Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Media Mind Mapping pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Xii Ipa 3 di Sma Negeri 8 Kupang

  • SOFIA MARIA AGUSTINA SEDA Sekolah Menengah Atas Negeri8 KOTA KUPANG
Keywords: Model, numbered head together, media mind mapping,Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII IPA 3 melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head TogetherdenganMedia Mind Mappingpada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 8 Kupang Tahun pelajaran2017/2018. Penelitianini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua tahapan siklus.Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan Siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam Penelitianini adalah siswa kelas XII IPA 3SMANegeri 8 Kupang yang berjumlah 34siswa. Indikator keberhasilan pada Penelitianini adalah apabila75% siswa dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75.Hasil Penelitianmenunjukkan bahwa dengan penerapanmodel pembelajaran Numbered Head Togetherdengan Media Mind Mappingdi kelas XII IPA 3 dapatterjadi peningkatan ketuntasan prestasi belajar siswa meningkatpada siklus I dengan rata-rata sebesar 76meningkat menjadi 80,58padasiklus II. Presentase ketuntasan belajar juga meningkat dari siklus I sebesar 70,58% meningkat menjadi 82,35% pada siklus II.

Published
2020-01-01
How to Cite
SEDA, S. M. A. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Media Mind Mapping pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Xii Ipa 3 di Sma Negeri 8 Kupang. JURNAL LINGKO : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , 2(1), 63-85. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/lingko/article/view/249