ANALISIS KESALAHAN SISWA MI DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR BERDASARKAN Watson’s Error Category

  • Asma'ul Febry Khusnainy Universitas Negeri Malang
  • Puguh Darmawan Author
Keywords: analisis kesalahan, luas gabungan, kategori kesalahan Watson, error analysis, combined area, Watson’s error category

Abstract

Abstract
This research aims to analyze the types of students' errors in solving problems of the area of combined flat shapes based on Watson's error categories. This research is qualitative research with a qualitative descriptive type. Data collection was carried out using test techniques with 20 student subject candidates and interviews with 4 student subjects. The subjects were selected using purposive sampling technique. Then the data was analyzed using data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research showed that students experienced five types of errors based on Watson error categories, namely inappropriate data errors (inappropriate data/id), inappropriate procedures (ip), missing conclusions (omitted data/od), response level conflicts (response). level conflict/rlc), and skill hierarchy problems (skills hierarchy problem/shp). Factors that cause errors include students' lack of ability to understand the problem, difficulty understanding concepts, confusion in the calculation process and confusion in solving steps and forgetting factors.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan luas gabungan bangun datar berdasarkan Watson’s error category. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dengan calon subjek 20 siswa dan wawancara dengan subjek 4 siswa. Pemilihan subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami lima jenis kesalahan berdasarkan kategori kesalahan Watson, yaitu kesalahan penggunaan data yang tidak tepat (inappropriate data/id), prosedur yang tidak sesuai (inappropriate procedure/ip), kesimpulan tidak ditemukan (omitted data/od), konflik pada level respons (response level conflict/rlc), dan masalah pada hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/shp). Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalhan seperti kurangnya kemampuan siswa dalam memahami permasalahan soal, kesulitan memahami konsep, bingung dalam proses perhitungan dan bingung dalam langkah penyelesaian dan faktor lupa.

References

Ekawati, R., Kohar, A. W., Imah, E. M., Amin, S. M., & Fiangga, S. (2019). Students' Cognitive Processes in Solving Problem Related to the Concept of Area Conservation. Journal on Mathematics Education, 10(1), 21-36.

Ningsih, W., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN.

Nurwahid, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SD Dalam Menyelesaikan Permasalahan Luas Gabungan Bangun Datar Berdasarkan Watson’s Error Category. Journal on Education, 3(4), 308–319. https://doi.org/10.31004/joe.v3i4.388

Putri, W. Y. (2017). Pengaruh regulator, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap carbon emission disclosure (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016). (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).

Rahman, T., & Saputra, J. (2022). Peningkatan kemampuan spasial matematis siswa melalui model penemuan terbimbing berbantuan geogebra. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(1), 50-59.

Rizki Nurhana Friantini, Rahmat Winata, Pradipta Annurwanda, Siti Suprihatiningsih, Muhammad Firman Annur, Bernadeta Ritawati, & Iren. (2020). PENGUATAN KONSEP MATEMATIKA DASAR PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1(2), 276–285. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i2.55

Sanwidi, A. (2018). Analisisi Kesalahan Mahasiswa Matematika Unu Blitar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(1), 128. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i1.138

Salsabilah, A. S., Nur Afifah, N. P., & Putri Herdiansyah, R. F. (2023). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Gabungan Siswa Kelas IV SD. Journal on Education, 6(1), 2601–2608. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3290

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Ulfa, Y. L., & Roza, Y. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika, 11.
Published
2025-04-14
How to Cite
Asma’ul Febry Khusnainy, & Darmawan, P. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA MI DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR BERDASARKAN Watson’s Error Category. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 6(1), 854-863. https://doi.org/10.59098/mega.v6i1.1890