PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Number Heads Together)

  • Hironimus Halim Program Studi Pendidikan Matematika,Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Ryan Nizar Zulfikar Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Nur R Adawiyah Mahmud Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: NHTMethod, The Improvement of Learning Resul, Math

Abstract

The objective of this qualitati veresearchist of indout the improvement of the students' math learning resultsusing NHT cooperative learning model (Numbered Heads Together). The data sources of this case study were secondary and primary data. (1) The primary data wereobtained from the information at the research site and (2) the secondary datawerecontainedof the attachments of the scientific journals review. The data were analyzedthrough data reduction, presentation, andconclusions or verification.This studywas about the improvement results of mathematics learning usingNHT cooperative learning model (Numbered Heads Together) in the tenth-grade students of SMK Muhammadiyah Kupangon matrix materials.The study showed that NHTcooperative learning model(Numbered Heads Together) could improve the math learning results of tenth-grade students ofSMK Muhamtsmadiyah Kupangon matrix materials.

References

Alifiani Alifiani (2017). Penerapan Model Pembelajaran NHT-TGT Untuk Meningkatkan Konsep Materi Matematika SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume. 4. Nomor. 1 Tahun 2017.
Apolonia Hendrice Ramda (2016). Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. 5 Nomor. 3 Tahun 2016.
Arikunto, (2018).Faktor Yang MenyebabkanHasilBelajar di SMK.JurnalPendidikanMatematika SMK. Vol.3 No.5.2018 Artikel 1.
Dian Prima Kd Ridwati, I Gst. N. Java, A. A Gede Agung (2014). penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Question Cards Terhadap Hasil Belajaran Matematika UPG Singaras Indonesia Tahun 2014.
Deutelina S. dkk (2018)Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Namberd Heat Togedher Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. 7 Nomor. 3 September 2018.
Erni Budiyanti, Arie Purwa kusuma, Desy Bangkit Arihati (2019). Penerapan Metode MMP dan NHT Terhadap Hasil Belajar MatematiakaPada MateriTrigonometri. Jurnal Ilmiah Dan Pendidikan Matematika. Volume. 9 Nomor. 1 Tahun 2019.
Evan Nursaputra, Romirio Torang Purba (2017). penelitian Perbedaan Pembelajaran NHT dan TPS Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. 5 Nomor. 2 Juni 2017.
Hasnifah Kusmawati, (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar-FKIP UKSW Salatiga 2016.
Muhammad Irwan Nur, Mohammad Salam, Hasnawati (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume. 4 Nomor. 1 Tahun 2016.
Maulinda, Yani. (2018)Penerapan Model Pembelajaran NHT SiswaKelas X SMK JurnalPenerapan Model Pembelajaran NHT SiswaKelas X dalamPembelajaranMatematika. Vol.11 No.18.Artikel 6. 2018.

Nurcholis, (2018).PembelajaranMatematika SMK. JurnalPendidikan Dan Keguruan Vol. 5 No.10, 2018 Artikel 1.

Nurhadi, Seduk. (2017). Model PembelajaranKooperatifTipe NHT UntukMeningkatkanHasilBelajarMatematika.JurnalPenerapan Model Pembelajaran NHT UntukMeningkatkanHasilBelajarMatematika SMK. Vol. 6 No.3 Juni 2018.
Rini Febriani (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN I Lembur Sawah. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. 2 Nomor. 5 Tahun 2018.
Rika Fima Yenni (2016). Penggunaan Metode Number Head Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Tamansiswa Palembang. Volume. 9 Nomor. 2 Tahun 2016.
Ratih Kusmaningrum, Budiyono, Srisubanti (2015).Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS, Dengan Number Head Together (NHT), Pada Mata Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Kreatifitas Belajar Siswa SMP Negeri di Kabupaten Sukaharjo. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. 7 Nomor. 3 Tahun. 2015.
Romi Sugiawan, Nurhanurwati, M. Coesamim(2012). penelitian Meningkatkan Akitivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran KooperatifTipe NHT. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. 1 Nomor. 12 Tahun 2012.
Santiana Ni Lu Putu Mutita, Dewa Nyoman Sudano, Ni Nyoman Garmina (2014). penelitian Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD di Desa Alasangker. Jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesa. Volume. 2 Nomor. 1 Tahun 2014.
Suandewi Ni Km., I Made.Citra Wibawa (2013). penelitian Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD NO.3 Kapal. Jurnal Ilmiah SD. Volume. 11 Nomor. 5 Tahun 2013.
Salvin, (2017).MatematikaSekolahMenengahKejuruan. JurnalPendidikandanKebudayaanPendidikanMatematika SMK.Vol. 7 No.11. 2017.

Soedjadi, (2015).MeningkatkanKemampuanSiswadalamPembelajaranMatematika.JurnalPeranMatematika Di SMK. Vol. 10 No.103, 2015 Artikel 2.

Taufik, (2017).PembelajaranMatematikadanFaktor Yang Mempengaruhi Tingkat KemampuanSiswa SMK.JurnalPendidikanMatematika. Vol. No.3 1 Juni 2017.

Trianto, (2014). Model PembelajaranTerpadu: Konsep, Strategi, danImplementasinyadalam K13 Matematika SMK. Jakarta: BumiAksara.

Titin Hartanti (2015). penggunaan model NHT dalam pembelajaran matematika disekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Sekolah Dasar. Volume. 5 Nomor. 4 Tahun 2015.
Usman, (2016).Menjadi Guru Profesional.JurnalKemampuanBerpikirKritis Guru.Vol. 6 NO.3 Artikel 2. 2016.
Yulisa Dewi, Hastuti Noer, Hardinda Bharata, (2014). PenerapanModel Pembelajaran Kooperatif tipe NHT Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume. 5 Nomor. 1 Tahun 2014.
Published
2021-03-31
How to Cite
Halim, H., Zulfikar, R. N., & Mahmud, N. R. A. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Number Heads Together). MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 2(1), 182-191. https://doi.org/10.59098/mega.v2i1.271