ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Alfian Nur Fajri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saya yang mempengaruhi kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Akhir Semester pada mata pelajaran matematika di SDN Pulogebang 06. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel dari penelitian ini adalah 37 orang siswa kelas V SDN Pulogebang 06 yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada variabel percaya diri, kemandirian, menghargai diri sendiri, dan bersemangat untuk berpendapat yang dimiliki oleh siswa SDN Pulogebang 06 tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecemasan dalam menghadapi Ujian Akhir Semester mata pelajaran matematika. Sedangkan pada variabel berani dalam menghadapi tantangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecemasan yang dialami siswa SDN Pulogebang 06 dalam menghadapi Ujian Akhir Semester mata pelajaran matematika.

References

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151–162.
Berutu, D. W. (2019). Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Islamiyah Medan. repository.uinsu.ac.id. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/7553
Danim, S. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana.
Ghozali, Imam, (2009). Aplikasi analisis multivariate dengan program spss, Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro
Himmi, Z. (2023). Analisis Kecemasan Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika SMA Negeri 1 Seulimeum. repository.ar-raniry.ac.id. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26251/
Juniawan, E. A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dyscalculia Dalam Menggunakan Konsep Matematis Di Lihat Dari Kesalahan Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Multidisiplin Madani, 1(3), 269–286. https://doi.org/10.54259/mudima.v1i3.251
Marjan, A., & Nur, I. M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pokok Bahasan Logaritma Di Kelas X SMA Negeri 36 Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Matematika, 1, 14–26.
Orishev, J., & Burkhonov, R. (2021). Project for training professional skills for future teachers of technological education. Mental Enlightenment Scientific-Methodological Journal, 2021(2), 139-150.
Ratna, R., & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. In … : Jurnal Pendidikan Matematika. journal.institutpendidikan.ac.id. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/viewFile/pv2n3_12/1375
Sugiharto dan sitinjak. (2006). Lisrel. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Surya, E., & Novriani, M. R. (2017). Analysis of Student Difficulties in Mathematics Problem Solving Ability at MTS SWASTA IRA Medan Comprarison of Mathematics Learning Outcome Student Thaught Using Guided Discovery with Problem Based Learning (PBL) In X Class of Senior High School MAS Nurul. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 33(3), 63–75. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOf
Wahid, S. N. S., Yusof, Y., & Razak, M. R. (2014). Math Anxiety among Students in Higher Education Level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 232– 237. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1419
Published
2023-06-08
How to Cite
Fajri, A. N. (2023). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN MATEMATIKA. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 4(1), 514-524. https://doi.org/10.59098/mega.v4i1.969