Analisis Pemanfaatan Teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Terhadap Kecemasan Matematis Siswa
Abstract
Paper ini memaparkan hasil analisis terhadap pemanfaatan teknik cognitive behavioral therapy (CBT) terhadap kecemasan matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kepustakaan (library research) dengan teknik deskriptif analitik yaitu dengan mengumpulkan data kemudian dari data tersebut disusun, dianalisis kemudian ditarik kesimpulan. Dari beberapa data yang telah dianalisis, diperoleh bahwa teknik cognitive behavioral therapy (CBT) bermanfaat positif dalam mengurangi tingkat kecemasan matematis siswa. Akar dari kecemasan pada siswa bermula dari adanya rasa takut akan suatu hal, dalam konteks penelitian ini yaitu matematika. Terdapat berbagai teknik yang digunakan oleh guru untuk memanfaatkan terapi kognitif-tingkah laku dengan jumlah sesi yang berbeda-beda. Dalam penggunaan teknik cognitive behavioral therapy (CBT) orang tua dan guru matematika berperan penting dalam keberhasilan untuk menurunkan kecemasan matematis siswa. Selain itu, CBT juga memberikan dorongan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran atau konseling yang dapat digunakan dalam dunia Pendidikan.
References
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Model Penelitian Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Erfantinni, I. H., Purwanto, E., & Japar, M. (2016). Konseling Kelompok Cognitive-Behavior Therapy Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 119–125.
Fauzi, I. (2018). Etika Profesi Keguruan. Jember: IAIN Jember Press.
Wilding, C & Milne, A. (2013). Cognitive Behavioral Therapy. Jakarta: PT Indeks.
Hidayati, R., Hidayah, N., Ramli, M., Hambali, I., & Triyono, T. (2020). Efektifitas Cognitive Behaviour Therapy di Sekolah: Meta Analisis Review. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4668
Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Refleksi Edukatika, 4(2), 75–83.
Purnomo, A. W. A., & Loekmono, J. T. (2021). Online Counselling: Application of Cognitive Behaviour Therapy and Music Counselling to Reduce Math Anxiety. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal) Online, 08(1), 115–126. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/7809
Putri, I. M. (2017). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Dengan Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. In Raden Intan. https://doi.org/10.1201/9781315380797
Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sopiyah, Nurikhsan, J., & Hafina, A. (2020). Efektivitas Teknik Konseling Cognitive Behavioral untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa pada Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 102–124. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.128
Sri Fuji Astuty, & Winarso, W. (2021). Terapi Behavioral Dengan Teknik Desensitisasi untuk Mengatasi Kecemasan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 9–26. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i1.1043
Sriyana, & Winarso, W. (2018). Perilaku Belajar Efektif Terhadap Kemampuan Kognitif Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Indonesia Mathematics Education, 1(2), 77–92.
Wahyudy, M. A., Putri, H. E., & Muqodas, I. (2019). Penerapan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dalam Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa Sekolah. In Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi). https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.428
Winarso, W., & Haqq, A. A. (2019). Psichological disposition of student; Mathematics anxiety vesus happines learning on the level education. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(1), 19. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i1.32
Zakaria, E. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: PRIN-AD, SDN, BHD.