PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

  • Aprilla Gita UIN Imam Bonjol Padang
  • Rivdya Eliza
  • Fitria Mardika
Keywords: Predict-Observe-Explain, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Penalaran Matematis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Predict-Observe-Explain. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control grup only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Pariaman dengan kelas VIII.2 dan VIII.3 sebagai kelas sampel. Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemampuan pemecahan masalah matematis dengan uji-t, α = 0.05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh ttabel = 1,67 dan thitung = 2,47 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji hipotesis kemampuan penalaran matematis dengan uji-t, α = 0.05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh ttabel = 1,67 dan thitung = 2,09 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematis peserta didik lebih tinggi saat belajar dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain .

References

Abubakar, R. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. SUKA-Press.
Aisyah, P. N., Khasanah, S. U. N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sediempat dan Segitiga. JPMI, Vol.1(5).
Anisa. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis MTsN. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Bahroini, L., & Agustin, U. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. JKPM, Voll.3(1).
Eliza, R., & Aulia, F. (2017). Pembelajaran Matematika dengan Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) di MAN 1 Muaro Labuah. Math Educa, vol.1(2).
Eliza, R., Sepriyanti, N., & Husniyah, U. (2023). Penerapan Pendekatan Berpikir Metaforis Terhadap Kemampuan Penalaran matematis Siswa. Mathema Journal, Vol.5(2).
Falbiansyah, F. (2023). Pengembangan Lember Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Model Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.
Handayani, P. (2021). cara Asyik Belajar bangun Datar di SD. Guepedia.
Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndaraha, lies D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jkpm, Vol.6(1).
Hendriana, & Sumarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Reflika Aditama.
Herlawan, & Hadija. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbasis Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, Vol.3(1).
Indriani, V. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Ipa-1 SMAN 22 Makassar. Jurnal Daya Matematis, Vol.3(1).
Intan, L. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) disertai Eksperimen Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Aktivitas dan Presentasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA NEGERI 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol.4(4).
Koerniawati, T. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TeAssInd): Berbantuan LKPD untuk Pemecahan Masalah Jarak pada Ruang Dimensi Tiga. Adanu Abimata.
Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Aksara, Vol.7(2).
Lubis, M. A., Dalimunthe, H., & Azizan, N. (2022). Model-Model Pembelajaran PPKn di SD/MI, Cet. Ke-1. Samudra Biru.
Mardika, F. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD). AXIOM, Vol.8(2).
Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia, Vol.3(1).
Melisa. (2020). Siapa Bilang Mengajar Matematika Sulit. Guepedia.
Mitasari, D., Adha, I., & Fitriyana, N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Selangit. Journal of Mathematics Science and Education, Vol.2(2).
Nani, K. La. (2022). Sosok Guru Impartiality Pembelajaran Matematika Inovatif,, cet-ke1. Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JELMaR, Vol.1(1).
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM, Vol.6(2).
Rohmatulloh, Syamsuri, Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Analisis Meta: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Cendekia, Vol.6(2).
Saputra, H., Fadila, A., & Mujib. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran POE Berbantuan Aplikasi Geogebra terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar. Pendidikan Matematika :UIN Raden Intan Lampung.
Sari, M., Purwanto, A., Achmad, V. S., Arkwright, D., Sartika, Tanjung, R., Hasyim, M., Simangungsong, D. E., Iriani, R., Amane, A. P. O., Rahayu, N. L., Hadawiah, & Siswati, T. (2023). Penelitian Operasional. PT Global Eksekutif Teknologi.
Sepriyanti, N., Zulmuqim, & Suryani. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Padang. Math Educa, Vol.1(2).
Setyadi, I. M. A., Sudiarti, I. G. P., & Mertasari, N. M. S. (2019). The Effect of Predict, Observe, Explain (POE) learning model using open-ended problem (OEP) towards student’s mathematical problem solving skill. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, Vol.52(3).
Shiddiq, N. F. (2019). Penerapan Model Predict-Observe-Explain (POE) dengan Bantuan Aplikasi Construct 2 untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa di Kelas VIII SMPN 17 Bandung.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. PlusMinus, Vol.2(2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), cet.k-4. Alfabeta.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.4(5).
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Change Publications.
Susanti, M. I., Hobri, & Setiawan, T. B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Sub Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat Kelas VII D SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, Vol.5(2).
Ulvah, S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, Vol.2(2).
Utami, N. P., Eliza, R., & Warahma, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Jurnal Cendekia, Vol.6(1).
Wardana, A., & Ardani, A. (2021). Pembelajaran model POE berbasis Kontekstual dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penerapan Matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, Vol.8(1).
Yolanda, D. D. (2020). Pemahaman Konsep Matematika dengan Metode Discovery. Guepedia.
Published
2024-05-19
How to Cite
Aprilla Gita, Rivdya Eliza, & Fitria Mardika. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK . MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 5(1), 659-671. https://doi.org/10.59098/mega.v5i1.1503