifikasi 0,005 lebih kecil 0,05 artinya Ho ditolak sehingga literasi numerasi siswa yang menerapkan media video animasi berbantu games wordwall lebih baik daripada siswa yang tidak menerapkan media video animasi berbantu games wordwall. Sementara itu, literasi numerasi siswa dengan gaya belajar visual lebih baik dibandingkan gaya belajar auditorial dan kinestetik, dengan rata-rata skor 78,00 yang lebih tinggi dibandingkan 73,71 untuk auditorial dan 58,67 untuk kinestetik.</p> Durroh Nasihatul Ummah, Muhammad Rifqi Zamzami, Nadlir Nadlir Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/2450 Sat, 23 Aug 2025 04:00:53 +0000