PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Ludgardis Gunu Bayo Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Kupang
  • St Muthmainnah Yusuf Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Nur R Adawiyah Mahmud Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Learning Outcomes, Learning Interest, LKS, ADDIE

Abstract

This research aims to develop student worksheets with team assisted individualization (TAI) cooperative learning models in Pythagoras Theorem materials. This research aims to find out the increased interest in learning and student learning outcomes. The method used in this study uses research and development (R & D) method with ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluatio) design. The data collection techniques used in this study are questionnaires, validation sheets and study results tests. Instruments used are device validation sheets, student response questionnaires, student learning interest questionnaires and student learning outcomes. The data analysis technique used is qualitative data consisting of advice and comments from experts and qualitative data judging by the analysis of validity, practicality and effectiveness. The results showed that, learning devices were declared very valid with the average assessment results from experts 4.15, the student response questionnaire reached 73.81% which is intended in the positive category so that the developed LKS is declared practical, the student learning interest questionnaire reached 70.33% that is in the positive category as well as the results of students who reach an average of 81.66% that exist in the complete category.

References

Aditya, E. I. (2017). Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Memelihara/service Sistem bahan Bakar Bensin pada Siswa Kelas XI TKR A dan TKR B Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Bantul tahun Ajaran 2016/1017. Yogyakarta: UNY.

Anjarsari, M. L. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMK PGRI Tulungagung. Tulungagung: IAIN.

Anshariyah, K. A. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA”. Jurnal Penelitian Matematika. Vol 4 58-67.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Taktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Beauty, A. M. H. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknik Komputer Dan Jaringan Siswa Kelas XI TKJ SMK N 1 Ngawen. Yogyakarta: UNY.

Hobri. 2010. Metedologi Penelitian Aplikasi pada Penelitian Matematika. Jember: Pena Salsabila.

Irawati, M. (2018). Profil Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII I SMP Negeri 5 Yogyakarta Pada Pokok Bahasan Penyajian Data dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot. Yogyakarta: USDY.

Nurzakiaty, I. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 8 Banda Aceh”. Jurnal Peluang. Vol 3 no 2. ISSN: 2302-5158.

Putri, M. R. S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja (LKS) Pada Pembelajaran Peluang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IX SMP Santo Yusuf Bandung Tahun ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Pada Materi Geometri Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalar. Yogyakarta: USDY.

Ralmugiz, U. (2020). “ Kemampuan Siswa SMP Kota Kupang dalam Menyelesaikan Masalah HOTS Matematika”. Jurnal Gammath. Vol 5 (1).

Rosita, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Improve terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Peserta Didik. Lampung. Lampung: UINRIL.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Walid, M. I. (2017). Pengembangan media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra dengan Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Developmen, Implementation, Evaluation) pada Materi Geometri Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalar. Makasar: UIN Alaudin Makasar.

Widyastuti E. (2013). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Permainan Tangram Pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas II SD Negeri Dukun 2 Kecamatan Dukun magelang. Makasar: UIN Alaudin Makasar.

Published
2020-09-27
How to Cite
Bayo, L. G., Yusuf, S. M., & Mahmud, N. R. A. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 1(2), 110-119. https://doi.org/10.59098/mega.v1i2.260