Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan berpikir kreative siswa kelas III mata pelajaran IPA pada tema energi dan perubahannya di SD Muhammadiyah 2 kota kupang dengan model pembelajaran student active learning (SAL) tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan melalui tiga tahap yakni pengumpulan data, penyajian data dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan berpikir kreative siswa kelas III SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang setelah diterapkan model pembelajaran Student Active Learning (SAL) terlihat hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan satu mencapai presentase 60% dengan kategori cukup baik dan pertemuan dua 66% kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan satu mengalami peningkatan mencapai presentase 80% dengan katerogi baik dan pertemuan dua 86% dengan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan satu mencapai presentase 45% dengan kategori kurang baik dan pertemuan dua 67% dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan satu mengalami peningkatan mencapai presentase 77% dengan kategori baik dan pertemuan dua 83% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil tes nilai siswa pada siklus I mencapai ketuntasan 33% dengan rata-rata 65 dan meningkat pada siklus II mencapai ketuntasan 83% dengan rata-rata 81. Berdasarakan data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Active Learning (SAL) pada mata pelajaran IPA tema energi dan perubahannya dapat meningkatkan berpikir kreative siswa kelas III SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang tahun ajaran 2022/2023.