ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS BOOK CREATOR

  • Vika Zida Akmaliah Universitas PGRI Wiranegara
  • Maya Rayungsari Universitas PGRI Wiranegara
Keywords: book creator, media pembelajaran interaktif, pembelajaran matematika

Abstract

Media pembelajaran interaktif juga perlu diterapkan dan dikembangkan oleh  guru  dalam  mengajar  di ruang kelas, agar peserta didik tidak merasa  bosan dan jenuh karena dalam pembelajaran hanya menerapkan buku paket dan LKS saja. Salah satu media pembelajaran interaktif yaitu book creator. Book creator adalah aplikasi yang mendorong aktivitas, antusiasme, dan minat peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran matematika interaktif berbasis book creator. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Hasil analisis kebutuhan media pembelajaran interaktif di kelas X TKJ SMK Shalahuddin Pasuruan, dapat disimpulkan bahwa guru sangat membutuhkan pengembangan media pembelajaran yang dapat memudahkan peseta didik dalam memahami materi dan menarik bagi peseta didik. Salah satu media pembelajaran yang dibutuhkan dan bisa diterapkan oleh guru yakni book creator, sedangkan pada peserta didik sangat mendukung terlihat dari rata-rata persentase adalah 87,3% yang menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik membutuhkan penggunaan media pembelajaran interaktif pada saat pembelajaran matematika karena media pembelajaran book creator merupakan media pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan minat dan perhatian peserta didik pada saat proses pembelajaran.

References

Aini, Nur Aisyah, A. Syachruroji, dan Nana Hendracipta. 2023. “Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning.” JPD: Jurnal Pendidikan Dasar 4 (2): 69.Destiani, Alina, Bambang Sri Anggoro, dan Novian Riskiana Dewi. 2023. “E-book matematika: media pembelajaran menggunakan book creator.” JKPM (Jurnal Kajian 2682: 231–42. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/17330.
Dr. Riduwan, MBA. 2018. “Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian.” In , 12 ed., 6–11. https://cvalfabeta.com/product/cskala-pengukuran-variabel-variabel-penelitian/.
Fikrah, Zakiyatul, dan Elfia Sukma. 2022. “Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan.” Journal of Basic Education Studies 5 (1): 1183.
Herdianti, Nabila Putri, Wirda Hanim, dan Uswatun Hasanah. 2024. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolag Dasar.” Jurnal Basicedu 8 (2): 1592–1603. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7393.
Ma’ruf, Abdul Hakim. 2018. “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Problem Posing dan Metode Ekspositori SMA N 58 jakarta.” Jurnal Ilmu Pendidikan 10 (1): 51–60. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/5.
Nisaa, Roisatun, Yuniawatika Yuniawatika, dan Surayanah Surayanah. 2024. “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Materi Bangun Datar Kelas III Sekolah Dasar.” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 12 (2): 246. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18184.
Novelza, Ice Dwi, Aan Putra, dan Reri Seprina Anggraini. 2024. “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Materi Teorema Pythagoras.” MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika 9 (1): 338–51. https://doi.org/10.32938/jipm.9.1.2024.338-351.
Oktafiani, Raicha, Retno Ayu Julitasari, dan Aulia Novitasari. 2024. “Pengmbangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Creator Book Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill (Hots) Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9 (1): 809–20.
Pausa, Rani, dan Melva Zainil. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar.” Journal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar 5 (1): 2250–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i1.
Puspitasari, Ika Ayu, dan Abd.Basir Azainil. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika.” Prosiding 2: 75–92. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1248%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/download/1248/830.
Sahid, Nurdin Wahyu, Martyana Prihaswati, dan Venissa Dian Mawarsari. 2024. “Persepsi Siswa dan Guru SMP Terhadap Pengunaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi.” AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 15 (1): 125–38.
Setiawan, Tri Yudha, dan Aidil Fikri. 2022. “THE DEVELOPMENT OF E-LKPD USING BOOK CREATOR ON FRACTION OPERATIONS MATERIAL IN ELEMENTARY SCHOOL.” MaPan 10 (1): 116–26. https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n1a8.
Sri Mujiatun, Sumarno Sumarno, dan Ida Dwijayanti. 2023. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Pembelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (1): 55–68. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.2055.
Widyasmi, A R, Aulia Hilda Nurrrahman, Eki Listiani Pratiwi, Kurnia Hidayati, dan Vika Puji Cahyani. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Daring IPA SMP Menggunakan Bookcreator dan Evaluasi Educandy mengenai Materi Suhu dan Kalor.” Proceeding of Integrative Science Education Seminar 1 (24): 33–41. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/159.
Yulia Friska, Sonia, Uci Patu Zuhroh, dan Moh Rosyid Mahmui. 2023. “Pengembangan E-Book Matematika Materi Luas Berbantukan Aplikasi Book Creator Kelas Iv Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.” CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling 3 (1): 81–89.
Published
2024-11-30
How to Cite
Akmaliah, V. Z., & Rayungsari, M. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS BOOK CREATOR. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 5(2), 761-769. https://doi.org/10.59098/mega.v5i2.1654