ANALISIS, BENTUK, FUNGSI, MAKNA DAN NILAI CERITA RAKYAT USMAN BERKAT PADA MASYARAKAT BLAGAR KABUPATEN ALOR (KAJIAN LINGUISTIK KEBUDAYAAN)

  • Nindiyani A. Usman Program Pascasarjana Ilmu Linguistik Universitas Nusa Cendana
Keywords: cerita rakyat, linguistik kebudayaan, bentuk, fungsi, makna dan nilai

Abstract

Cerita Rakyat Usman Berkat pada Masyarakat Blagar di Kabupaten Alor  yang dikaji dari perspektif lingkungan kebudayaan. Sasaran pengkajinya mencangkup Analisis bentuk, fungsi, makna dan nilai cerita rakyat Usman Berkat pada masyarakat Blagar sebagai masalah utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data, metode studi dokumentasi, pengamatan, wawancara digunakan dalam penelitian ini. Secara operasional, metode observasi dan wawancara dapat diterapkan dalam bentuk teknik penelitian. Ada dua teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara dan simak-catat. Untuk memperoleh data yang akurat, tiga orang dipilih yang merupakan penutur asli bahasa Blagar dan salah satunya merupakan keturunan dari Ulama Jawa Le sekaligus dipilih sebagai informan kunci dan dua orangnya lagi sebagai informan pembanding. Data yang telah dikumpullkan dianalisis secara kualitatif dan deskriptif dengan menggunakan metode induksi dalam pengertian bahwa analisis bergerak dari data menuju abtrak dan konsep. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan metode informal atau naratif. Hasil peneliti ini menunjukkan bahwa dilihat dari bentuknya Cerita Rakyat Usman Berkat dikategorikan sebagai teks naratif  yang struktur atau bentuk teksnya terdiri atas lima bagian, yaitu orientasi, komplikasi, resolusi, reorientasi, dan koda. Berdasarkan hasil analisis bentuk, cerita rakyat Usman Berkat juga mengemban fungsi (hiburan, sarana religius,  sarana pendidikan dan pengontrol sosial), makna (historis, religius, didaktis dan sosiologis) dan nilai (solidaritas, religius, hidup, guna, etika dan nikmat) yang dapat dijadikan sebagai penuntun moral, pedoman rtika dalam realitas kehidupan masyarakat Blagar. Seirama dengan perkembangan arus global, yang mempengaruhi berbagai aspek kahidupan manusia, terjadi pula perubahan  sikap dan prilaku masyarakat Blagar yang cukup melenceng jauh dari norma dan nilai yang diwariskan para leluhur mereka.

 

Published
2019-08-01
How to Cite
A. Usman, N. (2019). ANALISIS, BENTUK, FUNGSI, MAKNA DAN NILAI CERITA RAKYAT USMAN BERKAT PADA MASYARAKAT BLAGAR KABUPATEN ALOR (KAJIAN LINGUISTIK KEBUDAYAAN). JURNAL LINGKO : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , 1(2), 74-86. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/lingko/article/view/106