MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI NILAI TASAMUH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan nilai tasamuh dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI-10 yang berjumlah 35 siswa di MAN 1 Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat diintegrasikan dengan nilai tasamuh dalam pembelajaran matematika. Nilai tasamuh yang terdapat dalam penelitian ini yaitu peserta didik tidak mengganggu orang lain yang berpendapat, peserta didik menghormati orang lain yang berbeda pendapat, dan bahwa peserta didik bersahabat dengan teman sekelas.
References
Dhafa, M., Faradilla, G., Pinasthi, R. P., Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Toleransi di Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru Journal, 5(3), 405–412. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/jpg/index
Hamidah, I., & Al Bahjah, S. (2023). Perencanaan Pembelajaran Matematika. https://www.researchgate.net/publication/372139752
Hamidah, I., & Susilawati, S. (2023). Pembelajaran Matematika Berintegrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 2(1), 29–36. https://doi.org/10.56855/intel.v2i1.143
Khasanah, U. (2024). Meneguhkan Nilai Aswaja dalam Bingkai Pendidikan Islam Anti Radikalisme. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(1), 48–67.
Kurnia, I. R., & Mukhlis, S. (2023). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 209–216. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4064
Mayasari, A., Arifudin, O., Juliawati, E., & Sabili Bandung, S. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.
Muid, A., Shohib, M., & Askarullah, A. (2024). Character Development Strategy for Tolerance in Islamic Boarding Schools. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(2), 184–201. https://doi.org/10.31538/tijie.v5i2.833
Rachmat, T., Tahir, M., & Salehudin, Moh. (2024). Strategi Guru PAI dalam Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Religius di SMKN 4 Kota Samarinda. Rayah Al-Islam, 8(2), 501–544. https://doi.org/10.37274/rais.v8i2.962
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Siew, N. M., & Basari, J. (2024). The Integration Of Problem-Based And Collaborative Learning Assisted By Geometer’s Sketch Pad: Its Effects On Students’ Higher-Order Thinking Skills And Collaborative Skills. Problems of Education in the 21st Century, 82(2), 275–293. https://doi.org/10.33225/pec/24.82.275
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sukestiyarno, Y. L., Cahyono, A. N., & Pradnya, I. N. (2019). Integrating character education in mathematics learning in Indonesia and Denmark. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032014
Sumarno, M., & Yani, A. (2023). Memperkokoh Nilai Toleransi di Sekolah Melalui Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 127–136.
Tiara, V., Ninawati, Liska, F., Alya, R., & Barella, Y. (2024). Menggali Potensi Problem Based Learning: Definisi, Sintaks, Dan Contoh Nyata. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.62383/sosial.v2i2.153