PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF MENGGUNAKAN STRATEGI TUTOR SEBAYA

  • Halima Ina Ose MIS Al-Muhajirin Hingalamengi Lembata
  • St. Muthmainnah Yusuf Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Nia Kurniaty Rukman Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Mathematics Learning Achievemen, Active Learning, Peer Tutors

Abstract

This research is intended to find out how much student’s achievements are by applying peer tutoring strategies in mathematics in class VIIGMTs N Kota Kupang City. The study used was a qualitative study with the learning strategy applied was a Peer Tutoring Strategy. The research subjects were Grade VIIG students of MTs N Kota Kupang City in the 2019/2020 academic year totaling 31 students the observed and measured variable in the student’s mathematics learning achievement. The results of the study explained that increasing student mathematics leraning achievement in the learning process that is with peer tutoring strategies learning with peer tutors is learning done with student peers. 

References

Abdurrahman. (2002). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Abineneo P, Rowa R Yohana, Jagom O Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matemtaika. ISSN: 2685-9580. Volume 1. Nomor 1. 2019 Halaman 61-67.
Aedi G W. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Pendekatan Problem Solving. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, ISSN: 2502-8391 Volume 5. Nomor 1. 2018 Halaman 70-75.
Ahmadi. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Alma. (2008). Penyusunan Strategi Belajar Mengajar. Bandung alfabeta
Astuti Anggraini. (2012). Penerapan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, ISSN: 2088-351X Volume 2. Nomor 2. 2012 Halaman 102-110
Creswell. (2017). Pendekatan Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S. B dan Aswan Z. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Erman Suherman. (2011). Strategi Pembelajaran matematika. Bandung: UPI
Indrianto, Nur, Bambang Supomo. (2010). Metodelogi penelitian. Yogyakarta
Julianingsih Denok. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Penguasaan Bangun Datar Kelas VI SD Hidayatur Rohman Surabaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, ISSN: 2620-8911 Volume 1. Nomor 1. 2018 Halaman 22-34.
Kurniawan Indra. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Modelling The Way pada Siswa Kelas IX SMP. Jurnal formatif. ISSN: 2088-351X. Volume 6. Nomor 1. 2016 Halaman 44-2016.
Lutvaidah Ukti. (2016). Efektifitas Strategi Pembelajaran Antara Metode Tutor Sebaya dengan Metode Tanya Jawab dalam Pengajaran Remedial Materi Fungsi Limit. Jurnal Formatif. ISSN: 2088-351X Volume 6. Nomor 3. 2016 Halaman 266-275.
Marom Saiful, Sugima. (2016). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Berbasis Wolframs Mathematica pada Siswa Kelas IV SDN 4 Muryolobo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, ISSN: 2502-8391 Volume 2, Nomor 1, 2016 Halaman 85-96.
Puspitasari Yuliana, Rais Rahmad, Kiswoyo. (2019). Studi Kasus Tentang Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, ISSN: 2579-3276 Volume 3. Nomor 2. 2014 Halaman 177-183
Pengerti Budi. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Kelas IX Ilmu Alam MAN Model Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, ISSN: 2338-3402 Volume 3. Nomor 1. Halaman 30-39.
Rahmawati, Mahumudi Ali. (2014). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif STAD dan TAI Ditinjau dari Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Prima Edukasia. Volume 2. Nomor 1, 2014 Halaman 102-115.
Rusffendi, (2001). Siswa sebagai individu yang potensial. Bandung Tarsito
Sasmito Tangsi. (2018). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Mentor Berbasis Team-Assisted Individualization Kelas VI SD Negeri Demakijo 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi, Volume 2. Nomor 2. 2018 Halaman 195-210.
Saparwadi Lalu. (2016). Efektifitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, ISSN: 2355-4185 Volume 3. Nomor 1. 2016 Halaman 39-46.
Siagian,F,E, Roida. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, ISSN: 2088-351X Volume 2. Nomor 2. 2012 Halaman 122-131.
Schunk, D. H. (2012).Motivasi dalam Pendidikan, Teori Penelitian. Jakarta: PT. Indeks.
Strauss. (2008). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suryo.(2003). Genetik Manusia. UGM Press. Yokyakarta
Suheman.(2003). Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Sudrajat. (2011). Dasar-dasar Penelitian. Bandung: Pustaka Setia
Suprijadi didi. (2010). Pengaruh Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Daarussalam Jakarta. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta.Volume 3. Nomor 2. 2010 Halaman 127-135
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta
Syah Muhibbin. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada
Wakit Ahmad. (2016). Efektifitas Metode Sorong Berbantuan Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal JES-MAT. Volume 2. Nomor 1. 2016 Halaman 1-12.
Published
2021-09-30
How to Cite
Ose, H. I., Yusuf, S. M., & Rukman, N. K. (2021). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF MENGGUNAKAN STRATEGI TUTOR SEBAYA. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 2(2), 289-297. https://doi.org/10.59098/mega.v2i2.497