Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada 4 April 2023 dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA tema 6 Panas Dan Perpindahannya kelas V MI AL-Fitrah Oesapa Kupang Tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Mind Mapping. Subjek penelitian ini adalah 20 orang peserta didik kelas V MI AL-Fitrah Oesapa Kupang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan tiap siklusnya. Siklus I aktivitas guru pada pertemuan I dan II dengan presentase 57% dan aktivitas peserta didik siklus I pada pertemuan I dan II dengan presentase 58,12% pada siklus II meningkat aktivitas guru pertemuan I dan II dengan presentase 95,6% dan peserta didik siklus II pertemuan I dan II dengan presentase 98,1%. Selain itu hasil belajar peserta didik siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dengan presentase postest yang tuntas pada siklus I yaitu 35% dengan rata-rata 53,00% dan pada siklus II dengan prsentase 90% dengan rata-rata 84,25% yang tuntas dengan kategori sangat baik.