MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENERAPAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 8 KUPANG

  • Junita Theon Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Kota Kupang
Keywords: Menulis; Teks; Prosedur; Pendekatan; Kontektual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur dengan
pendekatan kontekstual siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Kupang, tujuan dari penelitian ini
yakni; memperoleh informasi tentang pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis
teks prosedur melalui pendekatan kontekstual pada siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik penugasan kepada
siswa dengan bentuk kerja kelompok, tes dan menulis teks prosedur. Data dalam penelitian
diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu data pretes, data tindakan (data proses penelitian, dan data hasil
penelitian). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa berjumlah 33 siswa.
Hasil tindakan menunjukkan bahwa Pembelajaran menulis keterampilan menulis teks
prosedur siswa rendah. pada tindakan siklus I, sebanyak 33 siswa, hanya 3 siswa atau presentase
(9.09%) mencapai taraf sangat mengerti dan sebanyak 14 siswa atau presentase (42.43. %) yang
berada pada taraf cukup mengerti. Sementara pada taraf kurang mengerti masih sebanyak 16 siswa
atau presentase (48.48. %) . Pada tindakan siklus II mengalami. Pada pembelajaran siklus II
menunjukan bahwa dari dari 33 siswa, sebanyak 8 siswa atau 24,25 % memperoleh nilai dengan
kategori sangat mengerti dan 25 siswa yang atau 75,75% dan tidak ada lagi siswa kategori tidak
mengerti. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa pada kegiatan siklus I pembelajaran menulis teks
prosedur dengan pendekatan kontekstual yang semula niai rata-rata hanya 75% meningkat pada
siklus tindakan II menjadi 79,94 %. Dengan demikian menunjukan bahwa dengan pembelajaran
kontekstual dapat meningkatkan kemampuan Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Kupang dalam
penerapkan ketrampilan menulis teks prosedur telah mencapai ketuntasan belajar.

Published
2020-08-01
How to Cite
Theon, J. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENERAPAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 8 KUPANG. JURNAL LINGKO : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , 2(2), 1-21. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/lingko/article/view/314