ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISSA PADA SISWA SMP
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan model PISA. Subjek penelitian ini yaitu siswa di SMP Negeri 21 Palembang dengan subjek siswa kelas VIII sebanyak 10 orang siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengambilan data pada penelitian kali ini adalah dengan tes tertulis, dan wawancara. Tes yang dilakukan yaitu dengan pemberian soal-soal matematika model PISA, sedangkan wawancara yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari pengujian 5 soal tertulis, ternyata dapat dismpulkan bahwa rata-rata kesalahan siswa terbanyak yaitu pada soal nomor 2 sesuai dengan tipe-tipe kesalahan menurut Newman yaitu (1) kesalahan membaca sebanyak 8, (2) Kesalahan memahami sebanyak 10, (3) kesalahan mentransformasi 10, (4) kesalahan ketrampilan proses sebanyak 10, (5) kesalahan penulisan jawaban sebanyak 9.
Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Model PISA Soal Hots
References
Anisah, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 14–26.
Bahar, E. E., Syamsuadi, A., Gaffar, A., & Syahri, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) Pada Konten Kuantitas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 260–276.
Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306
Mareta, A., Sa’dijah, C., & Chandra, T. D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Matriks. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1238–1248. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.595
Meryansumayeka, M., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Hiltrimartin, C. (2021). Students’ Strategies in Solving PISA Mathematical Problems Reviewed from Problem-Solving Strategies. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 37–48. https://doi.org/10.22342/jpm.15.1.10405.37-48
Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau Dari Gender. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4851
Nanna, A. W. I., Pratiwi, E., & Anggraeni, C. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Sigma, 6(1), 66. https://doi.org/10.36513/sigma.v6i2.873
Pratiwi, F. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HOTS ( HIGHER ORDER THINKING SKILL ) MENGGUNAKAN PROSEDUR NEWMAN Mutmainnah 1 , Sadaruddin 2, Mariyani 3 ,. Prosiding Seminar Nasional Mipati, 1(1), 148–154.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika Dengan Metode Newman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.495
Siregar, R., Suwanto, S., & Siagian, M. D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Jurnal Mathematic Paedagogic, 6(1), 31–38. https://doi.org/10.36294/jmp.v6i1.2325
Solfitri, T., & Roza, Y. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Siswa Kelas IX SMPN Se-Kecamatan Tampan Pekanbaru (The Analysis of Error on Solving Geometry Problem of Student at Class IX Junior High School on Tampan Subdistrict Pekanbaru). Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat, 295–303.
Sullivan, K., McConney, A., & Perry, L. B. (2018). A Comparison of Rural Educational Disadvantage in Australia, Canada, and New Zealand Using OECD’s PISA. SAGE Open, 8(4). https://doi.org/10.1177/2158244018805791
Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasakan Analisis Newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 43–44. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175
Susilawati, D. W. (2020). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA. CV INSAN MANDIRI.