ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X TKJ SMK SHALAHUDDIN
ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X TKJ SMK SHALAHUDDIN
Abstract
Penelitian dengan judul “Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matemattika kelas X TKJ SMK Shalahuddinâ€, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika dan faktor apa saja yang mempengaruhi siswa kesulitan belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif. Penelitian deskriptif untuk memberikan gambaran dan penjelasan secara alami atau tidak alami secara sengaja yang memperhatikan berbagai aspek yang mengaitkan beberapa kegiatan seperti kualitas serta karakterisktik dari kegiatan-kegiatan. Kegiatan penelitian ini menggunakan 14 siswa kelas X jurusan TKJ untuk digunakan sampel dan satu guru matematika. Teknik pengumpulan data dengan kegiatan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari temuan penelitian ini mengarah pada kesulitan mata pelajaran bagi siswa kelas X TKJ di SMK Shalahuddin disebabkan oleh ebberapa faktor yaitu dalam proses pembelajaran disekolah ada faktorn internal dan faktor ekternal yang termasuk dalam kegiatan siswa belajar matematika pada kategori tidak menghambat, cukup menghambat dan menghambat.
References
Ditasona, C., Kartika, R. Y., & Lumbantoruan, J. H. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Perbandingan Di Smpn 58 Jakarta Kelas Vii.2. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 55–71. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v8i1.4615
Harianti, R. (2016). Pola Asuh Orangtua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Curricula, 2(2), 20–30. https://doi.org/10.22216/jcc.v2i2.983
Hasan, K., Halik, A., & ... (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri di Gugus IV Wilayah II Kecamatan Soreang Parepare. … Matematika, 4047, 1–15. https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/6425%0Ahttps://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/download/6425/3040
Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik Ilham Raharjo, F., & Fita Asri Untari, M. (2021). Corresponding author *E-mail addresses : Ilhamraharjo3@gmail.com (Ilham Raharjo). Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101.
Luthfiana Mirati. (2015). ANALISIS KESULITAN BELAJARMATEMATIKA PADA TOPIK LOGIKA PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN UTARA. 2(0), 25–40.
Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193
Nurhafifah, A. Y., & Mayasari. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sma Di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 1(3), 308–314.
Nurjanah, S., Istiqomah, & Sujadi, A. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal program linear pada siswa kelas X TKJ SMK PIRI 2 Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Putu Parastuti Lestari, N., Made Ardana, I., & Putu Pasek Suryawan, I. (2022). Analisis Motivasi Belajar Matematika Beserta Alternatif Solusinya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar di Masa Pandemi. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 16(1), 1858–0629.
Riza, M., Rif’at, M., & Yani, A. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Matematika Oleh Guru di SMP. Jurnal UNTAN, Vol. 3 No., 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5548
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494
Sulistyarini, D. A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa SMKK Citra Medika Sukoharjo dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Akar dan Alternatif Pemecahannya. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP), Knpmp I, 605–614. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/7003
Utami, Y. P., & Maskar, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Model Asynchronous Pada Siswa Smkn 9 Bandar Lampung Melalui Google Classroom. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(1), 12–21. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/1761
Widodo, A., & Yusmanita, F. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Schrödinger: Journal of Physics Education, 3(3), 52–56. https://doi.org/10.37251/sjpe.v3i3.501