Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Bermain Peran pada kelas V SDN Bakateu Kabupaten Malaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Bakateu Kabupaten Malaka setelah menerapkan metode pembelajaran Bermain Peran mengalami peningkatan. Jika sebelum menerapkan metode pembelajan bermain peran pada proses pembelajaran, peserta didik akan duduk diam tanpa berbicara dan memberikan pendapatnya maka setelah menerapkan model pembelajaran bermain peran lebih aktif lagi dalam kegiatan pembelajaran tanpa merasa takut atau malu lagi dalam memberikan pendapatnya. Hal ini juga dapat dilihat pada tes kemampuan berbicara siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I dengan ketuntasan 35% dan pada siklus II dengan kentuntasan 90%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran Bermain Peran dapat meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa kelas V SDN Bakateu Kabupaten Malaka.