ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA KELAS VIII MTs. DDI WALIMPONG KABUPATEN SOPPENG

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA KELAS VIII MTs. DDI WALIMPONG KABUPATEN SOPPENG

  • Erni Ekafitria Bahar Unisversitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kesulitan siswa yang bergaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan persamaan garis lurus pada kelas VIII MTs. DDI Walimpong Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dirancang untuk mengetahui deskripsi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan persamaan garis lurus ditinjau dari gaya belajar. Data yang diolah adalah data gaya belajar siswa dan data kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan persamaan garis lurus. Digunakan angket gaya belajar untuk mengetahui gaya belajar visual, auditori, dan kenestetik siswa. Soal yang digunakan untuk melihat kesulitan siswa adalah soal persamaan garis lurus yang berjumlah 5 soal yang terdiri atas kesulitan pemahaman konsep, kesulitan pemahaman prinsip, dan kesulitan skill. Wawancara dilakukan untuk lebih menggali kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus. Berdasarkan olahan data tersebut, diperoleh bahwa siswa yang bergaya belajar visual, auditori, dan kinestetik memiliki kesulitan yang hampir sama dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus. Adapun kesulitan yang paling dominan dialami siswa adalah kesulitan pemahaman konsep.

Kata Kunci: Kesulitan, Gaya Belajar, Matematika

References

Abidin, Yunus dkk. (2018). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Anfus, Achmad Syaeful Nur. (2017). Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dengan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Batik Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Online) (http://eprints.ums.ac.id/)
Deporter, Bobbi & Mike Hernacki. (2016). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa.
Heriyanto, Budi dkk. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Gaya Belajar Visual Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. pp. 1-11. (Online) (http://repository.unja.ac.id/)
Hermawan, Rudy dkk. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Persamaan Garis Lurus Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 5 Salatiga. Thesis. (Online) (http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9801)
Jamaris, Martini. (2015). Kesulitan Belajar : Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Ghatalia Indonesia : Bogor.
Published
2021-09-30
How to Cite
Bahar, E. E. (2021). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA KELAS VIII MTs. DDI WALIMPONG KABUPATEN SOPPENG: ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA KELAS VIII MTs. DDI WALIMPONG KABUPATEN SOPPENG. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 2(2), 20-29. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mega/article/view/489
Section
Articles