UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK COOPERATIVE SCRIPT DAN TEKNIK KREASI MUSIK KONTEMPORER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 8 KUPANG

  • Barthoolomeus Kia Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Kota Kupang
Keywords: Meningkatkan; Keaktifan; Peserta Didik; Model Cooperative Script

Abstract

Penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kaalitatif yang menggunakan Model dua siklus
atau lebih yang setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan,
tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA 2
SMA Negeri 8 Kupang dengan jumlah peserta didik 34 orang.
Berdasarkan analisis diketahui bahawa hasil yang diperoleh dari pelaksanaan tingkat
partisipasi peserta didik rata- rata dalam proses pembelajaran adalah 9,3 % dengan konsentrasi
peserta didik yang terlibat tidak aktif 18,6%, yang cukup aktif 74,42% yang sangat aktif. Siklus 2
pertemuan 2 menunjukkan partisipasi peserta didik rata- rata dalam proses pembelajaran adalah
0.00% atau peserta yang tidak aktif tidak ada lagi, dan konsentrasi peserta didik yang terlibat
cukup aktif 11,76%, dan 88,24 % yang sangat aktif dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
partisipasi peserta didik telah mencapai 100% Maka disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan model Cooperative Script dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dan
meningkatkan prestasi belajar khususnya materi kingdom plantae pada kelas XII IPA 2 SMA
Negeri 8 Kupang.

Published
2020-08-01
How to Cite
Kia, B. (2020). UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK COOPERATIVE SCRIPT DAN TEKNIK KREASI MUSIK KONTEMPORER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 8 KUPANG. JURNAL LINGKO : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , 2(2), 55-75. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/lingko/article/view/321