ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MAN 3 KERINCI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada sekolah MAN 3 Kerinci tepatnya di kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 3 Kerinci. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kemampuan komunikasi peserta didik tergolong sedang. Peserta didik dengan kategori tinggi hanya mampu menguasai 2 indikator, kategori sedang 1 indikator dan kategori rendah 0 indikator
References
Haryani, D., Amelia, F., & Yulia, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Stad Dan Tgt Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Mts Usb Sagulung Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).
Munthe, V. F., & Karim, A. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1).
Octaviani, E., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMA. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 32-38.
Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Yulia, P., & Luqman, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Tipe Visual Auditory Kinesthetic (Vak) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswakelas Vii Smp Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).
Yulia, P., Riskayani, M., & Erita, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 257-266.