KEMAMPUAN MAHASISWA PGMI DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI STATISTIKA

  • Nor Asyriah STAI Darul Ulum Kandangan

Abstract

Abstrak

Kemampuan peserta didik perlu terus ditingkatkan untuk mengembangkan keterampilan berfikir dan mampu bersaing. Salah satu upaya  yang bisa dilakukan adalah dengan melatih peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan matematika pada tingkat HOTS.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi statistika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 10 mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan Semester IV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Dan analisis data dengan melihat kesesuaian jawaban subjek dengan indikator ketercapaian soal dengan kemampuan HOTS. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahapeserta didik PGMI dalam menyelesaikan soal HOTS materi statistika masih rendah. Hal ini dilihat dari kemampuan mahapeserta didik yang belum mampu memenuhi indikator butir soal yang sudah ditentukan, dimana 40% dapat mencapai dua indikator, 40 % hanya mencapai satu indikator, dan 20% tidak mencapai indikator yang telah ditentukan. Mahasiswa masih kesulitan menyelesaikan soal dan permasalahan yang disajikan.

 

Kata Kunci: Kemampuan; HOTS; Statistika

References

Ariyansyah, A. (2018). Penerapan Beberapa Keterampilan Abad 21 Melalui Metode Kuliah Lapangan (Field Trip) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Taksonomi Tumbuhan Tingkat Rendah. Oryza ( Jurnal Pendidikan Biologi ), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.33627/oz.v7i1.11
Astuti, N., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS ( Higher Order Thinking Skill ). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 415–426. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2741
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597
Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197
Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Handayani, F., & Syukur, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (Hots) Di Ma Negeri 1 Watansoppeng. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(2), 127–135. https://ojs.unm.ac.id/jser/article/view/26569
Hidayati, D. N., Sulistyani, N., & Pantiwati, Y. (2020). Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita Matematika HOTS berdasarkan Teori Newman pada siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12448
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Capaian Nasional: Laporan Hasil Ujian Nasional 2019. https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&T&1&!1!&
Krathwohl, A. and. (2002). ( A REVISION OF BLOOM ’ S TAXONOMY ) Sumber. Theory into Practice, 41(4), 212–219.
Kusuma, M. D., Rosidin, U., Abdurrahman, A., & Suyatna, A. (2017). The Development of Higher Order Thinking Skill (Hots) Instrument Assessment In Physics Study. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 26–32. https://doi.org/10.9790/7388-0701052632
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 1(1), 29–40.
Misrom, N. S., Abdurrahman, M. S., Abdullah, A. H., Osman, S., Hamzah, M. H., & Fauzan, A. (2020). Enhancing students’ higher-order thinking skills (HOTS) through an inductive reasoning strategy using geogebra. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(3), 156–179. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.9839
Pratiwi, C. D. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots (High Order Thinking Skills) Pada Tingkatan C6. Didaktik, 6(3), 287–295.
Purwanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal IPA Tipe HOTS. Jipva, 4, 93–101. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva
Sabariman. (2021). Pemberian Soal HOTS Tingkatkan Kemampuan Berfikir Siswa. https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2021/03/19/pemberian-soal-hots-tingkatkan-kemampuan-berpikir-siswa/
Schleicher. (2019). Insights and Interpretations. OECD. Oecd, 3–62.
Setiawan, A., Malik, A., Suhandi, A., & Permanasari, A. (2018). Effect of Higher Order Thinking Laboratory on the Improvement of Critical and Creative Thinking Skills. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012008
Suswandari, M. (2018). Selayang Pandang Implikasi Aliran Pendidikan Klasik. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 33. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.14
Tajudin, N. M., & Chinnappan, M. (2016). The link between higher order thinking skills, representation and concepts in enhancing TIMSS tasks. International Journal of Instruction, 9(2), 199–214. https://doi.org/10.12973/iji.2016.9214a
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78
Wahyuningsih, Y., Rachmawati, I., Setiawan, A., & Ngazizah, N. (2019). Hots (high order thinking skills) dan kaitannya dengan keterampilan generik sains dalam pembelajaran ipa sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK), 227–234. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/11203
Widana, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH), 2(1), 24–32. https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.74
Published
2023-12-05
How to Cite
Nor Asyriah. (2023). KEMAMPUAN MAHASISWA PGMI DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI STATISTIKA. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 4(2), 623-632. https://doi.org/10.59098/mega.v4i2.1325