ANALISIS STATISTIKA KUANTITATIF PERKEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZ MAHASIWA KEPERAWATAN UMT TAHUN 2023

  • rukmono universitas muhammadiyah tangerang
Keywords: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yakni analisis data tahfidz mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) tahun 2023 secara statistika. Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah untuk melihat perkembalngan tahfidz mahasiswa keperawatan UMT sejauh ini. Program tahfidz mahasiswa UMT telah dilakukan sejak tahun 2021 atau sudah sekitar 2 tahun. Dari perjalanan program ini perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis perjalanan program ini. Harapan kami, dengan adanya penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi Lembaga Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) , sebuah lembaga di UMT yang  bertanggung-Jawab akan program tahfidz ini dalam mengevaluasi program ini demi perkembangan yang lebih baik ke depannya. Pemilihan mahasiswa keperawatan dalam penelitian ini dikarenakan jumlah mahasiswa keperawatan cukup banyak dalam melakukan tahfidz, berdasarkan hal tersebut dipilihlah data dari mahasiswa keperawatan. Data yang digunakan menggunakan data dari AIK yakni laporan tahfidz mahasiswa UMT pecan 84 sampai 88. Data diolah secara statistika kuantitatif yakni mengubah data menjadi bentuk grafik untuk dapat dianalisis perkembangan tahfidznya.Grafik menunjukkan bahwa bebrapa mahasiswa keperawatan UMT memiliki tren tahfidz naik, turun dan kombinasi. Lebih lanjut, dalam penelitian ini disajikan persentase perkembangan tahfidz mahasiswa keperawatan UMT yang hasilnya menunjukkan bahwa persentase perkembangan tahfidz mahasiswa UMT terdiri dari 0%, 28,57%,42,85%, dan 71,42%, dengan nama-nama mahasiswa dengan presentase tahfidz tersebut dapat dilihat dalam bagian pembahasan dari paper ini   Kata kunci: Statistika, Kuantitatif, Perkembangan, Tahfidz, Keperawatan.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yakni analisis data tahfidz mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) tahun 2023 secara statistika. Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah untuk melihat perkembalngan tahfidz mahasiswa keperawatan UMT sejauh ini. Program tahfidz mahasiswa UMT telah dilakukan sejak tahun 2021 atau sudah sekitar 2 tahun. Dari perjalanan program ini perlu dilakukan penelitian untuk menganalisis perjalanan program ini. Harapan kami, dengan adanya penelitian ini dapat menjadi pedoman bagi Lembaga Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) , sebuah lembaga di UMT yang  bertanggung-Jawab akan program tahfidz ini dalam mengevaluasi program ini demi perkembangan yang lebih baik ke depannya. Pemilihan mahasiswa keperawatan dalam penelitian ini dikarenakan jumlah mahasiswa keperawatan cukup banyak dalam melakukan tahfidz, berdasarkan hal tersebut dipilihlah data dari mahasiswa keperawatan. Data yang digunakan menggunakan data dari AIK yakni laporan tahfidz mahasiswa UMT pecan 84 sampai 88. Data diolah secara statistika kuantitatif yakni mengubah data menjadi bentuk grafik untuk dapat dianalisis perkembangan tahfidznya.Grafik menunjukkan bahwa bebrapa mahasiswa keperawatan UMT memiliki tren tahfidz naik, turun dan kombinasi. Lebih lanjut, dalam penelitian ini disajikan persentase perkembangan tahfidz mahasiswa keperawatan UMT yang hasilnya menunjukkan bahwa persentase perkembangan tahfidz mahasiswa UMT terdiri dari 0%, 28,57%,42,85%, dan 71,42%, dengan nama-nama mahasiswa dengan presentase tahfidz tersebut dapat dilihat dalam bagian pembahasan dari paper ini

 

Kata kunci: Statistika, Kuantitatif, Perkembangan, Tahfidz, Keperawatan.

References

Andari, D. (2013). Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar fisika SMP Nurul Islam.http://lib.unnes.ac.id/17899/1/4201408061.pdf. diakses 21 Januari 2019.

Aziz (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
SMP Negeri 1 Kapontori . Jurnal Square 3(2), 81-97.

Firmansyah, I. (2010). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa
SMA Triguna Utama Ciputat [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://www.academia.edu/34297758.

Gusniwati, M. (2015).Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap
Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. JurnalFormatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41.https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165.

Heryanto, N. & Dkk, 2013. Statistika Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Maslikhan. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Sederhana
Melalui Penggunaan Media Manipulatif Pada Siswa Kelas I-B MI Mamba’ul Ulum Bedanten Bungah Gresik (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noor, Laila, Atini., & Ali, Mahmudi. (2016).Keefektifan Cooperative LearningCRH dan NHT
Ditinjau dari Sikap dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Pythagoras Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 160-168
Pramadita, A. A., Mashuri, &R,Arifudin. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Course
Review Horray terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa. Journal of Mathematics Education,2(2), 34-39

Ramlah., Dani,Firmansyah.,& Hamzah Zubair. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan
Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68-75.

Rukmono. (2022). Analisis Perkembangan Tahfidz Civitas Akademika Universitas
Muhammadiyah Tangerang Berdasarkan Laporan Periode Juli-Oktober 2022. Jurnal
Tadris Tarbawy, 4(2), 110-119

Rosida, V. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
Kelas VII2 SMP Negeri 1 Makassar. Jurnal Sains mat, 4(2), 87–101. https://doi.org/10.35580/sainsmat4218362015

Solehkhah, I., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based
Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SD. Jurnal Didakrika Dwija Indria, 6(2), 1-7

Sudjana, 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode penelitian Manajemen. Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi,
tindakan kelas dan evaluasi. Bandung: Alafabeta., pp. 3.

Unengan, I. R., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2020). Implementasi Model Kooperatif TGT
dengan Media Ludo Math untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 113-126

Yanto, Yufitri. (2018). penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining
Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.Jurnal pendidikan matematika, 1(1). 53-60.
Published
2024-05-19
How to Cite
rukmono. (2024). ANALISIS STATISTIKA KUANTITATIF PERKEMBANGAN PROGRAM TAHFIDZ MAHASIWA KEPERAWATAN UMT TAHUN 2023. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 5(1), 684-691. https://doi.org/10.59098/mega.v5i1.1441