IDENTIFIKASI KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERTIDAKSAMAAN DUA VARIABEL LINEAR KUADRAT PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PAREPARE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan prosedural dalam pemecahan masalah sistem pertidaksamaan dua variabel linear kuadrat, terhadap 4 siswi kelas X MIA SMA Muhammadiyah Parepare. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari 4 Siswa yang menjawab salah dipilih sebagai responden karena menjawab semuanya pertanyaan tapi melakukan kesalahan prosedur.. Kesalahan prosedur dibuat termasuk mis. 1) salah di mencari titik potong pada pertidaksamaan linear (4 responden), 2) kesalahan pada menentukan titik potong pada pertidaksamaan kuadrat (4 responden), 3) kesalahan pada grafik himpunan penyelesaian karena terjadi kesalahan pada tahap menentukan titik potong (4 responden).
References
Rahmania, L & Ana Rahmawati. "Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel." Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No. 2, 2016: 165-175.