ETNOMATEMATIKA: JAJANAN PASAR DAERAH PURWOREJO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA

  • Shinta Puspa Kiranasari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suparni

Abstract

Jajanan pasar merupakan warisan leluhur berupa makanan tradisional yang kerap dijumpai di pasar-pasar tradisional. Seiring berkembangnya zaman, jajanan pasar saat ini sudah berkembang menjadi makanan yang dapat dijumpai di pusat perbelanjaan modern. Terdapat beberapa jajanan pasar yang merupakan khas dari Purworejo seperti clorot, geblek, kue satu, jenang krasikan, jipang, dan kue lompong. Purworejo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah, Indonesia. Melalui pendekatan etnomatematika penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk budaya di daerah Purworejo yakni jajanan pasar yang diintegrasikan pada pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka. Aspek matematis pada jajanan pasar daerah Purworejo adalah unsur geometri bangun datar dan bangun ruang; lama waktu memasak; komposisi bahan pembuatan; penggunaan satuan waktu dan satuan liter, gram cc pada saat menakar bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan jajanan pasar; perkiraan pembagian memotong dari ukuran besar menjadi ukuran kecil pada jenang krasikan dan jipang; serta perkiraan banyak adonan yang dituangkan ke cetakan pada clorot, kue satu, dan kue lompong. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif dengan metode deksriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan library research. Hasil dari penelitian ini adalah etnomatematika melalui jajanan pasar daerah Purworejo dapat diintegrasikan dalam pembelajaran matematika fase A, B, C, dan D pada kurikulum merdeka.

Kata Kunci: Etnomatematika, Jajanan pasar, Purworejo, Pembelajaran Matematika, Kurikulum merdeka 

References

Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., Salsabila, Herdianti, I. A. H., Amelia, T., & Wahidin. (2022). “Etnomatematika: Konsep Matematika Pada Kue Lebaran”. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 11 (2), pp: 247-256.
Hidayat, F., & Lestari, P. (2022). “Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berbantuan Aplikasi Wingeom pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas”. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2 (3), pp: 509-520.
Huda, N. T. (2018). “Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar Di Daerah Istimewa Yogyakarta”. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol. 2 (2), pp: 217-232.
Indriani, P. (2016). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar. Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Iswara, H. S., Ahmadi, F., & Ary, D. D. (2022). “Implementasi Etnomatematika Pada Kurikulum Merdeka Melalui Hibriditas Budaya di Kota Semarang”. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022, pp: 447-453.
Javatravel. (2022). 10 Oleh-Oleh Khas Purworejo Yang Wajib Anda Bawa Pulang. [Online] Tersedia: https://www.javatravel.net/oleh-oleh-khas-purworejo. [24 Desember 2022].
Kemendikbud. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/unduhan/CP_2022.pdf
Kompasiana. (2022). Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. [Online] Tersedia: https://www.kompasiana.com/asepsakbansolikhin7850/6306c8b308a8b501b6445602/capaian-pembelajaran-dalam-kurikulum-merdeka?page=all#section1. [28 Desember 2022].
Marsigit. (2016). “Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika”. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat.
Muyassaroh, I. & Dewi, P. (2021). “Etnomatematika: Strategi Melahirkan Generasi Literat Matematika Melalui Budaya Lokal Yogyakarta”. Jurnal Dikoda, Vol. 2 (1), pp: 1-12.
Oktavia, T. A., Maharani, D., & Qudsiyah, K. (2022). “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Pacitan”. Repositori STKIP PGRI Pacitan.
Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Kirana, R. D., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). “Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka di SMAN 3 Sidoarjo”. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), Vol. 7 (1), pp: 55-72.
Sari, E. W. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri 37 Kaur. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Silviani, T. R., Janilani, Lusyana, E., & Hadi, A. R. (2017). “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol. 8 (2), pp: 150-161. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8404.
Syafitri, M. H. & Wiryanto. (2022). “Eksplorasi Geometri Bangunan Rumah Gajah Mungkur Gresik Sebagai Bentuk Implementasi Etnomatematika Pada Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 10 (7), pp: 1574-1585.
Tahta, F. & Setyawan, A. (2022). “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model PBL Berbasis Etnomatematika”. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, Vol. 1 (1), pp: 29-36. https://doi.org/10.56480/eductum
Utami, W. Y. D. (2013). “Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Permainan Teka-Teki”. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, Vol. 8 (1), pp: 1-9.
Published
2023-06-08
How to Cite
Kiranasari, S. P., & Suparni. (2023). ETNOMATEMATIKA: JAJANAN PASAR DAERAH PURWOREJO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 4(1), 541-550. https://doi.org/10.59098/mega.v4i1.825