SLR: MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Keywords: Systematic Literature Riview, Media Ular Tangga, Pembelajaran, Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Media pembelajaran  ular tangga termasuk sebuah permainan yang sudah lama dikenal. Permainan ini sungguh menarik serta dapat meningkatkan minat siswa ketika digunakan dalam proses belajar di. Kajian literatur ini ditunjukan untuk mengkaji pemanfaatan media "ular tangga" dalam pengajaran matematika. Pendekatan penelitian ini melibatkan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan melalui review 30 artikel Sehubungan dengan penerapan media ular tangga pada aktivitas belajar, yang diterbitkan pada jurnal nasional dan dapat diakses Google Scholar, lalu dikelompokkan juga dianalisis. Penelitian ini menampilkan bahwa : (1) Penggunaan media ular tangga terbukti berhasil dalam upaya memperbaiki capaian belajar matematika, (2) Pengaplikasian media ular tangga mampu mengubah pembelajaran matematika menjadi lebih mengasyikkan.

 

References

Abidah, F. H. F., & Sari, A. D. I. (2023). Mengintegrasikan Permainan Tradisional Ular Tangga Dalam Pembelajaran Metamorfosis Di Sekolah Dasar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(3), 41–50.
Afandi, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajran Ular Tanggauntuk Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Ilmu Pendidikan Sosial Universita Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur.
Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297
Anggraeni, N. O., Mulyasari, E., & Gazella, S. D. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Permainan Ular Tangga Digital pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 3 Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 495–503.
Anisa, W. N., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2023). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04. Wawasan Pendidikan, 3(1), 427–439. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11936
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87.
Atmoko, S. W., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2017). Pengembangan media utama (ular tangga matematika) dalam pemecahan masalah matematika materi luas keliling bangun datar kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 119–128.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Aziz, L. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 96–103.
Baiquni, I. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jkpm, 01(02), 193–203.
Budiono, I., Putriningtyas, N. D., Indrawati, F., Kasman, K., & Kurniawan, F. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Melalui Edukasi dengan Media Permainan Ular Tangga pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 2(2).
Dwijayanti, K., Firdaus, M., & Yusuf, M. (2023). Aplikasi Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lompat pada Siswa SD. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(2), 225–235.
Dynawantika, R., Ambarwati, R., & Putri, C. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital Berbasis Qr-code Pada Perkalian Bilangan Cacah dengan Pendekatan RME kelas III Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 2(2), 252–261.
Fadila, A. S., Yuanta, F., & Suryarini, D. Y. (2021). Pengembangan media ular tangga mata pelajaran matematika kelas III sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 12–22.
Faradhila, S. A., Aryanti, M. P., & Zuliana, E. (2024). Pembelajaran Matematika Materi Pengukuran Dengan Media Monopoli Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 5(1), 15–23. https://doi.org/10.30738/jipg.vol5.no1.a16909
Fitriyah, S., & Rahmawati, A. (2021). Penerapan metode permainan ular tangga” stop trash” terhadap pengetahuan mengenai sampah pada Siswa Sekolah Dasar di Indramayu. Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 66–70.
Gabriela, N. D. P., & Anugraheni, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran GURICA (Game Edukasi Ular Tangga Operasi Hitung Pecahan) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(8), 292–301.
Herdianti, N. P., Hanim, W., & Hasanah, U. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Digital pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1592–1603.
Hidayat, P. N., & Jati, P. S. (2022). Permainan ular tangga untuk anak sekolah dasar: media pembelajaran Bahasa Indonesia. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 1(1), 850–854.
Hidayati, R. (2016). Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1).
Inas, M., & Setyawan, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Media Permainan Ular Tangga Di Sdn Karang Nangkah 01. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(2), 49–55.
Indriani, A., Junarti, J., & Luâ, U. (2020). Penerapan Permainan Ular Tangga pada Operasi Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 57–62.
Lumbantobing, W. L., Silvester, S., & Dimmera, B. G. (2022). Penerapan media permainan ular tangga untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik sekolah dasar di wilayah perbatasan. Sebatik, 26(2), 666–672.
Mufidatul Inas, A. S. (2023). Materi Perkalian Melalui Media Permainan Ular. 2(2), 49–55.
Nastiti, S. H., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 48–57.
Nasution, A. F., Rahman, A., Tarigan, F. N., & Ramadanisti, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Guling Depan Melalui Metode Resiprokal dan Permainan Ular Tangga di Sekolah Dasar. Journal Physical Health Recreation (JPHR), 5(1), 1–9.
Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media game ular tangga digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724.
Nurhasanah, A., & Giyartini, R. (2022). Rancangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 195–206.
Nurhidayah, D. (2023). PENERAPAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS PERMAINAN “ULAR TANGGA” DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DI KOTA BANDUNG. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1505–1513.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 22–28.
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Rizqo, N., Mansur, H., & Mastur, M. (2020). Pengembangan media ular tangga matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 2 sekolah dasar. J-INSTECH, 1(1), 36–43.
Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). Pkm Inovasi Pembelajaran Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75–80.
Setyowati, D., Prayito, M., & Djama’i, N. (2023). 221. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Mijen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1975–1985.
Sitanaya, R. I., Lesmana, H., Irayani, S., & Septa, B. (2021). Simulasi Permainan Ular Tangga Sebagai Media Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Usia Sekolah Dasar. Media Kesehatan Gigi: Politeknik Kesehatan Makassar, 20(2), 28–33.
Suciati, I., Wahyuni, D. S., & Sartika, N. (2021). Mathematics Learning Innovation During the Covid-19 Pandemic in Indonesia: a Systematic Literature Review. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 886. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3833
Syifa, H. F., & Rizal, B. T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Ular Tangga terhadap Minat Belajar PJOK Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1644–1652.
Tansya, T., Utami, N. A., Nababan, E. B. R., & Susilo, B. E. (2024). Media Pembelajaran Matematika Dalam Permainan Sudoku: Systematic Literature Review. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 489–495.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73.
Widodo, S. T. M., & Hariyani, N. (2022). Pengaruh Media Ular Tangga terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Tentang Sampah di Sekolah Dasar Negeri Gungan Desa Wukirsari Cangkringan Sleman Yogyakarta. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5087–5091.
Yanti, I., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509–516.
Published
2025-04-14
How to Cite
Tazkiyah, N., & Gumala, Y. (2025). SLR: MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 6(1), 872-883. https://doi.org/10.59098/mega.v6i1.1872