PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KUPANG TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Nurul Fatimah Hamzah ProgramStudi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Keterampilan Berbicara, Menceritakan Kembali, Cerita Fabel, Talking Stick

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalu materi menceritakan kembali isi fable dengan model pembelajaran talkin stick pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan teknik tes yang akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran talking stick pada pelajaran bahasa Indonesia materi menceritakan kembali isi fabel dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah Kupang.

Published
2019-08-01
How to Cite
Fatimah Hamzah, N. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MATERI MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KUPANG TAHUN AJARAN 2018/2019. JURNAL LINGKO : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , 1(2), 87-97. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/lingko/article/view/107