PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING DAN MODEL KONVENSIONAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jombang pada saat PPL tahun 2020. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen didapat 61,7741 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol didapat 59,354. Pengujian hipotesis dihitung dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan = 0,05. Didapat thitung = - 0.4717 dan ttabel = 2,001717 = thitung > - ttabel. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran konvensional.
References
Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Jogjakarta: Aswaja.
Sastrawati, E. Syamsurizal, Muhammad Rusdi. (2011). “Problem Based Learning, Strategi Metakognisi dan Ketrampilan berpikir tingkat tinggiâ€. Tekno Pendagogi Universitas Negeri Jambi. Volume 1 (2), pp: 2088-205.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Walpole, Ronald. (2018). Pengantar Statistika Edisi ke 3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Widiada. Made Candisa Nyoman, Natajaya (2013). “Pengaruh Implementasi Model Pembelajarn Problem Base Leraning Terhadap Hasil Belajar matematika Siswa. E-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesa Volume 4 (1), pp: 2613-9561.