Reduplikasi Analisis Reduplikasi Morfemis dalam Injil Lukas Kitap Suci Agama Katolik Berbahasa Manggarai

  • Charles Jerama Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Muhammad Ridwan H. Umar Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Reduplikasi Morfemis, Injil Lukas, Bahasa Manggarai.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan reduplikasi morfemis dalam Injil Lukas Kitab Suci Agama Katolik berbahasa Manggarai. Berdasarkan hasil analsis terdapat beberapa bentuk reduplikasi morfemis yakni 1. reduplikasi seluruh, 2. reduplikasi penambahan bunyi, 3. reduplikasi pelesapan bunyi, 4. reduplikasi semu dan 5. reduplikasi perubahan bunyi .

Dari bentuk reduplikasi terdapat beberapa makna reduplikasi yang dihasilkan yakni: 1. Menyatakan makna ‘banyak’ berhubungan dengan bentuk dasar. 2. makna ‘banyak’ yang tidak berhubungan dengan bentuk dasar, melainkan berhubungan dengan kata yang “diterangkan”. 3. hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang disebut pada bentuk dasar, dan 4. makna yang sebenarnya tidak mnengubah arti bentuk dasarnya, melainkan hanya menyatakan intensitas perasaan.

Published
2019-01-01
How to Cite
Jerama, C., & Ridwan H. Umar, M. (2019). Reduplikasi Analisis Reduplikasi Morfemis dalam Injil Lukas Kitap Suci Agama Katolik Berbahasa Manggarai. JURNAL LINGKO : PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , 1(1), 1-10. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/lingko/article/view/81