Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash Profesional Cs8 Pada Materi Segi Empat

  • Ashar Jurang Penatas Ashari Universitas Hasyim Asy'ari

Abstract

Abstract Learning media is important in the learning process, however the use of learning media that is not appropriate to the needs of students will complicate the learning process. At SMPN 1 Mojowarno students are only asked to read textbook then they are given assigments via the whatsapp application. In addition, the rectangular material at the school only explained the formulas without ane explanation of how the formulas could be found, thus make the learning process less meaningfull The aims of this developmen is to produce learning media in the form of Adobe Flash Professioanal CS8 software that is valid, practical, and effective on rectangle material in online learning. The type of research used in this study was Research and Development by adopting the ADDIE development model. The stages carried out in this research are, Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The result of material expert validation showed a percentage of 86,6% with very valid criteria, and the result of media expert validation showed a percentage of 88% with very valid citeria. The result of students response questionnaire showed a percentage of 84,7% in the practical category, and the individual learning outcomes test showed a average 80,9 and percentage of classical test 82,35% with effective category. So it can be concluded that the learningmedia that has been developed using Adobe Flash Professional software on rectangular material in online learning has met valid, practical and effective criteria.

Keywords: Adobe Flash Professional CS8, Rectangel, Online learning.

 

Abstrak Media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran, akan tetapi penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat dengan kebutuhan siswa akan mempersulit proses pembelajaran. Di SMPN 1 Mojowarno siswa hanya diminta untuk membaca buku paket lalu diberi penugasan melalui aplikasi Whatsapp. Selain itu, pada materi segi empat di sekolah tersebut hanya dijelaskan rumus-rumus tanpa adanya penjelasan bagaimana rumus-rumus itu dapat ditemukan, sehingga menjadikan proses pembelajaran menjadi kurang bermakna. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa software Adobe Flash Professional CS8 yang valid, praktis, dan efektif pada materi bangun datar segi empat dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 86,6% dengan kriteria sangat valid, dan hasil validasi ahli media menunjukkan persentase sebesar 88% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket respons siswa menunjukkan persentase sebesar 84,7% dengan kategori praktis, dan tes hasil belajar menunjukkan rata-rata ketuntasan individu sebesar 80,9 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 82,34% dengan kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan menggunakan software Adobe Flash Professional CS8 pada materi segi empat dalam pembelajaran daring sudah memenuhi kriteria yang valid, praktis dan efektif.

Kata Kunci: Adobe Flash Professional CS8, Segi empat, Pembelajaran daring.

References

Anwar, Sholikhul., Anis, B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Mata Kuliah Fisika Dasar 1 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Professional Pada Materi Sifat-sifat Bangun Ruang. [Online]
Tersedia: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/6940. [10 Mei 2021].
Fajri, Vonia Revi., Lazulva. (2018). Desain Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash Professional CS6 Pada materi Unsur Transisi Periode Keempat. [Online]
Tersedia:
https://online-journal.unja.ac.id/jisic/article/view/5860. [12 Maret 2021].
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. [Online]
Tersedia:
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646. [24 Desember 2020].
Prasetyo, G, & Prasojo, L. (2016). Pengembangan Adobe Flash Pada Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Scientific Approach Subtema Indahnya Peninggalan Sejarah. [Online]
Tersedia:
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/7788. [24 Dessember 2020].
Syefrinando, Boby., Suraida., Af Parman. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Mata Kuliah Fisika Dasar 1. [Online]
Tersedia:
https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/1522. [10 Mei 2021].
Ulinnuha, Nurida. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching And Learning Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Skripsi. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang: UNHASY.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. [Online]
Tersedia:
https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/view/2100/0. [15Januari 2021].
Published
2022-05-11
How to Cite
Ashari, A. J. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Adobe Flash Profesional Cs8 Pada Materi Segi Empat. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 3(1), 23-28. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mega/article/view/594
Section
Articles