IDENTIFIKASI KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERTIDAKSAMAAN DUA VARIABEL LINEAR KUADRAT PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PAREPARE

  • Seima iswana Taufik Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Buhaerah Buhaerah Institut Agama Islam Negeri Parepare
Keywords: Mengidentifikasi permasalahan siswa, permasalahan prosedural, persamaan kuadrat linier dua variabel

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan prosedural dalam pemecahan masalah sistem pertidaksamaan dua variabel linear kuadrat, terhadap 4 siswi kelas X MIA SMA Muhammadiyah Parepare. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari 4 Siswa yang menjawab salah dipilih sebagai responden karena menjawab semuanya pertanyaan tapi melakukan kesalahan prosedur.. Kesalahan prosedur dibuat termasuk mis. 1) salah di mencari titik potong pada pertidaksamaan  linear (4 responden), 2) kesalahan pada menentukan titik potong pada pertidaksamaan kuadrat (4 responden), 3) kesalahan pada grafik himpunan penyelesaian karena terjadi kesalahan pada tahap menentukan titik potong (4  responden).  

References

Rahayuningsih, P & Abdul Qohar. "Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffoldingnya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang." Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Tahun II, No. 2, 2014: 109-116.
Rahmania, L & Ana Rahmawati. "Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel." Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No. 2, 2016: 165-175.
Published
2023-06-08
How to Cite
Taufik, S. iswana, & Buhaerah, B. (2023). IDENTIFIKASI KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERTIDAKSAMAAN DUA VARIABEL LINEAR KUADRAT PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PAREPARE. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 4(1), 551-557. https://doi.org/10.59098/mega.v4i1.840