Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Inpres Oeba 2 pada mata pelajaran IPAS, dari hasil obervasi pra siklus guru sejauh ini sudah berupaya untuk menggunakan model dan strategi untuk melaksanakan capaian pembelajaran tetapi masih banyak yang belum mencapai KKM 70 dikarenakan peserta didik didalam kelas memiliki tingkat pemahaman yang bervariasi dalam memahami IPAS. Untuk mengatasi permaslahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, Topik B Kekayaan Budaya Indonesia di kelas IV melalui penerapan model pembelajaran Brainstorming. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada hasil tes siklus satu rata-rata perolehan nilai peserta didik ialah 60,9%. Pada siklus dua nilai rata-rata 93,6%. Hal ini kriterianya mencapai ketuntasan yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan nilai rata-rata diatas KKM 70 > 85% dari jumlah 22 peserta didik. Dapat ditarik simpulan bahwa penerapan model pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada Topik B Kekayaan Budaya Indonesia kelas IV SD Inpres Oeba 2 Tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Brainstorming Motivasi dan Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Fadila, C., Yani, A., & Hasyda, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS TOPIK B KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD INPRES OEBA 2 . Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 179-186. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/mpf/article/view/1132