Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Bangun Ruang

  • Putri Yulia Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Fenti Amanda Putri Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Abstract

 

Abstract

Mathematics is often considered a difficult and intimidating subject by most students. This causes many students to struggle with solving mathematical problems, especially in the field of spatial geometry. Therefore, analyzing the mathematical spatial ability of students in solving spatial geometry problems is important. The aim of this study is to analyze the mathematical spatial ability of students at MAN3 Kerinci school. This study is a descriptive quantitative research. The subjects of this study are 10 students from class X at MAN3 Kerinci. Data collection techniques include tests, interviews, and documentation, and the data is analyzed using qualitative data analysis techniques. Based on the data analysis, it can be concluded that the level of spatial ability of the students is very low compared to the total number of students in the class.

Keywords: Spatial ability, Mathematics, Analysis, Observation

 

Abstrak

Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan oleh sebagian besar siswa.Hal ini menyebabkan banyak siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika, terutama dalam masalah geometri bangun ruang. Oleh karena itu, analisis kemampuan spasial matematis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri bangun ruang menjadi hal yang penting untuk dilakukan.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan spasial matematis siswa sekolah MAN 3 Kerinci. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan Data: Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X  MAN3 Kerinci yang terdiri dari 10 orang siswa.Dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Analisis Data: Data dianalisis secara deskriptif. Hasil/Kesimpulan: Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kemampuan Spasial peserta didik tergolong Sangat Rendah dari jumlah keseluruhan siswa kelas.

Kata Kunci: kemampuan spasial, matematika, analisis, observasi.

 

 

References

Amelia, N., & Yulia, P. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Mtsn 2 Kerinci. Jupika: jurnal pendidikan matematika, 6(2), 124-131.
Fajri, H.N, Johar, M, & Ikhsan, M. (2016).Peningkatan Kemampuan Spasial Dan SelfEfficacy Siswa Melalui Model Discovery LearningBerbasis Multimedia.Beta. 9(2), 180-195.
Krisnapribadi, Ludovikus Delano. 2016. Profil Kemampuan Spasial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2015/2016 Ditinjau Dari Perbedaan Gender.Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Lestari & Yudhanegara.(2015). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: PT Rafika Aditama.
Melsita, H., & Yulia, P. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 592-598.
Meng, C. C., & Sam, L. C. (2013). Enhancing Primary Pupils' Geometric Thinking Through Phase-Based Instruction UsingThe Geometer's Sketchpad. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 28: 33-51. Diunduh dari
Nada, N. Q., & Yulia, P. (2023). Analisis Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Barisan dan Deret. Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research, 1(02), 18-28.
Nasution, E. Y. P., Yulia, P., Anggraini, R. S., Putri, R., & Sari, M. (2021, February). Correlation between mathematical creative thinking ability and mathematical creative thinking disposition in geometry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012001). IOP Publishing.
National Research Council of National Academy. (2006). Learning to Think Spatially. Wasshington: National Academies Press.
Nurmayan, Eka Septian. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep, Spasial Matematis Dan Sikap Siswa SMP. Tesis Magister Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Patmala, K., & Yulia, P. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Madrasah Aliyah Terhadap Materi Trigonometri. VENN: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 2(2), 62-70.
Pikri, A. Z., Yulia, P., & Putri, R. (2023). Photomath Applications for Learning Mathematics Analysis. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 295-312.
Putri, I. S. M., & Yulia, P. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MAN 3 Kerinci. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 584-591.
Rahmi, R., Yulia, P., & Putri, R. (2022). Edmodo-Based Mathematical Learning Analysis. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 10(2), 195-210.

Sefina, R. (2015). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Dan Self-Concept Matematis Siswa Pada Pembelajaran Geometri SMP. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak Diterbitkan.
Syaputri, I. J., & Yulia, P. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 132-139.
Vera, T. O., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning dengan Menggunakan Soal-soal Berbasis Budaya Lokal. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 9(01), 1-14.
Yulia, P. (2023). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas di MTSs Modern Arafah. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 106-116.
Yulia, P., & Nasution, E. Y. P. (2022). The Students' Mathematical Concept Understanding in Introductory Mathematics Course. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 59-70.
Published
2024-05-19
How to Cite
Yulia, P., & Amanda Putri, F. (2024). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Bangun Ruang. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 5(1), 697-705. https://doi.org/10.59098/mega.v5i1.1472